Iya saya akhirnya jadi blogger juga hehehe. Ngeblog itu udah jadi kegiatan rutin yang biasa saya lakukan. Hobi juga sih, kaya misalnya suami saya yang hobi main tenis, atau adik saya yang hobi berenang. Nah ngeblog yang awalnya jadi hobi ternyata bakal saya seriusin nih. Tau ngga kenapa? Well, saya itu pertama kali ngeblog tahun 2005 hehehe. Kebayang pada tahun itu, internet aja masih mihill bangett. Saya masih memakai layanan instan dial up yang tinggal konek aja kabel telepon ke komputer. Wekekek itu adalah jaman purbanya internet dimana kecepatan dewa masih ada dalam mimpi. Biarpun begitu, keasyikan positif di dunia maya betul-betul membuat saya jatuh cinta. Semua ada disini. Mau cari apa aja waktu itu tinggal ketik di website utama mbah Google. Pada akhirnya, sampailah saya pada blog-blog yang bertebaran dengan cerita-cerita keseharian yang lucu dan menarik.

Saya cuma mikir, wah seru juga ya punya blog. Bisa share cerita, pengalaman, plus menambah banyak teman. Saya yang masih kuliah dan sedang menyelesaikan skripsi waktu itu, langsung belajar cara membuat blog yang ternyata mudah sangat sodara-sodara. Eksis banget waktu itu adalah Blogspot dan WordPress gratisan. Walaupun akhirnya ada banyak platform ngeblog seperti Multiply, blogsome, dan lainnya yang ternyata harus gulung tikar setelah cukup lama beroperasi.

Apa sih yang bikin saya tertarik sebetulnya? tidak lain tidak bukan adalah template qiqiqi. Saya suka banget lihat template blog yang lucu-lucu, imut, dan kekanak-kanakan waktu itu. Maklum eik dulu emang anak ABG bukan alay yah :P. Hunting template gratis dan lucu kerap saya lakoni. Kemudian mulai coba-coba utak-atik sendiri dengan kode HTML dan CSS. Tentunya yang masih sangat sederhana, karena template waktu itu juga masih sangat standar. Untunglah berbekal otak teknik, saya pelan-pelan bisa menguasai. Dan akhirnya ujung-ujungnya saya ngga nulis hahaha, karena kebanyakan main utak atik qeqeqe.

Puas bermain dengan template akhirnya saya melirik ke beberapa teman blogger yang aktif ngeblog dan mendapatkan uang dari situ. Astagah, baru tau saya kalo ngeblog yang katanya pekerjaan kurang kerjaan ternyata bisa banget ngedapetin penghasilan qiqiqi. Dari situlah akhirnya saya mulai mendalami sharing profit antara pengiklan dan agensi besar seperti Adsense. Yang dimana jaman dulu itu guammpangg bangettt buat daftar dan pasang di blog mana aja. Dats it, abis itu saya ngilang di dunia blog dan mulai ngumpet untuk mengurus beberapa blog yang dikonversi menjadi dolar, haish gaya!.

Blog, I’m Back.

COVERFB

Bertahun-tahun berlalu. Saat itu sudah banyak muncul sosial media seperti friendster, multiply, sampai facebook, dan twitter. Dan kekhawatiran mulai muncul saat itu. Akankah sebuah blog bisa bertahan dan eksis sampai puluhan tahun? Gimana masa depan sebuah blog yang akhirnya ada beberapa layanan yang memutuskan tidak gratis lagi bahkan sampai menutupnya. Setiap tahun saya monitor, saya amati, dan saya analisa. Dan saya berkesimpulan bahwa dunia blog tidak akan pernah mati dimana masih banyak orang yang menulis dengan cinta. Selama seorang blogger menjaga kualitas tulisan yang dipostingnya. Dan selama internet masih ada hehehe ya iyalah ya.

Tepatnya kurang lebih dua tahun lalu saya memutuskan untuk kembali eksis ke dunia blogging. Kekangenan saya dan kecintaan menulis membuat saya ingin lebih produktif dalam dunia blog. Tapi saya ngga mau juga eksis gitu aja tanpa ada persiapan yang matang. Artinya saya ingin melakukan blogging kearah yang lebih serius, profesional, dan tidak memihak. Banyak sekali yang menginspirasi saya, terutama para mommy blogger diluar negeri sana yang melakukan kegiatan blog sebagai pekerjaan yang dikerjakan dirumah. Konten mereka tentunya sangat berkualitas dan disertai photo yang original dan bagus. Dengan menjadi blogger profesional, saya yakin seorang blogger tidak akan dipandang sebelah mata dan blogger bisa menjadi profesi yang diakui. Semua itu tentunya disertai dengan originalitas konten dan menghargai hak cipta serta karya orang lain.

Semua karena Blogging

Dimasa teknologi informasi seperti sekarang ini, blogging menjadi hal yang sangat penting untuk kepentingan publikasi. Saat sosial media yang memiliki keterbatasan antara teman saja dan pengikut, blog hadir sebagai jembatan antara sosial media dan media komunikasi. Dengan memiliki blog, setiap konten yang kita miliki akan muncul sebagai hasil pencarian di search engine seperti google. Hal yang tidak bisa dilakukan sosial media apabila kita membutuhkan informasi lengkap dan jelas tanpa dibatasi karakter. Itulah kenapa saya lebih tertarik mengembangkan diri dengan berblogging.

Dengan serius melakukan kegiatan blogging yang bermanfaat dan berkualitas membuat banyak keuntungan yang saya dapatkan. Konsistensi untuk menghadirkan informasi, reportase, atau sekedar pengalaman pribadi membuat saya banyak dikenal orang. Terutama dikalangan pecinta template apik dan minimalis. Rajin blogwalking membuat banyak pertemanan sehat di dunia blogging, aktif di komunitas blog membuat saya memiliki tempat untuk memberikan ilmu berharga yang saya miliki, belum lagi segala macam pengetahuan tentang apa saja yang saya dapatkan dari sahabat blogger.

blogger

Prestasi saya juga banyak yang berasal dari dunia blog. Antara lain saya menjadi finalis dari ajang penghargaan Srikandi Blogger 2013 berkat keunikan blog saya yang mengupas tuntas tentang bagaimana mendalami persoalan teknis dalam blog. Belum lagi banyak agensi yang mempercayakan saya untuk menjadi sponsor artikel di blog. Ada banyak acara kopdar yang melibatkan profesi saya sebagai blogger. Dan karena menjadi seorang blogger pulalah saya bisa mejeng di majalah, televisi, media lainnya. Pokoknya banyak untungnya daripada ruginya hehehe.

Pengen Jadi Blogger?

Ngga berlebihan kalau saya bilang jadi blogger itu banyak senengnya daripada susahnya. Menjadi seorang blogger juga sama mudahnya dengan membuat blog. Tapi jangan lupa, ada banyak rambu-rambu yang harus dijaga di dunia maya terutama menjadi seorang blogger. Inget loh, bully di dunia maya itu lebih kejam daripada di dunia nyata hehehe. Karena itu saya punya tips dan triknya kalau mau jadi seleb blogger yang baik hati dan tidak sombong.

1. Rajin Menulis

Tentu saja ini yang paling utama dari ngeblog. Karena isi blog adalah sepenuhnya tulisan hehehe. Beberapa orang mencari sebuah blog untuk mendapatkan pengalaman nyata dan jujur dari sesuatu yang sedang dicari. Dan biasanya blog curhatan itu tidak mengandung pesan sponsor, jadi banyak loh yang suka hunting cerita dari satu blog ke blog yang lain. Yuk biasakan menulis tentang apa saja yang dirasa bermanfaat bagi orang lain, minimal seminggu sekali. Kalau rajin menulis, maka bisa disebut rajin update. Nah itu yang disukai para pembaca blog. Apalagi kalau ceritanya menarik dan pastinya selalu ditunggu.

2. Anti Kopas

Malu ah jaman sekarang beli bajakan. Malu juga dong kalo kita main Copy Paste aja tulisan orang lain. Usahakan menulis dengan hasil pikiran sendiri walaupun terkadang mendapat inspirasi dari blog lain. Kan tiap orang berbeda dan unik, walaupun tema sama tetep aja setiap tulisan akan berbeda. Biasakan yuk, menulis sendiri tanpa harus kopas sana sini. Kalau memang merasakan manfaat dari tulisan orang lain jangan lupa menyertakan sumbernya ya. Itu tandanya kita peduli dengan hasil karya orang lain dan suatu saat pasti orang akan menghargai juga hasil karya kita ^^.

3. Konten Unik

Unik itu ngga harus wah dan banyak view loh. Cukup dengan berbeda dari yang lain hehehe sama aja yah. Maksudnya gini, tulisan yang kita buat sebisa mungkin berbeda dari umumnya. Misalnya, cara membetulkan genteng, cara memandikan kucing hahaha. Intinya, ceritakan pengalaman pribadi yang pasti tidak sama dengan yang dilakukan orang-orang. Itulah yang disebut unik, berbeda, punya citarasa. Jadi plis yaa, jangan kebanyakan curhat. Kalo mau curhat juga sebisa mungkin dengan bahasa yang halus sehingga ngga menyinggung orang lain.

4. Gambar Original

Sudah anti kopas, ngga lengkap kalo ngga pake gambar original. Maksudnya gimana? iya gambar memang sayur tanpa garam kalau ngga dipakai di postingan. Gunakan gambar yang betul-betul free dengan syaratnya (biasanya ada credit) atau ngga sembarangan saja menyebut Google sebagai sumber gambar. Inget loh, Google hanya menampung gambar dan setiap gambar ada sumbernya. Biasakan meminta ijin atau mencari tahu sumber link gambar tersebut. Kalau engga, duh siap-siap di somasi orang deh kalo ada yang ngga seneng. Pilihan lainnya yang aman ya pake gambar sendiri. Sempatkan menganbil gambar dengan kamera hape walaupun hasilnya ngga bagus. Yah yang terbaik gunakan milik sendiri kan, yang penting halal #eh.

5. Rajin Blogwalking

Jangan sombong-sombong kalo punya blog. Sempatkan berkunjung ke blog lain untuk menambah pertemanan blog. Ini efektif untuk meningkatkan traffic blog dan memperkenalkan kalau kita aktif dalam ngeblog. Blogwalking juga ngga sekedar berkunjung aja, tinggalin dong sebaris dua baris komentar membangun yang nyambung sama topik. Jangan lupa tinggalkan link blog supaya bisa dikunjungi balik.

6. Gabung Komunitas

Ngga ada loe ngga rame, hehehe. Itu kata iklan yang maksudnya paling asik kegiatan itu ya dilakuin bareng-bareng. Nah, ngeblog pun juga begitu. Paling asik kalo ada temennya ngeblog. Walaupun orang sekitar ngga ngeblog, kita bisa kenalan sama orang yang benar-benar baru tapi tau karena sering baca blognya. Begitu juga keseruan di komunitas. Berbagi dan seseruan hal yang punya minat yang sama pasti lebih enak daripada sendirian. Di dalam komunitas, selain menambah banyak teman sesama blogger kita juga bisa berbagi dan saling mengunjungi. Tentu saja, di setiap komunitas memiliki aturan tersendiri ya. Kalo ngga mau di tendang keluar sama miminnya, pahami dulu aturannya yah.

7. Ikutan Kopdar

Sesekali dong ikutan kopdar kalau memang diadakan dekat dengan wilayah tempat tinggal. Dengan kopdar kita bisa jadi tau nih muka-muka asli dibalik blog hehehe. Jangan heran kalau biasanya yang nulis blog itu kadang kepribadiannya suka berbeda loh ama aslinya. Misalnya nih, di tulisan kayaknya cerewet banget eh pas ketemu ternyata aslinya pendiem qiqiqi. Hayoo siapa yang begitu. Kopdar juga bisa untuk menambah jaringan pertemanan loh, salah satunya dengan cara menyebarkan kartu nama kalau pada punya bisnis. Tapi jangan sekali dateng langsung nawarin bisnis dong wekekek.

8. Jangan Spam

Fiuhh ini nih yang paling dibenci sama netizen. Spammer, dimana-mana menyebarkan link blog yang sama dan meninggalkan jejak di komentar sebagai tukang obatlah, tukang pijetlah, atau apalah. Kalau jadi blogger yang punya blog tapi pengen traffic tinggi jangan gitu dong ya caranya. Itu bukan cara yang budiaman eh pakdiman eh yang baik. Gunakan cara-cara eleykhan dan soft selling kalau memang blognya penuh dengan promo atau butuh diklik iklannya.

9. Aktif di Sosial Media

Belum dibilang eksis kalo belum aktif di socmed. Sosial media ini adalah salah satu jembatan penguhubung antara pembaca dan blog kita. Semakin aktif menshare tulisan blog melalui sosial media, traffic blog juga akan meningkat. Plis ya gunakan sosial media sebagai media penghubung aja, jangan sampe curhat curhat ngga jelas yang takutnya berujung kaya dinda dimana kau berada wekekek.

10. Personal Branding

Beuh, berat amirr bahasanya personal branding qiqiqi. Perlu loh kita memberikan profil melalui tulisan yang ada di blog kita. Jangan ragu misalnya cerita kalau kita anak pramuka yang rajin, seneng jalan ke mal, seneng coba kuliner, seneng bikin prakarya. Nah semua cerita itu dijadikan postingan deh. Yang mana orang akan tau, kalau mau numpang promo bisa cucok gitu bahasannya. Atau blognya bakal dikenali karena keahlian yang kita punya. Ngga ribet kan sebetulnya personal branding ini.

Join BBLOG Yuk

Kalau semua tips diatas udah dilakoni, itu artinya sudah saatnya join BBLOG. Apa sih BBLOG? Kenapa kita harus join? Why?? Wekekek saya cuma bisa bilang, salah satu peta uang di internet adalah join di BBLOG. Yup cocok banget buat pemula blogger yang sudah memiliki pengaruh, dan mulai mengkomersilkan hasil tulisannya. Dengan join di BBLOG, kita selalu punya kesempatan salah satunya untuk meliput event-event keren yang dihadiri artis dan narasumber. Ngga tanggung-tanggung, kita dateng sebagai tamu VIP. Sttt dapet uang transport juga lohh hehehe.

Selain event, kita juga dibayar nih dengan membuat artikel yang diminta oleh kliennya BBLOG. Jumlah rupiahnya lumayan banget deh buat bayar ongkos internet yang terpakai ^^. Kalau rajin menulis kegiatan sehari-hari seperti yang saya bilang diatas, pasti nulis artikel bakalan mudah. Itu baru sebagian loh.

Selain dua hal diatas, kita bisa jadi orang pertama yang dapet sample produk gratis atau pengalaman pertama gratis seperti produk fashion, gadget, kosmetik, sampai travel, dan lainnya. Uhuyy siapa coba yang ngga mau serba gratisan hehehe. Cerita kaya gini cuman ada kalo kita gabung BBLOG loh. Yuk kita cobain pengalaman seru lainnya bersama BBLOG, yang merupakan anak usaha dari CyberBuzz, Inc, perusahaan No.1 di Jepang yang bidang usahanya adalah blog network & social media marketing. Nah jadi ngga ragu kan join di BBLOG. Yuk Join sekarang dan rasakan menjadi seorang influencer :D. KLIK DIBAWAH INI BUAT JOIN YAA.

berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger [2]

Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia

dan di sponsori oleh :

@princess_butik @japansoftlens @keziashop @kissindonesia @lumiere_corner @galerikuku 

0 0 vote
Article Rating