Berpergian ke Singapura sudah sangat lazim dilakukan masyarakat perkotaan di Indonesia. Dengan jarak yang dekat yang ditempuh tidak sampai dua jam dari ibukota, Singapura menjadi tujuan wisata yang paling banyak di kunjungi. Dengan harga tiket yang lebih murah karena banyaknya promosi dari maskapai, makin membuat orang Indonesia berbondong-bondong untuk melewatkan masa liburannya.

Ada banyak penerbangan murah yang disebut dengan Low Cost Carrier (LCC) yang rutin memberikan promo tiket murah ke Singapura. Dengan berbagai macam promo yang ada, sebagai budget traveler yang cerdas dapat kita manfaatkan dan memilih penerbangan yang murah dan hemat. Maskapai yang dapat digunakan untuk bepergian ke Singapura antara lain Tiger AirAir AsiaJetstar,Silkair (Selain dari Jakarta) dan Lion air.

Berikut tips rangkuman saya untuk mendapatkan tiket murah, tips ini saya kumpulkan berdasarkan pengalaman saya sebagai tiket hunter murah hehehe.

  1. Kumpulkan alamat website dari maskapai penerbangan murah. Booking sendiri melalui online akan menjadi lebih murah dibandingkan melalui travel agent. Promo tiket murah biasanya hanya berlaku apabila membeli langsung secara online. Berikut daftar maskapai murah yang memiliki penerbangan ke Singapura dengan frekuensi yang tinggi :
    1. Tiger Air : www.TigerAir.com
    2. Air Asia : www.AirAsia.com
    3. Jetstar : www.JetStar.com
    4. Lion Air : www.LionAir.co.id
  2. Daftar/subscribe informasi berlangganan melalui email yang disediakan di website maskapai penerbangan tersebut. Dengan berlangganan, kita akan mendapatkan informasi terdepan mengenai harga yang sedang promo. Pastikan email yang digunakan aktif dan dapat langsung diakses (push email) melalui smartphone.
  3. Sebagai maskapai yang memiliki layanan bagus akan memanfaatkan social media sebagai sarana komunikasi dan pelayanan pelanggan. Follow dan ikuti social media seperti facebook dan twitter untuk update promo ataupun memberikan saran dan kritik. Melalui social media, informasi terbaru atau persiapan promo selalu diinformasikan.
  4. Sebelum mengikuti promo, selalu persiapkan tanggal dan hari keberangkatan serta kepulangan. Dengan menyiapkan tanggal akan memberikan kemudahan dalam membeli tiket karena tidak menghabiskan banyak waktu dimana hanya ada waktu yang terbatas untuk membooking.
  5. Harga tiket tidak selalu sama di setiap harinya, apalagi tiket promo yang hanya berlaku pada tanggal tertentu. Usahakan bepergian di hari kerja dari pada di akhir minggu karena dapat dipastikan harga akhir minggu akan lebih mahal. Kalaupun ada harga murah di akhir minggu, jumlahnya akan sangat terbatas.
  6. Perhatikan opsi-opsi yang tertera pada saat membeli tiket. Biasanya harga promo adalah harga dasar yang tanpa PPN, tanpa Airport tax (dari Jakarta), dengan Airport tax (dari Singapura), dan biaya lain-lainnya. Pastikan tidak memilih tempat duduk, memesan makanan, dan tidak membawa bagasi untuk harga tiket yang lebih murah. Beberapa maskapai memberikan fasilitas untuk masuk terlebih dahulu dengan menambah biaya.
  7. Selain harga promo yang mereka cantumkan, harga tiket biasanya lebih murah apabila kita membeli tiket penerbangan yang paling pagi dan memilih pulang pada penerbangan terakhir. Hal ini juga akan menguntungkan karena akan membuat kita memiliki waktu lebih lama di Singapura atau sekedar berjalan-jalan di Bandara Changi yang terkenal dengan barang bebas pajaknya.
  8. Siapkan alat pembayaran seperti kartu kredit, atau segera melakukan transfer sebelum batas waktunya berakhir. Pembayaran melalui kartu kredit akan dikenakan biaya tambahan. Jadi pastikan tidak melebihi budget yang ditentukan.
  9. Untuk mencari tiket murah sebaiknya tidak menggunakan engine tiket, yaitu website yang memberikan informasi harga semua maskapai. Tidak semua harga tiket akan sama dan terkadang harga promo tidak tercantum. Jadi tetap harus mengecek satu persatu promo yang berlaku di website resmi.

Untuk harga tiket pulang pergi, normalnya adalah satu juta rupiah per orang sudah all in termasuk pajak dan biaya lainnya. Tiket termurah yang saya dapatkan adalah tujuh ratus lima puluh ribu rupiah per orang sudah all in termasuk charge yang dikenakan karena membayar melalui kartu kredit. Promo yang saya dapatkan adalah pulang gratis.