Sistem transportasi public di Singapura dibuat dengan sangat baik. Antara transportasi satu dengan yang lain saling berintegrasi. Transportasi umum yang biasa digunakan adalah MRT (Mass Rapid Transportation) atau yang kita kenal di Jakarta disebut Commuter dan Bis. Taksi jarang digunakan karena harganya yang lumayan mahal. Apalagi kalau menggunakan taksi di jam tertentu seperti malam dari dan subuh akan ada charge tambahan.

Untuk budget traveler, transportasi yang sangat cocok digunakan adalah MRT dan bus. Akan tetapi penggunaannya tidak seperti di Indonesia. Ada system pembayaran yang tidak sama yaitu dengan menggunakan kartu pra bayar. Yang perlu dipahami pada saat naik transportasi ini adalah jalur dan peta supaya tidak kesasar.

ezlink Ongkos untuk naik MRT dan bus sangat murah. Semua dihitung berdasarkan jarak. Untuk mengetahui ongkos dapat dilihat saat membeli kartu pra bayar berjaminan di mesin. Dan harga tersebut belum termasuk harga kartu yang dapat kita ambil lagi apabila kita mengembalikan di mesin kartu. Hal ini sama dengan system kartu jaminan commuter di Jakarta. Kalau tidak mengembalikan kartu maka uang akan hilang.

Sedangkan ongkos untuk bus dapat dilihat dari papan halte. Informasi jarak dari halte satu dan halte lain dipampang secara jelas beserta harganya. Harga berkisar antara 1 sampai dengan 2 dolar singapura. Lumayan mahal juga kalau di kurs kan ke rupiah hehehe.

Untuk kemudahan transportasi selama disana, kita dapat membeli kartu pra bayar EZ Link. Kartu ini bisa dibeli di mana saja seperti mini market, loket MRT dan tempat penukaran uang. Harga kartu adalah sebesar SGD 12, dengan nilai yang dapat digunakan adalah sebesar SGD 7 dan sisanya SGD 5 tidak dapat dipakai atau tidak dikembalikan. Dengan menggunakan kartu ini, kita dapat melakukan perjalanan dengan aman dan murah. Kartu EZ Link dapat digunakan untuk kedua transportasi tersebut.

Cara pakainya mudah, hanya dengan men-tap atau menempelkan ke pembaca kartu pada saat masuk stasiun MRT atau di depan pintu masuk bus. Jangan lupa untuk men-tap kembali pada saat keluar, karena kalau sampai lupa pada penggunaan berikutnya akan dikenakan dua kali biaya denda.

ezlink1

0 0 vote
Article Rating