Berapa banyak diantara kita yang memiliki keluhan dasar seperti sakit kepala, perut kembung, kaki bengkak, dan gejala ringan lainnya. Tidak pelak, hal tersebut kadang membuat kita malas konsultasi ke dokter. Sudah antri lama, bayarnya lumayan mahal, banyak waktu dan tenaga hanya untuk sebuah jawaban masalah kesehatan. Nah, saya baru tau untuk konsultasi kesehatan sekarang ada yang lebih mudah. Yaitu melalui portal layanan kesehatan di www.udoctor.co.id.

Cek Gejala Penyakit

Tanpa sengaja saya mampir ke situs kesehatan itu untuk mencari gejala penyakit yang saya alami. Yaitu sakit kepala setelah lama membaca atau bekerja di depan komputer. Yang ternyata dari analisa cek gejala penyakit yang ada di uDoctor, saya mengalami peregangan otot di leher atau tegang akibat konsentrasi. Wuih canggih juga ya, karena memang saya menghabiskan banyak waktu di komputer karena memang perkerjaan banget ya. Kadang leher terasa sangat tegang dan tidak jarang saya melakukan peregangan dengan menggelengkan kepala ke kanan dan ke kiri saat sudah merasa kaku.

Pertanyaan yang mudah seperti ini nih, yang kadang membuat saya malas konsultasi kesehatan ke dokter karena faktor waktu dan tenaga. Dan semenjak tau ada situs uDoctor, saya jadi sering menyambangi situs tersebut untuk mengetahui tips dan artikel menarik seputar kesehatan. Pada saat mengunjungi situs tersebut, saya selalu penasaran dengan kotak chat yang selalu muncul setiap kali membuka halaman. Ternyata itu adalah kotak untuk mengobrol langsung dengan dokter yang sedang siap sedia alias sedang online. Wow, ngga perlu register tapi bisa konsul langsung nih. Dokternya hanya tersedia di jam tertentu saja yaitu pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB, selain di jam tersebut kita bisa meninggalkan pesan dan akan dijawab oleh dokternya di jam aktifnya.

Layanan Kesehatan secara Online

Karena pelayanan gratisnya yang sudah cukup lumayan, saya akhirnya memutuskan untuk menjadi membernya. Mumpung gratis qiqiqi. Dan ternyata kalau menjadi membernya bisa konsultasi dokter ngga hanya dengan chatting saja, bisa juga dengan Voice Call dan Video Call, asyik banget nih. Saya perhatikan lebih dalam lagi, banyak fitur menarik yang bisa saya manfaatkan untuk mendapatkan informasi kesehatan yang bagus. Antara lain cek gejala penyakit, tips hidup sehat, membuat janji dengan dokter praktek, dan juga yang menarik adalah sharing pengalaman antara pengguna udoctor.

udoctor1

Eh ternyata ada temen blogger juga yang namanya mba Moocen Susan. Mba Susan ini memanfaatkan layanan dari konsultasi dokter di udoctor. Beberapa kali beliau bertanya masalah kesehatan yang kerap dialami. Salah satunya adalah sakit kepala saat menggunakan Android. Dan pertanyaan ini sukses dijawab dokter dengan cepat dan baik. Memang penggunaan smartphone menurut penelitian akan memberikan dampak buruk kesehatan karena terdapat radiasi yang cukup tinggi dan dr. Adibah menyarankan mba Susan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Mba Susan juga rajin memposting tips kesehatan. Dan karena blio punya pengalaman terhadap penyakit GERD, mba Susan memberikan tips seputar kesembuhan GERD ini. Wah berguna banget ini, jarang-jarang bisa menemukan tips dari orang yang sudah mengalaminya langsung. Dan tidak hanya mba Susan saja, ternyata sudah banyak yang tergabung dalam udoctor untuk saling berbagi pengalaman selain konsultasi ke dokter.

Artikel Kesehatan

Dibandingkan membaca artikel kesehatan dari situs berita, saya sepertinya lebih suka membaca artikel kesehatan di situs udoctor ini. Karena artikel ini dibuat langsung oleh dokter dan tenaga medis yang memang sudah berpengalaman. Artikelnya sangat mendalam dan sangat spesifik di bagian tubuh yang sering dirasakan keluhan. Bahkan bisa di download untuk dijadikan panduan dan referensi. Artikel yang bentuk pdf ini bisa disimpan di dalam tablet atau smartphone sehingga bisa dibaca dimana saja dan kapan saja.

Bahkan untuk ibu seperti saya yang kadang suka risau dengan anak yang sakit, bisa juga mendapatkan info penting tentang kesehatan anak. Seperti misalnya artikel mengenai demam dan ruam serta bagaimana cara mengatasinya. Saya menyimpan informasi di artikel tersebut dalam bentuk pdf. Sehingga kalau perlu cukup membaca lagi dan tidak perlu repot mencari dengan cara googling.

Tidak hanya tentang penyakit, berbagai tips gaya hidup sehat juga ada. Ditambah lagi ada tips dalam kondisi darurat dan beberapa artikel penting mengenai pola hidup sehat serta pola olahraga. Penting banget ini untuk kesehatan kita. Apalagi jaman sekarang, rasanya susah mendapatkan makanan sehat dan kurangnya waktu berolahraga.

Benefit Member

Menjadi member udoctor, tidak hanya sebatas konsultasi saja yang didapatkan. Tetapi juga ada reward yang bisa kita dapatkan yaitu berupa poin yang bisa ditukar menjadi hadiah. Ih, asik banget kan. Udah daftarnya gratis, aktif jadi member juga mendapat poin plus dapat hadiah lagi qiqiqi. Caranya ternyata mudah sekali, cukup setiap hari login dan berinteraksi dengan semua member yang ada, bahkan sampai komentar saja dapat poin.

Mumpung momennya hari ini adalah Hari Kesehatan Nasional, yuk kita mulai peduli terhadap kesehatan kita sendiri dengan mengenali keluhan yang di rasa di badan dan dikonsultasikan di udoctor untuk informasi lebih lanjut. Kalau bukan sekarang kapan lagi, kan lebih baik mencegah daripada mengobati 🙂

Data Situs 

www.uDoctor.co.id

https://twitter.com/UdoctorID

https://www.facebook.com/UdoctorIndonesia

0 0 vote
Article Rating