Pernah terpikir ngga kalau hukum adalah sesuatu tentang keseharian kita yang dialami sehari-hari. Sesederhana mentaati lalu lintas, mendapatkan kembalian uang di mini market, sampai memakai lisensi yang tepat untuk digital file yang dipakai. Hal-hal kecil seperti ini kadang luput dan tidak sadar kalau kita sedang melakukan kegiatan hukum.

Hukum dalam keseharian merupakan hal yang masih dianggap tidak wajar. Karena sewajarnya, hukum adalah ilmu yang terasa berat dengan kehadiran Undang-Undang, Peraturan, dan hal yang banyak diantipati orang. Tapi hukum ternyata begitu dekat dan menjadi bagian dari hidup setiap warga negara. maka dari itu, lahir dari kesehariaan yang selalu dialami, Hukumpedia memberikan wadah untuk beropini bagi siapa saja.

Apa itu Hukumpedia?

Hukumpedia merupakan bagian layanan dari Hukum Online. Hukumpedia itu sendiri adalah sebuah portal yang memfasilitasi kita sebagai warga sipil biasa untuk bertukar informasi hukum. Seperti yang kita tau, ternyata hukum itu tidak hanya hal-hal berat saja yang dibahas. Namun kehidupan sehari-hari kita sangat berkaitan dengan hukum. Atas dasar itulah, siapapun bisa berbagi informasi yang berkaitan dengan hukum dalam kehidupan keseharian.

Jadi kalau sudah teregistrasi di Hukumpedia, kita bebas sekali menyampaikan opini tentang hukum dari sudut pandang kita sebagai warga sipil. Karena memang di Hukumpedia tidak ada editor yang akan memfilter isi dari konten yang kita buat. Tentu saja sepanjang tidak melanggar data pribadi atau publikasi dari pihak ketiga. Dan tidak juga mengandung konten yang menghina atau pencemaran nama baik.

Berbagai kategori dapat kita tulis di sini. Mulai dari pidana, bisnis dan ekonomi, kenegaraan, HAKI, dan lain sebagainya sampai bagian properti. Tulisan hangat dan ringan banyak ditulis oleh member. Tentunya dengan bahasa sendiri dan mudah untuk dicerna. Ini penting sekali, sehingga orang awam sekalipun akan mempu memahami dan tidak menganggap kalau hukum adalah sesuatu yang sangat berat.

Cara Bergabung?

Untuk bergabung menjadi member Hukumpedia sangat mudah. Namun tentunya harus memiliki identitas resmi dan dapat dipertanggungjawabkan. Ada 4 tahap mudah untuk bisa menjadi member Hukumpedia. Mulai dari meregistrasi email, nama lengkap, dan menentukan username serta password. Kemudian aktivasi email, memverifikasi data akun, dan melengkapi data diri. Tentunya tidak boleh mempergunakan akun anonim ya. Yuk menjadi pribadi yang berani bertanggung jawab atas setiap tulisan yang kita buat.

Fitur Hukumpedia

Sebagai member aktif di Hukumpedia ada beberapa reward yang bisa kita dapatkan. Tentunya sesuai dengan kontribusi yang dapat kita berikan untuk Hukumpedia. Bentuknya reward tidak harus berupa materi kan. Tapi kita bisa mendapatkan peringkat sesuai dengan berapa banyak kontribusi melalui tulisan kita. Mulai dari tamu, yang hanya sebagai member pasif. Kemudian ada pemula, penulis, pegiat, sampai seorang penasehat. Semua peringkat ini berdasarkan jumlah tulisan yang sudah kita buat di Hukumpedia.

Selain peringkat, kekuatan berkomunitas juga bisa kita bangun di sini. Namanya adalah Aliansi. Kita bebas membuat aliansi sesuai dengan minat dan preferensi yang kita miliki. Sehingga dengan aliansi ini, kita akan memiliki lingkaran yang memiliki minat yang sama. Selain dua hal tersebut, tentunya ada banyak hal yang bisa dilakukan di Hukumpedia.Β Kalau masih penasaran apa aja, join aja di Hukumpedia.com.