Siapa yang suka makan malam di luar alias di restoran? Saya kayaknya ngacung ini >.<. Makan di restoran sudah menjadi kebiasaan yang selalu ada kan ya. Mulai dari perayaan ulang tahun, kumpul keluarga, atau karena malas masak. Dan ternyata, faktanya adalah sekitar 44% orang Indonesia dalam satu minggu bisa sampai 3x makan di restoran loh. Cukup besar ya angkanya dan berpengaruh banyak terhadap kesehatan. Kenapa?

Ternyata pada saat kita makan diluar restoran, ada hal-hal yang mempengaruhi kesehatan kita secara langsung. Menurut studi, makan di luar rumah itu ternyata akan meningkatkan total asupan kalori dari yang seharusnya kita konsumsi. Kemudian kalau merasa badan gemuk terus ngga turun-turun, bisa jadi karena sering makan di restoran karena memang berhubungan dengan peningkatan berat badan, BMI, dan persen lemak tubuh. Dan tentunya konsumsi gula, garam, dan lemak menjadi jauh lebih meningkat dari pada kita membuat masakannya sendiri. Padahal syarat masakan sehat adalah makanan yang mengandung gula, garam, lemak yang cukup.

Berapakah Takaran Gula, Garam, dan Lemak?

Untuk kadar harian, penggunaan gula, garam, dan lemak harus memenuhi takaran maksimal yang dianjurkan. Batasan maksimal penggunaan gula, garam, dan lemak itu ternyata sedikit sekali loh. Untuk gula, hanya sebanyak 4 sendok makan saja dalam sehari. Sedangkan garam, hanya 1 sendok teh saja loh. Apalagi lemak, yang ternyata takaran maksimalnya hanya 5 sendok makan. Duh, pantes ya saya gemukan dan punya beberapa masalah kesehatan >.<.

Tanpa saya disadari, banyak jenis masakan salah kaprah yang sering saya makan. Misalnya, saya cenderung memilih tempe bacem dari pada tempe goreng. Menurut saya sih lebih aman karena dikukus kan, dan ternyata itu salah. Karena dalam kandungan tempe bacem tersebut terdapat garam dan gula yang cukup tinggi. Gula dan garam tersebut didapat dari gula merah dan juga kecap manis yang biasanya digunakan berkisar antara 2-5 sendok makan.

bloggerbrunchKesalahan lainnya adalah sering memilih makan mie instant rebus dari pada mie instant goreng. Padahal ya sama aja kadar lemaknya banyak hahaha. Tapi ternyata mie instant goreng lebih banyak mengandung kalori, gula, dan karbohidrat. Duh kalau ternyata ada batasan begini, kudu pinter-pinter masak dan memvariasikan makanan. Nah kalau kata mas Fendy Susanto Nutrition Manager Tropicana Slim, di acara Blogger Brunch hari Sabtu tanggal 16 April lalu di Nutrifood Inspiring Center, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengkombinasikan rasa dan mengurangi takaran gula, garam, dan lemak.

Cara mudah untuk membatasi penggunaan garam adalah dengan menggunakan rempah-rempah, bawang putih, dan jamur-jamuran. Cara lainnya untuk mengurangi lemak adalah dengan memvariasikan cara memasak. Bisa dengan dipanggang, dikukus, direbus, dibakar. Seperti contohnya sebuah ayam, yang diberi tepung crispy itu kalori dan lemaknya akan cukup tinggi (sekitar 460 kalori dan 28 gram lemak), tapi apabila memasaknya dengan cara digoreng biasa, maka kadar kalori dan lemak akan turun (380 kalori dan 19 gram lemak). Lebih kecil lagi kalori dan lemak apabila dimasaknya dengan dibakar, dan direbus/dikukus.

Selain cara tersebut di atas, kita juga harus memperhatikan sumber lemak yang kita makan. Ada lemak baik dan lemak jahat yang akan memberikan efek positif dan negatif pada kesehatan kardiovaskular. Untuk pilih makanan yang sehat, ada baiknya memilih juga jenis karbohidrat yang tinggi serat. Seperti misalnya memilih nasi merah dibandingkan dengan nasi putih atau roti gandum dari pada roti tawar biasa.

Memilih Bahan Makanan Sehat

bloggerbrunch1Pilihan untuk hidup sehat, memang ada di tangan kita sendiri. Dengan adanya pilihan jenis makanan, kita bisa mulai dengan memilih bahan yang memang baik untuk kesehatan terutama keluarga. Apalagi semakin kesini saya semakin gendut merasa kurang nyaman di badan. Dan pilihan saya tentunya juga akan berdampak pada kesehatan keluarga kan. Jadi penting untuk ibu-ibu macam saya memilih bahan makanan yang sehat.

Nah, Tropicana Slim sendiri yang biasa kita kenal dengan gula dengan kadar kalori yang rendah, juga memiliki produk yang kadar gula, garam, dan lemaknya yang rendah. Seperti yang dijelaskan oleh Ibu Noviana Halim Brand Manager Tropicana Slim, bahwa produk Tropicana Slim terutama bahan pelengkap, sangat mementingkan kandungan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Mulai dari minyak jagung, minyak canola, beras merah organik, kecap asin dan manis, dan juga mi instant. Lengkap yaa buat makanan sehari-hari. Sepertinya saya akan beralih menggunakan bahan makanan yang lebih sehat ini demi kesehatan.

Minyak jagung dan canola ini sendiri merupakan minyak alternatif untuk memasak makanan yang lebih sehat. Karena memiliki kelebihan rendah lemak jenuh, terdapat omega 3, menjaga kadar kolesterol, dan baik untuk jantung. Sedangkan beras merah Tropicana Slim ini lebih pulen dan enak dibandingkan dengan beras merah yang beredar. Karena organik, tinggi serat, rendah indeks glikemiknya, dan juga kaya vitamin. Kecap manis dan asin Tropicana Slim juga sehat karena bebas gula dan rendah garam. Nah, untuk pecinta mi instan seperti saya uhuk, bisa cobain mi instan Tropicana Slim yang rendah lemak, rendah kalori, dan rendah garam. Cocok banget buat yang lagi diet hahaha.

brunch3

Sayangnya, kita yang sudah terbiasa memakan makanan yang manis, asin, dan enak di lidah kadang susah menyesuaikan. Apalagi untuk anak-anak yah. Makanya untuk membantu menggugah selera, para blogger yang hadir pada acara Blogger Brunch kemarin sabtu itu, diajari bagaimana cara plating makanan oleh mba Vania Samperuru. Beliau seorang blogger juga loh dan sehari-hari bekerja sebagai Food Photographer & Food Stylist.

Trik The Art of Plating

bloggerbrunch3

Kita bisa melakukan beberapa trik untuk membuat makanan lebih berselera dan cantik tampilannya. Mulai dari memilih bahan makanan yang sehat, kemudian menggunakan piring-piring lucu, peralatan bento yang khas, menambahkan garnish, sampai bermain dengan sausnya. Ngga cuma hanya teori, 15 blogger kece yang perempuan semua ini langsung dibagi berkelompok untuk langsung praktek.

bloggerbrunch2

Untuk menghasilkan makanan yang seimbang nutrisi dan kalori, penting buat ibu untuk memakai bahan makanan yang sehat. Yang pertama tentunya sayuran yang harus ada di setiap masakan. Kemudian, gunakan bahan makanan seperti Tropicana Slim untuk membiasakan hidup sehat dan sedikit kreativitas menata makanan, agar masakan yang sudah disiapkan bisa menambah nafsu makan.

Penggunaan tools seperti pencetak makanan juga diperlukan. Anak-anak akan lebih suka memakan makanan yang menurutnya lucu untuk dimakan. Penataan dirapikan agar terlihat seperti memakan makanan restoran. Seperti saus yang dimodifikasi misalnya juga bisa diaplikasikan pada makanan. Tambahkan juga garnish seperti daun mint yang mempercantik makanan. Kecil tapi menambah estetika yang bikin menarik. Tidak lupa, sesuaikan porsi makanannya. Apabila untuk anak-anak, maka jumlahnya jangan terlalu banyak. Nah, ini dia hasil kreasi dari para blogger sesuai tips dari mba Vania:

Dan hasil yang paling menarik dan sesuai dengan kombinasi nutrisinya adalah yang ini:

bruch4

Lucu ya, jadi pengen makan hehehe. Nah seru banget ya acara blogger brunchnya. Mulai dari informasi nutrisi, pilihan jenis makanan sehat, sampai bagaimana mengatur tampilan makanan yang ngga hanya sehat tapi enak dipandang mata. Bermanfaat banget dan membuka mata arti pentingnya hidup sehat. Tidak hanya karena keterpaksaan tapi memang sebuah pilihan untuk kesehatan keluarga yang lebih baik 🙂

blogger-brunch

0 0 vote
Article Rating