Masih banyak anggapan bahwa penggunaan bra berkawat ini bisa menjadi penyebab kanker payudara. Padahal, menurut jurnal penelitian tentang Cancer & Epidemiology Biomarkers & Prevention di tahun 2014, ngga ada loh hubungannya antara kanker payudara dan bra berkawat. Mitos banget itu ladies.

Nah, kenapa sih saya ujug-ujug bahas kanker payudara dan bra? Karena bulan Oktober ini diperingati sebagai bulan peduli kanker payudara sedunia. Kenapa saya ikutan peduli? Jelas karena saya adalah perempuan dan juga blogger. Saya sendiri juga rentan terkena kanker payudara dan sebagai blogger, saya punya rasa tanggung jawab untuk menyebarkan informasi terkait pemeriksaan dini kanker payudara.

Pertanyaannya lagi, kenapa peduli dan kenapa harus menyebarkan informasi tentang ini? Faktanya, masih banyak perempuan yang belum memahami tentang SADARI, yaitu pemeriksaan payudara sendiri.

Kenapa ini penting? Dengan banyak membaca dan mendapatkan informasi menyeluruh untuk pemeriksaan payudara sendiri ini, dapat menurunkan angka kematian akibat kanker payudara loh. Jadi sederhananya begini, masih banyak perempuan yang kurang paham bahwa dia sedang mengalami gejala kanker payudara. Begitu tau, ternyata sudah memasuki stadium tinggi dan menjadi susah untuk diobati.

Padahal, kalau bisa mendeteksi sedari awal, maka kesempatan sembuh akan jauh lebih besar. Oleh karenanya, kepedulian saya sebagai blogger adalah dengan memanfaatkan media blog ini sebagai sarana informasi deteksi dini kanker payudara.

Nah, gimana sih caranya mendeteksi kanker payudara ini? Jika pada saat kondisi normal alias tidak sedang dalam keadaan menstruasi lalu merasa payudara sakit atau ada benjolan, bisa melakukan SADARI di rumah setelah mandi.

Cara SADARI ini membantu kita untuk memahami apakah ada benjolan di sekitar payudara dan puting. Terutama jika merasa sakit dan ada gejala tidak biasa di sekitar payudara. Cara merabanya juga mudah, hanya dilakukan dua kali saat berdiri/di pancuran mandi dan juga saat rebahan. Ini membantu kita merasakan lebih jelas jika memang ada benjolan di sekitar payudara. Jika memang ada benjolan, langkah selanjutnya adalah dengan konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Akan sangat membantu pengobatan jika kanker payudara ini dideteksi secara cepat, karena apabila sudah mencapai stadium tinggi, maka tingkat kesembuhan akan menjadi rendah. Oleh karenanya, jangan ragu ya untuk melakukan SADARI ini jika sudah merasa tidak nyaman pada bagian payudaranya.

Kembali lagi dengan bra, tau brand Wacoal yang sudah sangat expert di bidang bra khan? Nah, Wacoal juga mendukung Bulan Kanker Payudara dengan menyediakan kotak donasi yang akan disumbangkan untuk membantu para penderita kanker payudara loh. Jangan lupa untuk visit store Wacoal dan kita juga bisa ikutan berdonasi ^^.

Breast Cancer Blogger Perempuan Movement, in Collaboration with Wacoal

0 0 vote
Article Rating