Memiliki kulit yang tanpa cela sepertinya sudah menjadi dambaan setiap wanita. Apalagi kondisi kulit yang masih sempurna seperti ketika masih gadis. Tetapi sebagai wanita, terutama sudah menikah dan sudah pernah hamil, ada banyak sekali permasalahan kulit yang dialami. Salah satunya adalah Stretch Mark, scars, bekas operasi dan lain-lain.

Menurut penelitian, delapan dari sepuluh wanita hamil akan mengalami stretch mark saat kehamilan. Karena pada saat itu terjadi peregangan pada kulit perut yang mengakibatkan guratan pada kulit. Dan ternyata tidak hanya pada perut saja, stretch mark dapat terjadi di bagian kulit tertentu seperti paha, pinggul, dan daerah sekitar payudara.

Sayapun tidak lepas dari permasalahan kulit diatas. Karena kondisi kulit yang sangat tipis, sudah pasti stretchmark terjadi di bagian perut. Apalagi saya hamil dua kali dalam waktu yang sangat singkat. Bisa dibilang dalam satu tahun dua kali melahirkan, jadi kebayang banget masalah stretchmark menjadi salah satu masalah besar saya.

Jadi pada saat saya mendapatkan undangan acara Happy Skin Happy Mom bersama Bio-Oil saya jadi sangat bersemangat untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk ini. Produk ini sudah mendapatkan 191 penghargaan internasional dan menduduki peringkat pertama di 17 negara sebagai produk spesialis khusus untuk perawatan scars dan stretchmark sejak peluncurannya di pasar internasional di tahun 2002.

Apa itu Bio-Oil?

Sebagai wanita terutama yang sudah menikah, salah satu kekhawatiran yang selalu dirasakan adalah masalah kulit terutama scars dan stretchmark. Dan Bio-oil hadir menjadi solusi untuk memperbaiki jaringan kulit akibat bekas luka dan stretchmark. Produk spesialis perawatan kulit ini dalam perkembangannya tidak hanya untuk permasalahan khusus diatas tetapi juga bisa untuk warna kulit yang tidak merata, penuaan, dan kulit dehidrasi.

Bahan Bio-Oil sangat alami dengan adanya campuran minyak dari ekstrak tumbuhan alami dan minyak esensi alami untuk membantu meregenerasi kulit bermasalah. Kandungan Utama dari Bio-Oil ini terdiri dari Vitamin A, Vitamin E, PurCellin Oil, Minyak Rosemary, Minyak Lavender, Minyak Kalendula, dan Minyak Kamomil.

Bio-Oil bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan tidak hanya terbatas pada perempuan saja. Siapapun bisa pakai bahkan anak-anak sekalipun. Tapi yang perlu digarisbawahi adalah Bio-Oil bukan untuk perawatan kulit muka ya, tapi jika ada bekas luka di wajah bisa digunakan. Yang paling penting dari produk Bio-Oil ini adalah kehalalan produk dan cruelty free. Jadi tidak perlu khawatir lagi mempertanyakan masalah kehalalan produknya.

Talkshow Happy Skin Happy Mom

Sabtu tanggal 20 Desember 2014, saya menghadiri sebuah acara talkshow Acara menarik untuk para moms yang diadakan oleh Mother & Baby Indonesia, yang peduli akan masalah yang hampir dialami setiap perempuan. Yaitu masalah seputar Stretchmark, bekas luka (scars), dan masalah kulit lainnya. Acara dibagi menjadi tiga sesi utama dan satu sesi pilates dari Body Mind Inc. Beruntungnya saya sebagai blogger mendapatkan undangan khusus dan mendapatkan satu botol Bio-Oil untuk dicoba dirumah.

Acara yang diadakan di Sari Pan Pasific Hotel ini dipandu oleh Ratu Anindita, berlangsung feminim sekali hehehe. Mulai dari peserta yang semuanya wanita (eh ada bapak-bapak juga sih yang menemani istrinya), dress code yang putih semua, sampai narasumber yang juga wanita. Sebelum acara kita bisa skin test juga untuk mengetahui seberapa sehat kulit yang kita miliki.

Sesi pertama diisi oleh penjelasan dr. Vinia Ardiani Permata, SpKK mengenai permasalahan stretchmark yang dialami hampir 80% wanita yang sedang hamil dan juga scars yang merupakan penyembuhan alami kulit setelah mengalami luka. Dan berbagai macam bentuk scars dijelaskan disini, mulai dari Hypertrophic Scars, Atrophic Scars dan juga Keloid.

Sedangkan untuk stretchmark, kita tau bahwa itu adalah guratan kulit berpola memanjang dan tidak beraturan. Ada berbagai macam penyebab stretchmark, antara lain perubahan berat badan dalam waktu yang singkat, pemakaian obat steroid topical, dan pubertas. Dan khusus untuk ibu hamil, penyebab terjadinya stretchmark itu disebabkan factor hormonal yang gejalanya adalah gatal dan sakit di sekitar perut atau bagian lain.

Untuk pencegahan stretchmark pada ibu hamil, Bio-Oil dapat digunakan secara rutin pada saat memasuki trimester kedua, menurut penjelasan dari Mba Nurhayatini, selaku Product Manager dari Bio-Oil. Penggunaannya pun mudah, yaitu hanya dengan dua kali pakai setelah mandi dan dipijat dengan gerakan melingkar. Dengan penggunaan rutin selama tiga bulan, kemungkinan hadirnya stretchmark akan dapat diminimalisir. Dan Bio-Oil ini ternyata sangat aman digunakan untuk ibu hamil dan juga anak-anak diatas usia dua tahun yang membutuhkan perawatan kulit akibat scars.

Penggunaan rutin Bio-Oil juga dilakukan oleh Mba Widi Mulia yang sedang hamil anak ketiganya. Sebagai pelaku gaya hidup sehat, mba Widi selalu melakukan olahraga untuk selalu menjaga stamina tubuhnya.Tentunya ini sangat berpengaruh terhadap munculnya stretchmark karena dengan olahraga otot akan menjadi lebih kuat dan dapat mengurangi terjadinya guratan di kulit. Sehingga pada saat hamilpun, mba Widi merasa sangat enjoy dan tidak merasa cepat lelah ataupun tidak bersemangat. Dan buat mba Widi, kalau ibu hamil sudah merasakan bahagia maka bayipun akan ikut bahagia.

Sebelum sesi berakhir untuk makan siang, ternyata kita juga melakukan latihan pilates yang dipandu langsung oleh Mba Elvita dari Body & Mind. Kurang lebih selama 20 menit para peserta pada serius mengikuti sesi ini. Uniknya semua gerakan dilakukan sambil duduk. Dan gerakannya untuk melatih tulang belakang dan beberapa otot di bagian kaki bagian dalam.

Pemakaian Bio-Oil

Beruntungnya saya sebagai blogger, saya mendapatkan satu botol Bio-Oil yang bisa saya coba dirumah. Tadinya memang saya berencana beli karena ingin memastikan bahwa produk ini memang bagus dan bisa saya gunakan secara rutin. Maklum, tambah usia jadi lumayan banyak perawatan yang harus saya lakukan terutama si Stretchmark ini. Jadi ini kesempatan bagus untuk memulai regenerasi kulit saya yang sudah mulai terlihat tidak segar lagi.

Saat dicoba, formulanya tidak lengket seperti oil pada umumnya. Cepat menyerap dan saya juga baru tau kalau Bio-Oil termasuk dalam dry oil. Sesuai petunjuk, saya menggunakanya sehari dua kali dengan gerakan melingkar di bagian guratan. Ada beberapa spot yang memang menjadi fokus saya untuk menghilangkannya. Tapi saya akan fokus dengan dua bagian yang banyak dan sedikit. Ini untuk mengetahui seberapa efektif pemakaian yang sudah saya lakukan. Dan dalam waktu beberapa minggu, hasilnya sebetulnya belum terlihat tapi karena saya banyak membaca testimoni yang bagus akan hasilnya ya saya akan tetap pakai. Jadi ngga sabar banget buat nunggu hasilnya sampai tiga bulan kedepan.

Untuk membeli Bio-Oil bisa langsung aja ya ke Guardian terdekat. Harganya juga masih terjangkau yaitu sekitar 120 ribu rupiah untuk ukuran 60 ml. Buat yang diluar kota sepertinya banyak juga online shop terpercaya yang menjual Bio-Oil.