Ngga pernah terpikir perjalanan blogging saya bisa selama ini dan memberikan banyak sekali perubahan. Dari yang awalnya karena ingin menulis di blog karena bosan dan kangen curhat, lalu kemudian hidup saya 100% untuk blogging. Awalnya saya menulis blog di malam hari di sela sela kegiatan rumah tangga saya. Waktu itu saya masih di Balikpapan dan melihat kegiatan blogging kok mulai rame lagi seiring jenuhnya media sosial.

Lalu, ingin sekali bernostalgia seperti dulu. Ketemu teman-teman blogger di dunia digital, blogwalking sana sini, komen sana sini, sapa hangat walopun belum pernah bertemu. Ngga mau sekedar ngasal kaya dulu, saya niat banget langsung pake selfhosted dan memakai WordPress plus branding nama asli. Ya khan niatnya sapa tau jadi kaya Raditya Dika hahaha.

Ternyata, alhamdulillah kok jalan saya mulus banget ya. Kebiasaan saya yang ngga klo ngga bantu orang banyak memberikan rejeki untuk saya. Saya yang rajin nulis tutorial, trus suka menjawab apa saja yang orang-orang terutama perempuan yang sedang kesusahan soal teknis, saya bantu dengan senang hati. Rasanya kalau bisa menyelesaikan masalah orang lain kok adrenalin saya meningkat hahaha.

Fun lainnya saat ngeblog adalah banyak ketemu teman-teman blogging yang super duper baik dan care. Apalagi semenjak pindah ke Jakarta, kok karir perbloggingan saya makin menyenangkan. Akhirnya setelah 2 tahun part time blogging, saya memberanikan diri untuk full time. Serunya, saya bahkan berkeliling 5 kota dengan 12 kali workshop bareng Mba Ani Berta dan Mba Haya. Well, itu pengalaman tidak akan terlupakan. Ketemu banyak blogger dengan passion yang sama dan berangkat dari hobi yang sejatinya sangat bisa dijadikan penghasilan.

shintaries

Mulai dari itu, saya melihat bahwa blogging ini ngga sekedar nulis aja loh. Ada banyak sekali potensi perempuan dan teknologi yang bisa kita gali dan manfaatkan secara maksimal. Ditambah lagi era marketing digital makin meroket saat ini. Jadilah saat bertemu Mba Rora dan Almazia yang sama sama punya jiwa freelancer, kita memberanikan diri membangun sebuah komunitas bernama Blogger Perempuan. Tanpa membeda-bedakan platform, asal kota, status sosial, bahkan level keahlian di blogging. Kami ingin sekali bisa merangkul semuanya.

Kemudian bola panas blogging makin bergulir, ternyata oh ternyata sistem monetize yang kami bangun dari awal bisa berjalan melebihi ekspektasi. Hanya dengan blogging dan memaksimalkan kekuatan komunitas, lahirlah sebuah Agensi Blogger yang tentunya memihak kepada blogger dan komunitas di BP Network.

Well, perjalanan panjang blogging saya semenjak 2012 sama sekali tidak saya kira akan menjadi seperti ini. Bahkan mungkin ini adalah awalnya, masih banyak hal-hal yang ingin saya lakukan tentang blogging. Tidak hanya soal menulis saja tapi inginnya mampu mengubah dunia dan pandangan soal blogging dan blogger.

Ah ini mimpi kali ya, tapi karena inilah saya menulis blog. Karena blogging dapat mewujudkan mimpi-mimpi yang kita inginkan 🙂

0 0 vote
Article Rating