Saat ini dengan banyaknya informasi bertebaran di media digital, terkadang kredibilitas dan reputasi dipertanyakan. Apalagi sebagai blogger yang menjadi salah satu media berbagi informasi, juga perlu memperhatikan reputasi agar terpercaya. Blogger dapat menjadi penghambat arus kecepatan informasi dan juga menjadi bagian dari klarifikasi atas informasi yang beredar. Untuk menjadi seorang blogger yang memiliki reputasi yang baik, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Tema inilah yang menjadi tema Hari Blogger Nasional tahun 2015.

Hari Blogger Nasional yang jatuh pada hari ini tanggal 27 Oktober 2015, dirayakan sebagai hari untuk para blogger. Yang sudah bersusah payah membangun reputasi, kredibilitas, popularitas, dan konten yang terbaik untuk pembaca dan juga menjadi bagian dari arus informasi digital. Maka dari itulah, sekumpulan blogger Indonesia berinisiatif untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk blogger lainnya. Lahirlah ide acara Blogger Camp Indonesia, yang diprakarsai oleh Mba Wiwiek, Teh Ani, Mas MT, dan beberapa blogger lain yang tergabung dalam Steering Committee.

bloggercampid

blogcampid

blocamp2

Melalui acara Blogger Camp ini diharapkan para blogger dapat membangun kredibilitasnya sehingga blogger tentu akan menjadi penyaji informasi yang akurat dan terpercaya. Tidak tanggung-tanggung ada Pak Wicaksono yang dikenal dengan Ndoro Kakung menjadi moderator dengan 3 narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. Yang pertama adalah Bapak Nirwan Dewanto seorang Indonesian Putt dan cultural critic, Iman Brontoseno seorang sutradara, dan Mas Maulana dari Twitter.

Menurut ketiga narasumber itu, untuk membangun sebuah reputasi blog yang baik adalah dengan menuliskan apa yang menjadi spesialisasi kita. Jadi pembaca akan mampu mempercayai atas apa yang kita tulis tanpa harus menjelaskan lebih lanjut. Mengenai spesialisasi penulisan, tidak harus sesuai dengan latar belakang pendidikan, tapi bisa dari sebuah hobi yang ditekuni dan dipelajari tidak dari bangku sekolah. Terus konsisten dan menulis tentang apa yang kita ketahui, maka akan terbaca kredibilitas dan reputasinya.

Tidak mungkin kita selama ini menulis tentang travel tapi kemudian yang kita review adalah sebuah produk yang tidak ada hubungannya. Hal ini akan mengganggu branding kita sebagai seorang blogger yang memiliki kredibilitas yang baik. Jangan ragu untuk menolak job yang akan merusak reputasi kita sebagai seorang blogger. Dan tentunya utamakan informasi yang benar dan sesuai sehingga akan menimbulkan kepercayaan yang tinggi dari pembaca.

blogger

Selain blog, twitter juga menjadi media yang menjadi kepanjangan tangan dari jaringan blog. Terlihat simple, namun sebetulnya setiap bagian dari Twitter dapat kita manfaatkan untuk membangun kredibilitas. Mulai dari nama akun tidak alay, kemudian mengisi deskripsi tentang apa akun tersebut dan siapa pemilik akun, sampai jangan lupa mencantumkan alamat blog. Yang lebih penting lagi, perhatikan twitter cover photo jangan sampai tidak sesuai dengan branding kita. Bahkan di profile jangan lupa untuk mem-pin hal-hal yang menjadi highlight. Bisa tulisan blog atau konten yang memang untuk dilihat lebih banyak.

Dari hal yang diutarakan oleh tiga pakar tersebut. Ada satu channel yang bisa kita manfaatkan untuk membangun kredibilitas kita. Salah satunya ada Net Citizen Journalism dari Net TV. Kita bisa membuat konten yang bersifat hard news, soft news/feature, dan berita apa saja yang menampilkan kita sebagai pembuatnya. Dengan menampilan diri bukan sebagai anonim, maka berita yang kita kirim melalui CJ akan lebih terpercaya dan bereputasi. Kita bisa mengirimkan konten berupa video yang saat ini lebih mudah untuk membuatnya hanya dengan smartphone. Tentunya yang kita butuhkan saat mengupload dan mengirimkan video karya kita ke CJ adalah memiliki jaringan internet yang cepat.

Indosat dengan jaringan 4G yang dikenal dengan Indosat Love memberikan layanan internet cepat yang akan membawa konten kita jauh dikenal oleh pembaca di seluruh dunia. Dengan menggunakan jaringan Indosat, kita akan mendapatkan data dengan kecepatan 4G yang tersebar di seluruh Indonesia.