dokter-sehat

Sudah lama sebetulnya punya keinginan donor darah, tapi sampai sekarang belum kesampaian hahaha. Parah sih, karena orang-orang udah pada donor darah berkali-kali, saya satu aja belum pernah. Rencananya sih mau ikutan donor darah dan sudah semangat 45 mau ikutan beramal darah di acara Dokter Sehat #AksiSehatCeria tanggal 15 September 2018 di Ciputra Medical Center Lotte Avenue Kuningan Jakarta Selatan bersama Indodax.

Pak Indra Darmawan (CEO DokterSehat)

Tapi ternyata lagi-lagi gagal, hiksss. Apa daya, dua hari sebelumnya saya sepertinya kecapekan dan cuaca bener-bener lagi panas. Jadilah flu berat dan pusing melanda, lalu mau ngga mau minum obat. Tadinya berpikir kalau paling tidak selama 24 ngga ada obat masuk, eh ternyata harusnya adalah 48 jam. Kata dokter yang melakukan pemeriksaan, takutnya obat tersebut akan memengaruhi penerima donor. Entah bisa alergi atau menimbulkan efek samping lain.

Selain tidak boleh minum obat selama 48 jam terakhir, syarat lainnya untuk donor darah adalah punya berat badan minimal 45 kg. Nah dulu itu saya juga ngga bisa donor karena berat dibawah minimal *uhukk beneran dulu kuyuss banget hahaha. Lalu untuk perempuan, pastikan tidak sedang menstruasi ya. Oia sebelum donor, kita akan mengisi form dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Pastikan menjawab dengan jujur ya, karena memang pertanyaannya sensitive tapi penting banget.

Donor Darah Itu Penting

Kenapa sih donor darah ini penting dan disarankan semua orang mendonorkan darahnya? Karena menurut data, darah yang ada sekarang ini masih sangat kurang. Dibutuhkan 500rb kantong darah tiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan darah. Tahu khan rasanya kalau cari darah tapi ngga ada, hikss. Makanya perlu banget kita-kita punya kesadaran untuk mendonorkan darah.

Kesusahan mencari darah saat sedang sakit ini juga dialami oleh mba Valencia Mieke Randa yang pada akhirnya mendirikan Blood4Life. Seperti yang diceritakan oleh Mas Faisal Nur Hidayat dari bagian edukasi, Blood4Life memiliki misi untuk membantu pasien yang membutuhkan darah dengan cara menyebarkan informasi seluas-luasnya bagi para pendonor.

Nah dulu itu awalnya adalah sebuah milis yang berisi 44 teman mba Valencia dan siap untuk mendonorkan darah apabila ada yang membutuhkan, tapi sekarang jadinya lebih mudah. Sudah ada IGD Maya 24 jam yang siap menyebarkan informasi buat para pendonor melalui telepon di 087875195599. Cek juga di Twitternya @Blood4Life yaa untuk informasi tentang kebutuhan darah. Namun tentunya harus diverifikasi dulu kebutuhan darahnya. Takutnya, yang butuh sudah ada yang mendapatkan darah atau malah sudah meninggal, hiksss.

Makanya di kesempatan #AksiSehatCeria ini, Blood4Life bener bener memberikan edukasi akan pentingnya donor darah dan bagaimana kita bisa menolong sesama hanya dengan menyumbangkan darah. Ssst 1 kantong ternyata bisa untuk 3 orang loh. Ngga hanya kita bisa membantu sesama tapi donor darah ini juga membawa manfaat untuk kita sendiri.

Apa aja sih manfaat dari donor darah? Mulai dari menyehatkan jantung, meningkatkan sel darah merah, bisa mendeteksi penyakit, pemeriksaan kesehatan, mengurangi zat besi dalam darah, merawat organ hati, menurunkan risiko kanker, sampai menurunkan berat badan.

Sekali donor darah ini katanya bisa membakar kalori sampai 650 loh. Nah berarti yang bilang donor darah bikin gemuk sebetulnya mitos ya hehehe. Kalau gemuk setelah donor, wah berarti ada yang salah dengan pola makannya seperti yang dijelaskan oleh dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK mengenai hidup sehat.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Kunci menurunkan badan itu yang terpenting, asupan kalori harian tidak melebihi Angka Kecukupan Gizi. Untuk perempuan cukup dengan 2100 kkal dan laki-laki 2500 kkal, kalo lebih ya wassalam deh. Apalagi kalau tidak pernah olahraga. Padahal diwajibkan berolahraga minimal 30 menit aja loh tiap harinya. Entah membiasakan jalan kaki atau memang menyempatkan lari kecil rutin setiap harinya.

Lalu untuk makanan, saran dr. Christopher Andrian adalah lebih baik memakan makanan yang dikukus, rebus, pepes, kuah, dan juga tumis. Makanan yang digoreng cenderung mengandung lemak lebih banyak dan kalorinya juga berkali-kali lipat loh. Jangan lupa juga untuk selalu makan 5-6x dalam sehari, yaitu 3x makan besar dan 2-3x snack supaya tidak kelaparan. Khan biasanya malah cemil dibanyakin tapi makan besarnya malah sekali, nah itu tidak baik juga loh wekekek.

Kebiasaan makan yang tidak sesuai anjuran, biasanya malah akan mengancam kesehatan kita nih. Jadi wajib banget apalagi usia saya gini hahaha memang sudah seharusnya menerapkan pola hidup sehat. Ya well, paling tidak saya mulai mengurangi karbo lalu rajin berenang dan lari kok tiap minggunya hehehe.

Nah kalau punya pengalaman pribadi soal pola hidup sehat dan punya tips jitu supaya sukses melakukan pola hidup sehat, yuk ikutan lomba blog #AksiSehatCeria. Hadiahnya lumayan banget loh dan caranya gampang. Ada uang tunai total Rp3.500.000 untuk 3 pemenang terbaik dan juga voucher Rp200.000 untuk 10 penulis terpilih. Cek yaa caranya di https://doktersehat.com/blogsehatceria.

#AksiSehatCeria Didukung Oleh Indodax dan Ciputra Medical Center

Eniwei, sudah ada yang tau apa itu Indodax? Indodax adalah platform tempat bertemunya penjual dan pembeli Aset Digital nih seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan lain sebagainya. Digital Asset bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin. Dengan menggunakan Indodax, lebih cepat dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset karena sistemnya mudah.

Nah acara #AksiSehatCeria ini menjadi salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Indodax bersama Dokter Sehat dalam rangka memperingati Hari PMI serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat serta berbagi untuk kemanusiaan.

Oia kemarin juga diajak tour keliling Ciputra Medical Center Lotte Avenue loh. Tempatnya nyaman banget karena ternyata itu adalah klinik yang cukup lengkap. Mulai dari anak-anak, laki-laki dewasa, sampai perawatan kulit. Yang menarik dan hanya satu-satunya ada di Indonesia adalah fasilitas Mind & Behaviour Clinic, yaitu layanan dokter psikiatri & psikolog yang menyediakan terapi untuk hal yang berkaitan dengan pikiran/jiwa (mind) dan perilaku (behaviour).

Layanan Akupunturnya juga salah satu yang terbaik. Jadi kalau misalnya kita ngga mau minum obat terlalu banyak atau mungkin bahkan alergi, bisa menggunakan terapi akupuntur nih sebagai alternatifnya. Apalagi ternyata teknik akupuntur yang digunakan berasal dari Jepang yang tidak terlalu sakit apabila ditusuk jarum.

Lalu yang paling seru juga, ada layanan khusus buat kaum Adam hihihi. Jadi memang ngga melulu soal kesehatan reproduksi tapi segala hal yang menyangkut berbagai macam keluhan yang dialami oleh para lelaki. Layanan lainnya yang penting buat dicatat adalah kalau mau menghapus tato, yang menggunakan laser dan bisa menghapus lebih banyak warna. Wah lengkap ya. Cuss aja kalau mau berobat jalan bisa ke Lantai 5 Lotte Avenue yaa.

Dokter Sehat

Web: Doktersehat.com

FB: https://www.facebook.com/DokterSehatcom

IG: https://www.instagram.com/doktersehatcom/

Tw: https://twitter.com/DokterSehatcom