Akhir tahun Desember 2017, akhirnya liburan bareng keluarga lagi. Karena memang Natal dan Tahun Baru waktunya panjang plus anak-anak juga ikut libur sekolah. Trus saya jadi yang bersyukur karena bebas menentukan hari libur walo harus bawa laptop kemana-mana kalau ada yang urgent.

Nah, tahun lalu itu, saya dan anak-anak beserta orang tua saya touring Jawa Bali. Berhubung tahun lalu, Ibu saya sakit waktu ke Bali, akhirnya sekarang pengen ngulang lagi tanpa ada drama wekekek. Liburan mengelilingi Pulau Jawa lalu nyebrang ke Bali dengan kendaraan pribadi, tentunya ngga mudah.

Apalagi saya serombongan yang terdiri dari Bapak, Ibu, 2 Adek, dan 2 Anak. Penuh dan rame pastinya. Tapi percayalah, itu menyenangkan banget. Membuat keluarga menjadi dekat satu sama lain dan merasakan kalau keluarga itu adalah yang paling penting di antara semuanya. Untungnya, keluarga saya itu hobi banget liburan dan rela menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya untuk menikmati hidup. Jadinya, klop abis ketika perjalanan memakan waktu nyaris 12 hari hohohoho. Kemana aja?

Laut, Danau, dan Gunung

Cara memaksimalkan liburan adalah dengan jalan-jalan terus seharian hahaha. Namanya juga liburan, akan mubajir kalau hanya sekedar tidur-tiduran di vila. So, saat di Bali itu adalah saat yang tepat, karena banyak tempat yang bisa didatangi dan tempat paling asik untuk berlibur. Mulai dari pantai yang bertebaran di sepanjang pulau, gunung yang aman untuk dikunjungi, kebun binatang yang bersih dan segar, sampai berendam air panas di kolam buatan di tengah gunung.

Nah, paling asik untuk mengunjungi itu semua adalah membawa kendaraan sendiri. Akan repot dan ngga bebas kalau mengandalkan kendaraan sewaan. Itulah kenapa, at the first place, bawa kendaraan adalah hal penting walaupun harus menempuh perjalanan sejauh 1000 km!

Lokasi seru untuk liburan bareng anak dan orang tua saat di Bali itu lumayan banyak, ngga menghitung hiburan malam dan café-café ya hahaha. Mulai dari pantai yang banyak bertebaran, dari Sanur, Kuta, sampai Jimbaran yang bisa buat makan malam sekalian. Pantainya memang ramai dan selalu menjadi andalan turis. Yang pasti, kalau bawa anak-anak, jangan lupa bawa baju ganti karena mereka ngga akan tahan lihat pantai hehehe.

Bosen sama pantai, gunung juga banyak di Bali. Walaupun kemarin itu sedang ada erupsi Gunung Agung, tapi tetap aman. Lagipula ada banyak gunung yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Gunung Batur. Jarak tempuh dari kota, rata-rata 3-4 jam. Jauh ya. Tapi begitu sampai, duh bikin dada bergetar saking indahnya dan udara yang sejuk. Bahkan untuk sekedar makan siang dengan pemandangan gunung yang luar biasa.

Ngga hanya menikmati keindahan gunung dari ketinggian, menikmati di sekitarnya juga seru banget. Terutama karena banyak pemandian air panas di tengah gunung. Tinggal pilih mau lokasi yang mana, karena harganya bervariasi. Wuih, udara sekitar dingin tapi pas nyemplung hangat. Belum lagi lihat sekitarnya yang ada danau dan gunung. Mantep banget deh dan betah ngga pengen pulang.

Tempat lainnya yang ngga kalah seru adalah Bali Zoo yang kebetulan lagi diskon dan bisa dinikmati seluruh keluarga. Lokasinya bersih dan rapi, koleksi hewan-hewannya pun banyak dan penuh edukasi. Jalan-jalannya bisa seharian, nikmatin aja pelan-pelan ngga perlu terburu-buru walaupun lumayan luas. Oia kalau kesini sebaiknya sedia minum sendiri ya, soalnya air mineral mahal bok wkwkwk.

Setelah puas keliling Bali dari ujung ke ujung, ternyata masih pada belum puas. Lanjutlah abis itu mampir ke Malang sekalian pulang ke Jakarta. Apalagi kalau bukan ke Gunung Bromo yang bikin kangen dengan panorama indahnya. Udara dingin berkabut dan ketinggian, bikin adrenalin saya dan anak-anak meningkat karena jalan pas naik jeepnya bener-bener menegangkan.

Ditambah lagi, kedua anak saya itu semangat banget naik ke puncak gunung dan melihat kawahnya langsung. Alhasil, muka Aliya dan Rafi jadi merah-merah karena agak panas pas turun dari gunung wekekek. Tapi mereka hepi banget dan pengen balik untuk melihat sunrise di penanjakan.

Duh, lengkap banget deh liburan kemarin itu. Total di jalanan hampir dua minggu dan pastinya membutuhkan fisik yang kuat. Udara panas di pantai, dingin di gunung, dan cuaca yang kadang hujan sekaligus panas, memang bikin deg-degan ama kesehatan anak. Alhamdulillah, semuanya sehat dari berangkat sampai pulang. Tapi ngga lama, pada mengeluh panas dalam.

#PilihanBenar Untuk Ahlinya Panas Dalam

Seusai liburan, biasanya yang tersisa adalah badan capek dan masuk angin hahaha. Apalagi anak-anak, sekuat apapun fisiknya bakal butuh recovery yang cukup lama. Untungnya masa masuk sekolah masih tersisa beberapa hari lagi, jadi bisa sambil istirahat. Nah, begitu pulang, butuh penyesuaian udara yang udah beda banget hawanya. Mulailah timbul sariawan dan panas dalam.

Karena biasanya suka bingung dikasih apa, saya suka ambil praktisnya dan memang udah biasa digunakan sebagai obat panas dalam. Apalagi kalau bukan Larutan Cap Kaki Tiga yang udah terkenal dimana-mana. Semenjak ada varian buat anak-anak dengan berbagai rasa, saya sediain di rumah untuk jaga-jaga kalau mereka perlu.

Larutan Cap Kaki Tiga ini sukses mengatasi panas dalam yang selalu dialami saya, suami, dan anak-anak. Sejak kapan? Sejak lama pastinya, karena mereknya selalu menjadi top of mind ketika mencari minuman untuk panas dalam. Selalu efektif karena memang memiliki kandungan yang terdiri atas mineral alami (gypsum fibrosum dan calcitum) untuk mencegah dan mengobati panas dalam.

Pada saat anak-anak terkena panas dalam, saya selalu meminta mereka rajin minum selama 3x dalam sehari. Makanya selalu dibawa ke sekolah juga dan diminum saat istirahat. Tapi kalau untuk jaga kesehatan terutama di masa pancaroba kaya gini, minumnya cukup sehari sajah. Ngga lupa, papahnya juga ikut bawa, apalagi blio selalu rewel dengan masalah kesehatan.

Resep turun temurun yang sudah dikenal masyarakat ini sejak lama, bikin mamah mamah macem saya ngga bingung menjawab apa klo anak-anak laporan, “mah, aku sariawan”. Karena jawaban yang paling mudah adalah dengan minum Larutan Cap Kaki Tiga aja. Dan yang bikin saya selalu yakin untuk memakainya dan merupakan pilihan yang benar adalah karena sudah terdaftar resmi dan BPOM RI dan telah mendapatkan sertifikat MUI. Jadi ngga was-was lagi deh, yakan.

0 0 vote
Article Rating