Akhir tahun seperti ini, negara-negara dengan empat musim mengalami musim yang paling mendebarkan yaitu musim dingin. Saya bilang mendebarkan karena rata-rata musim dingin ini dibarengi dengan salju yang turun, suhu udara ekstrim, dan bisa merasakan pengalaman seru apalagi buat yang tinggal negara tropis seperti Indonesia. Dan saya paling senang memang bepergian di musim dingin. Iya dong, kalo pas musim panas apa bedanya sama disini hehehe. Yang ada jadi keringetan, cepat capek, dan ngga bisa menikmati indahnya sebuah kota karena kepanasan. Ini sih kata teman saya yang bepergian waktu musim panas. Dan saya catet banget, paling enak pas musim dingin deh kalo mau liburan.

Ada yang bilang juga, liburan musim dingin ngga enak. Ngga bisa ganti-ganti baju karena yang kelihatan cuman coatnya aja jadi pas di photo kaya ngga ganti baju wkwkwk. Kalau saya sih seneng banget karena lebih hemat baju aja hehehe. Ada juga teman saya yang akhirnya misuh-misuh di sosial media karena dia sakit sewaktu musim dingin berlangsung dan hanya bisa menyalahkan udara dingin. Yeeii, kalo saya bilang ya itu derita loe. Udah tau musim dingin masa ngga well prepared. Saya paling males sama orang yang ngga pakai persiapan walaupun perjalanannya itu gratis karena dibayari kantor. Buat saya sih persiapan adalah separuh kesuksesan perjalanan, jarangkan dengar saya travel goes wrong wekekek.

Musim dingin juga butuh banget persiapan yang cukup loh. Ngga cuma dari segi fisik aja, tapi juga psikis yaitu kesiapan menghadapi perubahan suhu yang ekstrim banget. Yang saya aja sampe kudu beli Asuransi Perjalanan buat jaga-jaga kalo shock terapi wkwkwk *lebay. Selain fisik tentunya, persiapan barang-barang perlengkapan musim dingin juga sama hebohnya. Karena memang selain susah dicari, harganya lumayan mahal, ditambah lagi kalau cuma pergi setahun sekali rasanya sayang ya beli yang mahal.

Perlengkapan Musim Dingin

Berhubung saya sukanya pergi ke negara yang sedang bermusim dingin, saya selalu punya catatan apa aja yang harus dibawa dan digunakan saat bepergian. Ini dia listnya dari atas sampai ke bawah :

 

 

1. Topi Kupluk

Banyaklah macemnya topi ini, tapi biar gampang saya menyebutnya topi kupluk. Topi ini harus berbahan wol, ampuh banget menghalau dingin dan angin yang melewati bagian kepala. Lebih bagus lagi kalau sekalian menutup telinga jadi ngga perlu earmuff lagi. Walaupun saya memakai pashmina, saya tetap pakai ini topi karena sumpah ya kalau dinginnya mencapai minus, pashmina tebal juga kadang masih bisa menusuk anginnya. Topi ini bisa didapatkan di toko-toko musim dingin atau macam toko pernak-pernik seperti Naughty di mall terdekat.

2. Earmuff

Kalau topi yang dipunya ngga full nutup telinga, bisa pakai earmuff. Harganya bervariasi, ada yang murah dan mahal tergantung tokonya bukan bahannya ternyata. Karena setelah cek sana-sini harganya bisa berbeda tapi barangnya sama wekekek. Waktu itu saya beli di toko asesoris model Naughty dan lain-lain yang ternyata cukup banyak menyediakan perlengkapan musim dingin. Dan earmuff ini sukses membuat saya hangat karena angin biasanya cukup banyak masuk lewat telinga dan bisa sampai hidung rasanya.

3. Pashmina

Ini buat yang memakai hijab. Ada baiknya bawa pashmina yang panjang dan tebal. Karena lumayan praktis banget menutup kepala, telinga, leher, bahkan bisa sambil dililitkan seperti fungsi syal. Kalau bisa tetap memakai inner supaya tidak langsung kena kulit kepala. Tapi terkadang walaupun pashmina cukup tebal masih suka terasa dingin, tapi menggunakan pashmina akan sangat membantu dibandingkan hijab bahan lain.

4. Syal

Pastikan terbuat dari bahan wol, tebal, dan berlapis. Butuh banget syal ini, karena selain membantu melindungi leher bisa juga untuk menutup hidung. Karena angin dingin yang kadang kencang dan menusuk akan sangat tidak nyaman di hidung, yang ada bisa meler nanti.

5. Longjohn

Bentuknya seperti kaus yang memang sangat ketat. Jadi sebelum angin menyentuh kulit, akan lebih dulu mengenai si kaus ini. Efektif banget menghalau dingin dan ngga perlu lapis baju yang lebih banyak kalau pakai ini. Rata-rata di toko yang menjual perlengkapan winter sudah pasti sedia si Longjohn ini.

6. Kaus Sweater

Penting banget ini, apalagi yang berbahan wol. Sweater dipakai setelah Longjohn yang biasanya untuk suhu 0 sampai minus bisa pakai 2 ini. Atau kalau ngga yakin ya tetap aja pakai beberapa lapis baju supaya hangat. Kemarin suami saya ke negara yang sedang 5 derajat ternyata cukup pakai sweater dan jaket tanpa perlu Longjohn. Dan yang perlu diwaspadai adalah angin dinginnya.

7. Sarung Tangan

Tangan membeku, dingin, dan kering itu sudah pasti efek dari suhu yang turun secara drastis. Parahnya kalau tangan kedinginan itu rasanya sampai kekaki. Jadi penting banget bawa sarung tangan supaya tetap hangat. Kalau lagi di luar ruangan bakalan jadi beku, tapi kalau masuk ruangan bisa dilepas lagi. Sarung tangan bahan wol aja udah cukup hangat di tangan saya, jadi ngga perlu beli yang berbahan kulit.

8. Kaus Kaki Tebal

Tidak seperti kaus kaki biasa, kaus kaki musim dingin ini sedikit lebih tebal. Bahannya pun kebanyakan dari bahan wol halus yang memang hangat banget kalau dipakai. Saya pakai yang panjang sampai ke setengah betis atau seukuran boots yang saya pakai. Pokoknya kaki kudu hangat deh hehehe.

9. Coat/Jaket

Ada banyak macam-macam coat atau jaket nih yang bisa dipakai. Kalau coat memang cenderung lebih tebal dan ada juga yang berbahan bulu angsa. Jaket anti air juga bisa dipakai karena tebal banget dan cocok kalo pas lagi hujan salju biar ngga terlalu basah. Biasanya saya pakai dua jenis jaket sekaligus. Yang agak tipis dan yang tebal. Kalau coat baru mau nyoba pas liburan winter besok wekekek.

10. Boots

Kenapa pakai boots? sebetulnya bisa juga sih pakai sepatu kets, tapi saya belum pernah coba. Saya lebih baik pakai boots yang memang pasti bisa melindungi kaki yang dingin. Yah minimal tingginya diatas mata kaki sedikit. Biasanya di pasaran banyak yang jual boots tapi harganya lumayan mihil. Jadi tetep baca postingan ini ya, nanti saya kasih tau dimana belinya yaa.

11. Pelembab Kulit

Seperti macam Nivea gitu atau pelembab wajah yang biasa dipakai. Karena sumpah kalo lagi dingin muka bisa langsung kering tiba-tiba. Di hari pertama sih masih cerah, tapi kalau sudah hari kedua dan seterusnya dijamin deh agak mengkerut kulit wajahnya wekekek. Oia ini berlaku juga untuk kulit di tangan ya. Cukup pakai handbody lotion aja atau hand cream yang banyak dijual di toko kosmetik asal Korea. Gara-gara ini juga saya jadi tau kenapa banyak banget dijual hand cream di toko itu wekekek. Untuk musim dingin toh, maklum biasa di tropis yang tangannya lebih sering keringetan :p

12. Lip Balm

Bibir yang kering itu ngga banget, apalagi kalau musim dingin bisa sampai berdarah loh. Bahaya kan. Jadi penting banget bawa lip balm. Bisa beli dengan merk apa aja yang ada di pasaran. Yang penting ngga lupa bawa aja hehehe.

13. Obat-obatan

Buat yang terbiasa pakai AC, saya jamin dinginnya musim dingin itu ngga ada apa-apanya wekekek. Jadi obat-obatan disini punya peran yang cukup penting. Seperti ramuan penolak balaΒ angin (taulah ya maksudnya), minyak angin, dan yah obat-obat standar yang wajib dibawa untuk keperluan kesehatan pribadi. Nah khusus untuk stamina tubuh, saya biasanya 3-4 hari sebelum berangkat rutin meminum sachet penolak angin itu. Ini untuk menjaga tubuh dalam kondisi fit sehingga tidak mudah masuk angin. Karena perubahan cuaca yang cukup mendadak bisa bikin tubuh kaget.

14. Olahraga

Simple rutin exercise seperti jalan pagi selama seminggu penuh sebelum berangkat. Lagi-lagi masalah stamina yang harus dipertahankan. Ngga mau dong sampai disana, karena udara yang tipis jadi ngos-ngosan karena kurang gerak wekekek. Jadi saya selalu melatih badan untuk terus bergerak, sesimple turun angkot agak jauhan jadi saya bisa sedikit jalan kaki kemanapun.

Dimana Beli Perlengkapan Musim Dingin?

Sebetulnya banyak sekali loh yang menjual perlengkapan musim dingin ini. Ada yang online ada yang offline juga. Tapi memang harganya mihil-mihil wekekek. Maklum, kebanyakan memang barang import asli yang di jual. Beberapa perlengkapan diatas saya akali pakai produk lokal seperti topi, sarung tangan, syal yang berbahan wol yang gampang banget ditemukan dimana-mana. Sebagian lagi memang punya perlengkapan musim dingin karena keluarga saya termasuk yang pada rajin kerja di negara musim dingin.

Untuk beli perlengkapan, bisa online di www.tokodjohan.com. Harganya murah banget karena tokonya ada di Pasar Mangga Dua. Bisa belanja keperluan utama seperti Longjohn, earmuff, dan beberapa perlengkapan yang utama atau tambahan. Enaknya bisa beli secara online daripada kudu repot cari parkir ke mangga duanya itu. Eh jadi inget udah lama ngga kesana wekekek.

Mau yang mahal barang bagus juga ada. Langsung aja ke ITC Ambasador di Kuningan. Di lantai satu banyak banget berjejer toko yang khusus menjual winter stuff. Tapi jangan kaget ya sama harganya karena memang barangnya import semua dan rata-rata memiliki kualitas yang bagus.

perlengkapan-musim-dingin9

Kalau boots saya beli di toko instagram yang lumayan populer di kalangan anak muda (sayah bukan anak muda ye :p) yang namanya Adorable Projects. Awalnya dulu beli boots disitu karena males pakai sepatu safety yang ngeberatin kaki saya, jadi hunting boots yang agak gaya (padahal mah ngecengnya ama mandor dan bapak-bapak semua wkwkwk). Begitu beli dan dipakai, ternyata enak banget dan nyaman. Jadilah saya beli satu lagi untuk dipakai saat musim dingin. Pas banget, hangat, dan yang penting ngga licin walaupun berjalan diatas salju.

Untuk coat, saya kemarin iseng beli coat murah yang dijahit sendiri. Jadi banyak banget online shop yang jual coat Korea yang desainnya mengambil coat yang sedang populer. Ada banyak sekali di tokopedia yang saya beli harganya dibawah 100 ribu wekekek. Begitu datang, saya pikir not bad, bahannya bagus dan lumayan tebal. Tapi kurang tau efeknya bisa hangat ngga karena saya belum coba.

Mau yang lebih murah lagi? tapi saya ngga jamin ya kebersihannya wekekek. Sudah cukup lama Pasar Senen jadi rujukan beli coat murah karena yang dijual barang bekas pakai. Hargnya katanya murah banget sekitar 12 ribu, iya segitu. Tapi yang saya lihat karena teman ada yang beli, walaupun sudah dicuci berkali-kali, di laundry tetap ngga bisa kelihatan bagus. Ya tapi ini alternatif aja ya kalau lagi iseng wekekek.Β Met hunting perlengkapan musim dingin yaa.

perlengkapan-musim-dingin6