Saya paling suka kalau sudah di penghujung tahun. Berbagai macam tayangan televisi pasti akan mereview ulang apa saja yang terjadi selama setahun terakhir. Paling seneng acara gosip yang saya tonton, biasanya suka iseng memastikan kalau tukang ramal yang suka diwawancara awal tahun bener atau ngga omongannya. Mulai dari artis si itu yang cerai, ada yang tertangkap narkoba, sampai berita ngga penting tentang sekuter-sekuter.

Biasanya, saya jarang juga mereview ulang apa aja yang terjadi di hidup saya setahun belakangan. Tapi kalau ada yang membuatkan atau mengingatkan ya saya seneng-seneng aja. Seperti misalnya, karena setahun belakangan hidup saya ada di sosial media, sudah otomatis yang di-review adalah kisah kehidupan saya di dunia itu.ย Well, saya agaknya memang kecanduan sosial media. Mulai dari Instagram (favorit banget), twitter (mulai aktif lagi), facebook (banyak sahabat keren), path (share something private), sampai blog (eh ini mah bukan socmed :p).

Sebetulnya sosial media ini awalnya hanya pengisi hari, tapi makin hari ternyata makin menarik karena berisi orang-orang positif. Yang tentunya sudah saya filter dong. Jadi setiap berinteraksi di sosial media, saya selalu senang karena sudah tidak ada lagi orang yang saling menghujat, nyinyir, komen negatif, dan hal jelek lainnya. Mungkin karena saya juga ngga terlalu banyak mengumbar hal pribadi dan kontroversi kali ya di socmed, jadi semuanya terasa indah *lebay.

Paling aktif sebetulnya saya di Instagram. Karena sebagai penyuka gambar-gambar indah, saya merasa Instagram tempat yang cocok karena memang disitu orang pengen lihat gambar, bukan sekedar berinteraksi. Punya follower juga sebetulnya ngga banyak karena follower saya ya teman-teman saya di socmed lain juga wekekek. Karena saya ngga minat menjadi selebgram, ya begitulah adanya. Saya meng-capture beberapa tempat-tempat indah yang saya kunjungi. Memphoto makanan yang memiliki nilai estetika dan beberapa random photo yang saya anggap perlu untuk ditampilkan.

Dan setiap akhir tahun, ada situs yang merekam kegiatan saya di Instagram itu untuk mengetahui statistik dari setiap photo yang saya unggah. Pada saat saya dikirimi untuk melihat apa yang paling banyak dilike, saya sedikit kaget dan terharu. Ternyata, bukan pemandangan indah, bukan photo makanan, bukan random photo, tapi momen-momen indah saya. Iya, saya wekekek *kegeeran.

 

 

 

Menempati posisi kelima, itu ada sebuah pemandangan luar biasa di Phuket. Jadi banyak like karena memang saya beri hastag dan sedikit saya sebarkan kemana-mana. Buat saya, itu keren banget pemandangannya, jadi saya pengen ikutan berbagi juga apa yang saya lihat saat itu. Photo keempat yang difavoritkan adalah hasil sebuah blog kolaborasi saya dan partner saya mba Alma. Desainnya feminim banget dan bagus memang, sesuai banget dengan selera saya dan yang punya pun sangat puas.

Photo ketiga yang difavoritkan adalah poto profil saya di Tabloid Nakita, yang saya sendiripun kadang masih ngga percaya bisa ada disitu. Sama sekali ngga pengen ngeksis, tapi ya namanya rejeki masa saya tolak hehehe. Dan photo favorit kedua, lagi-lagi tentang blogging. Sebuah kumpulan gambar kegiatan saya sebagai blogger yang menyenangkan dan memiliki sahabat blogger yang luar biasa. Yang memang kebetulan momennya sedang pas dengan Hari Blogger Nasional saat itu.

Dan yang saya tidak sangka, best momen di tahun 2014 adalah photo saya bersama sahabat travel saya Mba Nunik dan Khalida. Yang kami iseng photo di depan logo Tune Hotel, tengah malam, dengan mata sedikit ngantuk, agak sedikit lelah, tapi memancarkan aura kebahagiaan. Yang ternyata acara iseng kami itu disukai banyak orang. Yah sebagai mamah muda yang penat akan kegiatan rutin, rasanya ngga ada salahnya sejenak lari dari kenyataan dan sedikit menikmati hidup ๐Ÿ™‚ dan like yang banyak itu membuktikan kalau banyak yang setuju dengan cara kami. Kalau engga ya maap, cuma itu aja yang bisa saya lakukan hehehe.

Selain Instagram, socmed ngehits si Facebook tentunya juga ngga mau kalah. Ada semacam album tentang photo-photo yang sudah kita unggah di FB yang hmm saya ngga begitu suka. Soalnya cuma kaya buka album aja itu wekekek. Untungnya ada aplikasi entah siapa yang memulainya untuk melihat beberapa hal yang berbeda selama kita berada di Facebook. Semacam berapa banyak hal positif yang sudah kitaย lakukan di Facebook. Semacam info kalau Facebook itu membawa hal yang bagus kalau kitanya juga tidak terlalu lebay.

Jadi berdasarkan postingan kita di Facebook, akan ketahuan berapa banyak orang yang menyukainya. Entah karena terinspirasi, entah karena pas muncul di timeline, entah karena iseng kepencet, ya entah karena apapun lah ya wekekek. Dan kita bisa lihat beberapa momen penting yang ternyata juga disukai banyak orang. Dan yang membuat saya sendiri merasa bersyukur adalah dikeliling sahabat-sahabat sosial media yang positif, yang selalu memberikan dukungan, dan ternyata sungguh perhatian tulusnya sampai terkadang membuat saya tidak mampu membalas komen-komennya karena kehabisan kata-kata. Terima kasih semua.

Dan yang terakhir adalah tentang blog. Rutin memang setiap tahunnya Jetpack (Plugin WP) akan memberikan report tahunannya tentang blog kita. Intinya tetap tentang statistik blog yang dimulai dari posting terbanyak dibaca, top komentator, postingan yang banyak dicari, dan hal yang sifatnya bisa buat ajang pamerlah wekekek.

Tapi saya lagi ngga pengen pamer, hanya ingin memberikan penghargaan buat para pembaca yang memang merasa blog saya sangat berguna, para komentator yang notabene teman-teman blogger yang udah setia berkomentar padahal isinya kebanyakan iklan, dan ingin bersyukur atas banyaknya visitor yang merasa sangat terbantu dengan postingan saya.ย Sebetulnya pun sudah agak lama saya ngga pakai Jetpack ini, mungkin hasilnya agak sedikit melenceng tapi ngga papa ya. Setidaknya inilah gambaran blog saya selama setahun ๐Ÿ™‚

Sekali lagi, saya ingin memberikan thank you note saya buat sahabat semua. Siapapun yang berkenan mampir dan membaca tulisan saya yang kadang kebanyakan iklan, kadang bisa memberikan informasi penting, bahkan hanya sekedar catatan ngga penting saya. Saya hanya bisa bilang makasih, makasih, dan makasih ^^.

Terima kasih sekali lagi untuk tahun yang indah saya di sosial media dan blog.

Sampai jumpa lagi yaa, besok di Bulan Januari 2015 ๐Ÿ™‚