Persiapan adalah sebagian dari kesuksesan perjalanan. Dengan mempersiapkan setiap detil perlengkapan dan perjalanan yang akan kita buat, akan memudahkan saat bepergian dan tentunya menghemat waktu. Sebelum berpergian, penting untuk memeriksa segala kelengkapan.

Yang pertama tentunya dengan memiliki tiket promo dan hemat yaitu tanpa bagasi, perlu diperhitungkan isi dari tas kabin yang tidak memuat banyak. Gunakan dua buah tas, yang pertama untuk kelengkapan pakaian yang akan digunakan di Singapura dan juga tas yang akan selalu kita bawa. Tas yang kedua berisi barang-barang penting seperti paspor, dompet, pulpen (untuk mengisi form kedatangan) dan barang penting lainnya.

Hitung jumlah pakaian dan gunakan alas kaki yang nyaman. Karena di Singapura akan lebih banyak kegiatan berjalan kaki, jadi pastikan tidak membawa high heels atau sandal jepit yang mudah putus hehehe. Sebisa mungkin hanya mengisi tas kabin separuh saja, karena siapa tau banyak membeli oleh oleh yang murah meriah untuk dibawa pulang.

Apabila membawa peralatan mandi sendiri atau tidak disediakan oleh hostel, perhatikan ukuran yang akan dibawa. Shampoo, sabun cair dan pasta gigi gunakan yang travel size yaitu tidak lebih dari 100 ml. Ukuran ini sudah standar, sehingga kalau mencarinya di mini market terdekat dan mendapati ukuran terkecil itu adalah 100 ml.

singapore-433613_1280

Sama halnya dengan air mineral yang tidak diperbolehkan naik ke dalam pesawat. Setelah pemeriksaan Imigrasi, security airport akan menyita air mineral yang dibawa. Pilihannya adalah ditinggal atau diminum habis sebelum masuk ke bagian pemeriksaan. Tapi jangan khawatir, air mineral dapat dibeli di atas pesawat dengan harga mahal tentunya atau bisa di beli ke office boy yang ada di terminal tersebut hehe. Jangan ragu untuk bertanya kepada office boy karena biasanya mereka membawa banyak air mineral untuk dijual, dan tidak akan ada pemeriksaan lagi pada naik pesawat dan cara ini aman digunakan. Cara lainnya adalah dengan membawa botol minuman kosong yang dapat diisi pada saat mendarat di Singapura. Karena di depan toilet ada pengisian air minum dari keran yang aman diminum.

Untuk kelancaran komunikasi, sebelum berangkat hubungi operator telepon terlebih dahulu. Tanyakan bagaimana ketersediaan layanan selama berada di Singapura. Beberapa operator telepon memberikan promo gratis untuk blackberry messenger (BBM) dan data. Penggunaan kartu pasca bayar harus terlebih dahulu melapor ke operator karena akan ada perlakuan yang berbeda. Alternatif komunikasi bisa menggunakan layanan aplikasi gratis seperti Line, Kakaotalk, dan lainnya yang menggunakan wifi.

Jika ada rencana untuk mengunjungi Universal Studio Singapore, lebih baik membeli tiketnya terlebih dahulu sebelum berangkat ke Singapura. Ada banyak penjual di Kaskus yang melayani pembelian tiket resmi untuk masuk ke USS. Dengan membeli terlebih dahulu, kita tidak direpotkan dengan mengantri dan akan menghemat waktu.

Siapkan uang cash yang akan dibawa, tukar secukupnya di money changer yang terdapat di terminal keberangkatan. Setelah mendarat di Singapura, baru tukar seluruh uang yang akan dipakai karena nilai tukarnya akan lebih besar daripada kita menukarnya di Indonesia. Siapkan atm untk uang cadangan, dan atm dapat digunakan tentunya dengan potongan yang lumayan besar yaitu rata rata dua puluh lima ribu rupiah.