Tahun lalu, sewaktu mendapatkan THR saya iseng beli emas di Bukalapak. Namanya waktu itu Bukaemas dan baru aja dilaunching sampe-sampe ngga ada di apps. Saya ini tipe yang konvensional banget aslinya. Jadi memang ngga bisa merasa secure dengan hal yang berbau digital apalagi dibuat nyimpen uang/emas yang banyak. Lebih worry lagi yang ngga pake buku/catatan dan hanya bisa diakses melalui apps. Duh ketar ketir sangat. Jadilah hanya beli 2 gram saja sekitar 1jt-an.

Nah, karena jumlah uang buat beli emas itu ngga terlalu besar, saya biarkan saja bahkan hampir lupa! wkwkwk. Lalu, setelah setahun, saya baru inget kalo ada simpanan di situ. Eh pas saya cek lagi harganya, ternyata sudah naik loh. Trus jual deh emasnya dan dapat keuntungan yang emang ngga tinggi tapi lumayan hahaha. Uang THR tahun lalu itu ternyata bisa berkembang biak dan kepake di tahun ini.

Padahal kalo lagi lebaran gini, THR itu beneran berguna banget. Ya gimana yah, mulai dari ongkos pulang kampung, belanja baju lebaran, THR si mbak, bagi-bagi angpao, sampe jalan-jalan sehabis lebaran. Jadinya susah banget mengkondisikan uang THR untuk ditabung atau dibelanjakan untuk keperluan lebaran.

Tiap tahun, begini aja rutenya. Nabung atau nyimpen ngga seberapa, lalu habis untuk keperluan yang rentang waktunya ngga sampe sebulan hahaha. Apalagi sekarang itu, liburan cuti bersama malah nambah waktunya. Total hari kerja dalam sebulan cuma 14 hari aja. Duh saya makin ketar ketir karena pasti biaya makin membengkak karena praktis isinya bakal diisi sama jajan dan jalan wkwkwk.

Oia cara lain buat saya nyimpen uang THR adalah dengan beli emas yang beneran, yang bisa dipegang, diraba, dan diterawang. Maksudnya emas perhiasan, bukan yang batangan. Saya suka sekali mampir ke Toko Emas Ibukota di Semarang dan beli koleksi emas Dubai (90% atau 23 karat). Koleksinya lucu-lucu dan enaknya bisa bebas tukar tambah buat ganti model.

Nah, tiap tahun pas saya pulang kampung dan bawa uang THR, disitu jugalah saya menghabiskannya wkwkwk. Walaupun saya tau, nilai emas perhiasan ini akan naik kalau disimpan paling tidak selama 10 tahunan. Tapi yah, ngga papa yah nyimpen emas daripada habis untuk beli baju lebaran yang harusnya ngga beli juga tak apa apa.

Soal uang THR ini emang bikin dilema ya. Mumpung duit banyak, biasanya pengen beli wishlist ini itu. Tapi sayang karena dananya bisa buat ditabung dan digunakan untuk hal yang manfaat. Apalagi kalo dihabisin, duh lebaran ntar malah jadi merana deh kaya si Sitkom Web Series-nya Keluarga Surya. Eh ngomong-ngomong sitkomnya, jadi pas lagi nunggu subuhan dan ngubek-ngubek Youtube, nemu akunnya @sunlife_id yang upload web series ceritanya Keluarga Surya. Itu related banget sama momen THR-an kaya gini.

Ceritanya lucu dan kayaknya buat sebagian blogger kaya Ibu Mentari dan orang-orang, punya masalah keuangan yang sama pas lagi musim THR gini. Episode 1 nya baru tayang kemarin tanggal 24 Mei 2018 dan rencananya total akan ada 7 episode. Tonton deh episode pertamanya yang lucu. Ngga hanya temanya yang emang lagi hype tapi kualitas videonya juga oke nih.

Gimana, seru ngga? Lucuuu. Saya paling demen si Ibu Mentari yang kalo ngga update blog, pembacanya bakal kehilangan pegangan hidup wkwkwk. Tapi gemes juga sama si ibu yang ngga bisa ngatur pengeluaran sampe akhirnya pas lebaran kok malah ngenes. Duh, amit-amit dah ya. Makanya penasaran banget nih pengen tau lanjutannya. Cuss subscribe aja di Youtube channelnya Sunlife di sini.

Kalo duit THR udah cair, supaya ngga zonk kaya Keluarga Surga gitu, saran saya atur pengeluaran sebaik-baiknya. Biasanya ada porsinya untuk tetap bisa bertahan walaupun belum gajian setelah lebaran hahaha. Kalau saya, kaya yang udah saya ceritain ngalor ngidul. Alokasi awal nabung/simpan uang untuk saving tahun depan, kemudian ada beli emas perhiasan yang sifatnya mudah dicairkan, lalu ada anggaran pulang kampung, beli baju lebaran, ngasih sodara angpao, jalan-jalan, jajan, sampai mikirin setelah lebaran yang kadang belum gajian.

Yah paling tidak, dengan skema kaya gitu, uang THR ngga ludes-ludes amat kan. Tetap ada anggaran simpanan cadangan dan sapa tau malah bisa berkembang biak hehehe. Kalau pada THR-an gini, pada numpang lewat aja kaya Keluarga Surya apa bersisa nih? Jangan sampe yah pas lebaran menunya nasi goreng wkwkwkwk.

0 0 vote
Article Rating