Awalnya saya nggak sengaja melihat iklan yang menggoda jiwa di Instagram saat saya lagi searching untuk toner. Lalu, iklannya tuh beneran bikin mupeng deh, karena di iklan itu, terdapat statement bahwa hanya dengan toner aja, kulit wajah bisa jadi bagus dalam 30 hari. Klaimnya pun lumayan banyak, mulai dari membuat wajah kering menjadi lembab, memudarkan kulit kemerahan bekas jerawat, hingga mencerahkan wajah. Jadi, sampai di hari ke 30 itu wajah akan terlihat lebih bersih dan makeup terkesan menempel ke wajah.

Awalnya sih saya percaya nggak percaya, karena setelah saya mencari review soal produk ini di berbagai blog pun ternyata juga belum banyak yang mengulasnya. Namun, karena iklan produk ini ngikut saya terus kemana-mana, akhirnya saya iseng beli deh. Jadi, awalnya saya memang beli produk dari toko yang diiklankan. Jadi, harganya jadi lumayan mahal karena saya ingin menghindari mendapat yang palsu. Itu pun karena sebetulnya saya ingin tahu dulu kemasannya seperti apa supaya nanti saya bisa beli di Shopee.

Setelah barang ini datang, saya langsung penasaran banget pengen nyobain sehebat apaan sih produk ini. Oh iya, sebelumnya perlu diketahui bahwa saya memakai toner dan moisturizer dari Innisfree yang Bija Trouble. Hasilnya sih oke punya, apalagi saya memang rutin memakai produk ini setelah kulit wajah saya kebakar di Derawan, hahaha. Jadi tentu saya pengen banget hasil produk ini bagus dong, tapi sebenarnya saya takut juga untuk berekspektasi terlalu tinggi.

Jangan Menyerah Kalau Belum Terlihat Hasilnya

30 hari itu sebetulnya lumayan lama lho! Apalagi, pastinya kalau kamu punya kulit bermasalah, pastinya kamu akan nggak sabaran pengen kelihatan hasilnya kan? Nah, menurut saya, toner ini agak lama terlihat hasilnya. Tapi apa mungkin karena kulit saya adalah kulit kering, jadi memang butuh waktu lama agar kulit saya menjadi lembab. Lalu, sebenarnya masalah kulit saya yang banyak bekas jerawat sebetulnya sudah sedikit teratasi dari pemakaian toner Innisfree itu. Jadinya, memang efek produk ini tidak akan terlalu terlihat hasil instannya.

Makanya, saya baru berani menulis review ini setelah saya memakai produk ini selama 3 bulan. Yap, hasil pemakaiannya memang baru terlihat di saya setelah periode tersebut. Jadi, sebenarnya saya sudah 3x repurchase produk ini, kalau rutin memakainya, 1 botol akan habis terpakai setelah 1 bulan. Sayangnya, saya nggak merekomendasikan pemakaian share in jar lho, karena pemakaian produk ini selama seminggu tidak akan memberikan efek selayaknya apa yang terlihat pada iklannya itu. Jadi, lebih baik untuk membeli 1 botol sekaligus.

Kandungan SOME BY MI Miracle Toner

Toner biasanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada yang memiliki fungsi balancing, yaitu untuk mengembalikan kondisi kulit (pH) setelah proses pencucian. Kemudian, ada yang berperan sebagai agen exfoliating yang akan mengangkat sel kulit mati. Lalu, juga ada toner yang berfungsi sebagai produk hydrating yang memberi hidrasi pada kulit. Oh ya, tak lupa juga ada fungsi toner untuk melakukan penetration yang akan mempersiapkan kulit supaya bisa menyerap skin care berikutnya.

Nah, SOME BY MI ini mengandung AHA/BHA/PHA yang memang berfungsi selayaknya exfoliating toner. Artinya, toner SOME BY MI akan mengangkat sel kulit mati terutama dari bekas jerawat. Saya sendiri memiliki banyak bekas jerawat pada saat periode pemakaian produk ini akibat suka uji coba skin care lainnya, hahaha. Jadi penggunaan produk ini beneran memang sesuai dengan kebutuhan kulit saya! Tentunya, toner ini mengandung acid dan ada real tea tree nya juga sebanyak 10.000 ppm. Klaimnya akan bisa merawat pori-pori, mencerahkan, sekaligus melembabkan kulit.

Untuk kandungan lainnya juga masih dalam kategori aman karena tidak mengandung paraben, fragrance, colorant, dan juga karsinogen. Jadi yang menyokong penyematan kata “miracle” pada nama produk ini adalah perpaduan semua kandungan yang menjadikan toner SOME BY MI sebagai solusi all in one untuk kulit berjerawat, kulit kusam, warna kulit yang tidak rata, pori-pori besar, sekaligus merawat kulit supaya tetap bagus. Kalau kamu bertanya, terus hasilnya gimana? Setelah ini akan saya berikan jawabannya. Namun perlu diingat bahwa review ini berdasarkan pengalaman saya yaa, karena mungkin setiap orang punya pengalaman yang berbeda saat memakai produk ini.

Review SOME BY MI

Sebelum memberikan review, saya mau kasih angka 8 dari 10 untuk produk SOME BY MI AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner. Kenapa? Hasil pemakaian produk ini ke wajah saya bagus banget, bahkan sebelum benar-benar saya rasakan perubahan besarnya. Jadi waktu itu saya baru pulang dari Umroh di bulan Mei dan butuh toner karena kulit saya kering kerontang karena cuaca panas di Mekkah dan Madinah. Lalu karena iklan produk ini wara-wiri, saya akhirnya memutuskan untuk membeli produk ini dan langsung memakai begitu barangnya datang.

Hasil Tonernya
Kiri Bersih; Kanan Kotor

Saat pertama kali memakai produk ini, memang wajah terasa rada panas dan pedas karena memang produk ini mengandung acid. Apalagi kulit saya waktu ini beneran kering banget, jadinya efek pemakaian toner lebih berasa di wajah. Lalu yang bikin saya amazed adalah kotoran sisa yang menempel di wajah bisa terangkat, padahal rasanya saya udah bersih banget cuci mukanya. Semakin digosok, semakin banyak kotoran yang terangkat. Alhasil, wajah saya berasa bersih banget. Apalagi kalau dipakai di malam hari dan tidak menggunakan apa apa lagi setelah toner, pagi harinya tuh wajah berasa bersih banget dan surprisingly kulit terasa lebih lembab.

Saya sendiri rutin memakainya pada setiap pagi dan malam hari walaupun katanya toner exfoliating tidak boleh dipakai setiap hari. Tapi ya mungkin inilah yang dinamakan miracle, karena produk ini bisa dipakai setiap hari walaupun kulit sedang tidak bermasalah. Oh ya, yang bikin menjadi lebih miracle lagi buat saya itu adalah setelah pemakaian kurang lebih 3 bulan, saya bepergian ke India selama seminggu dan nggak pakai produk ini sama sekali. Apa yang terjadi? Kulit wajah saya baik-baik saja padahal di India cuacanya panas dan banyak sekali debu. Sampe situ langsung berasa cinta banget ama produk ini hahaha.

Walau begitu klaim miracle-nya yang dapat terlihat dalam 30 hari sebetulnya banyak yang meragukan. Bagaimana tidak, habisnya dalam 30 hari pemakaian, efek dari produk ini susah terlihat secara fisik. Memang sih, jerawat pelan-pelan kempes tapi tetap perbedaanya nggak terlalu kelihatan dalam waktu sebulan itu. Nah, setelah pemakaian 3 bulan dan beberapa kali nggak pakai, baru deh saya berasa bahwa toner SOME BY MI memang berfungsi banget untuk menjaga kulit. Lalu yang nyenengin lagi, skin care dan makeup beneran nempel banget dengan sempurna lho gara-gara toner ini. Bahkan makeup ngga akan crack lagi karena kulit udah lebih lembab walaupun tetap harus pakai moisturizer lagi. Apalagi kalau cuman pake BB Cushion,  wajah akan beneran kelihatan natural banget karena kulitnya sudah oke 😀

Akhirnya, setelah habis botol pertama, saya beli lagi botol kedua dan ketiga di Shopee hahaha. Ya gimana, harganya lebih murah dan ternyata sama kok kemasan dan bentuk botolnya. Alhasil, kedua hal tersebut bikin saya yakin kalau produk yang ingin saya beli asli. Saya juga merekomendasikan ke temen-temen yang waktu itu reply Insta Story saya dan nanya belinya di mana. Well, buat saya produk ini super recommended tapi makenya kudu sabar yak. Jangan buru-buru pengen kelihatan hasilnya, apalagi kalau memang kulitnya bermasalah banget.