Dua kota cantik ini menjadi persinggahan saat di India. Awalnya justru ngga ada rencana ke sini, karena rencana rute pertama adalah ke Jaipur, Agra, dan Delhi. Tapi pas baca-baca saat setibanya di bandara Delhi, ya sudah akhirnya kita menentukan tujuan yang terjauh dulu aja. Sapa tau sisanya bisa dikunjungi lagi saat kembali di tahun depan, amin.

Udaipur jadi pilihan pertama karena paling jauh jaraknya dari Delhi, sekitar 12 jam naik kereta. Parahnya, karena waktu itu saya dan Tari ngga browsing caranya beli tiket kereta. Pikiran kita waktu itu ya bakal gampang aja gitu. Ternyata engga dongs, ribed dan kondisi makin parah waktu ngga tau mau naik apa hahaha. Cerita drama beli tiket kereta bisa dilihat di post sebelumnya ya. Jadi karena IRCTC itu ternyata ngga bisa dibeli dengan kartu kredit dari luar India, saya dan Tari coba go show aja ke stasiun yang ditunjukin oleh Google Maps.

Oia, kalo mau beli SIMCARD lokal India ternyata ngga gampang juga loh. Paling cepet itu 24 jam baru bisa aktif, jadi lupakan saja mau internetan murah dan cepet karena itu ngga kejadian hahaha. Untuk internet sendiri, selain mengandalkan wifi di cafe atau area publik, saya beli juga paket internet Telkomsel karena XL ngga bisa di India dan saya ngga tau kabarnya Indosat di sana. Sempet kehabisan data juga karena apesnya, apartemen di Udaipur ngga ada inetnya padahal jelas-jelas dia bilang nyediain wifi 🙁

Kenapa butuh banget paket data? Ya karena penting banget klo nyasar dan butuh petunjuk arah biar ngga nyasar. Kalo sewa wifi di Traveloka itu mahal euy, jadi pilihan satu-satunya ya beli data yah. Ngga ada inet, jangan harap bisa sukses jalan jalan wkwkwk. Berbekal inet dan petunjuk Google Maps lah saya bisa selamat menuju stasiun Hazrat Nizamuddin di Delhi dan naik kereta jam 7 malam dengan second class karena nekad go show.

Danau, Danau, dan Istana di Udaipur

Sebetulnya saya dan tari juga ngga survei-survei amat soal Udaipur. Cuman ingin merasakan India yang jauh dari kota. Eh ngga taunya Udaipur ya kota juga wkwkwk. Mungkin klo di Indonesia seperti Malang yang dingin, kotanya Udaipur ini dikelilingi gunung, dan salah satu yang unik di Udaipur adalah danaunya yang banyak.

Ngga hanya itu, bahkan kami juga baru tau kalo tujuan bulan madunya Raisa adalah Udaipur ini. Lah berarti istimewa banget yah. Ngga sia-sia merasakan 12 jam duduk di kereta second class buat nyampe hahaha. Dan beneran saya jatuh cinta dengan kotanya yang bersih dan dingin banget di pagi hari. Warganya juga ramah dan beda banget dengan tipikal warga kota India New Delhi.

Untuk menuju Udaipur ini sebetulnya ada pesawat dari bandara Delhi, tapi ya lumayan mahal, jadi lebih enak memang naik kereta. Nyaman dan bersih kok walo kelihatan jadul banget. Berangkat dari stasiun jam 7 malam, pagi harinya jam 7 pagi sudah sampai di Udaipur. Kalau naik bis saya ngga begitu tahu rutenya tapi kemarin sempat mau pesan sleeper bus juga tapi ngga bisa-bisa karena ngga mau dibayar pake cc internasional.

Penginapan selama di India, saya mengandalkan Airbnb. Selain karena punya kredit yang bisa dipakai, harganya murah-murah banget. Tapi sayangnya kemaren agak zonk hahaha. Kamarnya ngga ada wifi bok dan apartemennya agak tua dan kamarnya lumayan banyak. Jadi agak-agak creepy juga. Untungnya ngga kenapa kenapa. Yang paling penting sih emang lokasinya strategis banget di tengah kota. Jadi mau kemana-mana dekat.

KODE KUPON AIRBNB UNTUK DAPETIN GRATIS $25

Tempat wisata yang bisa dikunjungi di Udaipur adalah danau, danau, dan danau lagi hahaha. Iya, sebanyak itu danaunya dan beneran cantik banget. Danau yang pertama dikunjungi adalah Fateh Sagar karena dekat sekali dengan tempat tinggal. Hanya berjalan sekitar 20 menit di pagi hari dan banyak sekali warga setempat yang jogging. And guess what, ngga cuma danau yang bisa dilihatin aja pemandangan dan segarnya udara, tapi bisa berenang juga. Jadi waktu ke sana itu, banyak banget laki-laki langsung buka baju aja dan nyebur gitu hahaha.

Di sini juga ada air terjun kecil, trus ada tempat makan kaki lima juga yang menyediakan makanan instan. Saya dan Tari nyoba sarapan Maggie di situ dan berakhir dengan Tari makan dengan rambut abangnya hahaha. Iyah, itu rambut masuk ke dalam mie, iyuh. Gaswat deh kalo kita orangnya gampang jijik, untung aja engga 😀

Dari situ, kita jalan lagi ke City Palace Udaipur dengan naik Uber. Oia kemana-mana paling enak naik bajaj atau Uber klo jaraknya jauh. Akun Uber kita yang di Indonesia masih bisa kepake kok, ngga perlu bikin akun baru. Selama di India, sukses banget pake Uber walaupun beda-beda kota. Jarak dari danau Fateh Sagar ke City Palace juga ngga terlalu jauh, 20 menit aja sudah sampai. Trus kita baru nyadar kalau palace ini juga jadi tempat wisatanya Raisa Hamish waktu bulan madu.

Soal istananya, saya bisa bilang juara banget. Dibangun di abad 16, masih sangat terawat banget loh karena kualitas bahan bangunannya terbaik dan perawatannya juara. India ini menurut saya paling hebat soal perawatan. Lalu biaya masuknya juga adalah 300 rupee dan bisa sepuasnya photo berjalan-jalan di istana yang adem itu. Istananya luas banget, total menghabiskan 3 jam kalau jalan bareng dengan guide-nya.

Karena saya dan Tari beneran nikmatin plus photo sepuasnya, jadilah menghabiskan waktu sampai 5 jam plus makan siang di restonya karena kapok makan mie ama rambut wkwkwk. Saran saya, nikmati aja setiap sudut dan ikuti arah jalannya menyusuri dari satu istana ke istana lainnya. Saking luas dan adem karena di dalam juga banyak taman, saya sampe tidur-tiduran karena udaranya yang siwir-siwir dan sempet aja bikin video hahaha.

Another danau buat dikunjungi saat sunset adalah Lake Pichola. Di sini sebenernya bisa naik kapal buat seru-seruan nyusuin danau, tapi saya ama tari lebih memilih duduk menghadap danau dan menikmati sunset sampai matahari terbenam. Banyak jajanan dan orang lokal yang juga nunggu sunset. Kalo mau jajan-jajan juga oke di sini ato mau beli oleh-oleh mainan wekekek.

Kota Biru India: Jodhpur

I can say, kota Jodhpur ini adalah kota yang indah dan eksotis. Tempatnya menyenangkan, bersih, dan rame banget dibandingkan Udaipur. Lebih kota dari Udaipur tapi mal-nya sedikit dan beberapa mati hahaha. Lokasi penginapan yang didapet dari Airbnb lebih ajib lagi. Viewnya keren sih, dekat dengan Mehrangarh Fort dan bisa lihat kota biru dari ketinggian. Tapi, saya nyaris berjalan 5 kilo buat mencapai lokasinya dan itu menanjak pulak. Bayangkan saya sambil membawa backpack depan belakang seberat total 15kg hahaha.

Jadi ternyata, itu lokasinya ngga bisa dicapai dengan bajaj karena jalanan sempit dan menanjak serta di kampung banget. Saya membaca beberapa IG post bule bule yang katanya pada nyesel nginep di daerah situ, dan honestly saya juga wkwkwk. Viewnya memang ngga bohong, tapi jalan menuju ke sananya itu tersiksa banget. Tapi juga terbayar karena dekat dengan semua wisata populer yang ada di Jodhpur.

Jodhpur terkenal dengan kota biru yang dikarenakan banyak warga yang mencat rumahnya dengan warna biru. Warna biru ini diasosiasikan dengan Dewa Khrisna yang juga berwarna biru. Sejujurnya, sekarang sudah ngga terlalu biru lagi karena warnanya sudah mulai pudar dan semua udah lebih bebas menentukan warna cat rumahnya. Tapi lumayan deh, masih terlihat biru saat lihat dari ketinggian. Tepatnya kampung yang berwarna biru ini ngga tau ada dimana, tapi kalau mau photo-photo tinggal susuri aja kampung di sekitar Clock Tower yang juga jadi lokasi penginapan.

Sekitar Clock Tower menjadi turis attraction dan rame siang malam. Jadi jalan malam pun buat perempuan masih sangat aman di Jodhpur. Pasarnya pun rame banget dan banyak barang-barang murah buat dijadikan oleh-oleh. Jajan-jajan juga oke, saya lihat banyak bule yang jajan makanan khas India tapi saya ngga berani coba wkwkwk. Pasarnya beneran asik buat sekedar jalan-jalan dan lihat barang barang unik.

Lalu sekitar Clock Tower itu ada Step Well Toorji Ka Jhalra yang banyak anak-anak pada mandi. Step Well ini sejarahnya adalah dibuat untuk menampung air hujan dan digunakan oleh warga sekitar, uniknya memang desainnya yang sarat dengan makna keagamaan. Tapi kemudian, karena dirasa ngga higienis, jadinya step well ini ditinggalkan dan ngga digunakan lagi.

Nah rumah rumah di sekitar step well ini banyak yang biru dan banyak juga cafe yang ada di ketinggian. Jadi kalo mau ngadem sekaligus pengen santai lihat kota Jodhpur ya di situ tempatnya. Tapi ya gitu, mahal juga ya bok harganya karena mereka kebanyakan menyediakan makanan barat dan jarang banget ada makanan India. Maklum, sepertinya turis barat aja yang main ke situ.

Kalo ada budget lebih, bisa tuh main ke Mehrangarh Fort yang kenamaan itu. Buat saya mayan mahal masuknya, 600 rupee kan sayang juga wkwkwk. Padahal cuma 120K sebenernya tapi karena udah puas sama istana dan semacamnya trus juga apa apa murah, jadinya berasa mahal aja. Jangan lupa, siapkan fisik dan sepatu yang nyaman juga kalo berencana ke situ ya.

Next di Jodhpur ada Umaid Bhawan Palace, yang jadi tempat menikahnya Priyanka Chopra dan Nick Jonas. Tempatnya beneran mevvah karena ngga hanya museum tapi juga ada hotel bintang lima. Bangunannya megah dan harga masuknya juga terjangkau yaitu 100 rupee. Saya dan Tari iseng banget pake baju sari di sini. Ngga kaya di Korea yang ada penyewaan, kalo mau pake baju sari di India ya kudu beli kain lalu pasang muka melas buat minta bantuin ibu-ibu buat pasangin hahaha. Aseli susah banget loh pake sari, padahal udah buka Youtube tapi gagal juga dan perempuan muda India juga ngga semuanya bisa. Jadi untung-untungan banget wekekek.

Google Maps Jadi Andalan

Selama di Udaipur dan Jodhpur, saya kebantu banget sama Google Maps. Ngga cuma untuk penunjuk jalan aja, tapi bisa mencari lokasi wisata yang terkenal di daerah situ. Jadi sebetulnya tuh saya jalan ke India tanpa bikin itinerary tapi cuma googling sana sini dan kebantu ama Google Maps buat cari cafe ato lokasi wisata terdekat. Jadi penting banget punya paket data yang selalu on ya biar ngga nyasar. Khan ceritanya jadi pejalan backpacker yang smart. Eaaa.

Rekap Lokasi Wisata

Udaipur

  • City Palace
  • Lake Pichola
  • Lake Fateh Sagar

Jodhpur

  • Clock Tower
  • Umaid Bhawan Palace
  • Step Well
  • Mehrangarh Fort
0 0 vote
Article Rating