cara-membuat-visa-india

Kayaknya bahasan saya ngga lepas dari visa mulu wkwkwk. Postingan paling populer di blog ini juga tentang visa. Jadinya ya ngga papa kan bahas lagi. Kali ini yang mau saya bahas adalah Cara Membuat Visa India. Cara bikinnya gampang banget, kaya kita beli tiket online tapi ngga perlu keluar uang.

Iyes, Visa India gratis! Khusus orang Indonesia, semenjak bulan Juni 2018, kita bebas masuk ke sana. Ceritanya karena India akan berulang tahun ke 75 di tahun 2022. Mereka ingin mempopulerkan “New India” yang sedang dikonsep dan mengundang orang Indonesia untuk melihat perkembangannya.

Nah buat apply visanya sangat-sangat mudah. Prosesnya di saya memakan waktu 1 hari sahaja dan bebas mau apply hari apa karena weekend pun dia terima dan diapprove di hari berikutnya ngga lihat hari kerja. Sayangnya ini ngga berlaku untuk paspor dinas ya dan hanya untuk tourist, medical, business.

Dokumen yang disiapkan cukup 2, yaitu:

  1. Scan halaman depan paspor yang ada data lengkap dalam bentuk PDF, pastikan jelas dengan resolusi 300 dpi
  2. Photo digital ukuran 4×6 dengan latar belakang putih tapi kemarin saya upload yang latar belakang biru juga diterima. Yang penting, wajah terlihat jelas dan ngga harus terbaru. Eniwei saya upload photo saya di tahun 2005 hahaha
  3. Alamat dan kontak nomor telepon selama di India. Nah ini setelah saya baca-baca bisa alamat hotel yang sudah kita booking. Kalau belum ada kaya saya, cukup googling aja hotel random wkwkwk. Jadi ambil alamat hotel dan nomor teleponnya. 

Cukup dua itu aja kok yang disiapkan. Lalu cara applynya gimana?

  1. Langsung aja daftar di: https://indianvisaonline.gov.in/evisa/Registration
  2. Isi data lengkap sesuai yang diminta, jangan sampai salah. Pastikan datang kedatangan sama dengan yang tiket pesawat. Oia ini apply visanya kalau memang sudah pasti berangkat ya. Jadi memang sudah harus pegang tiket PP
  3. Udah gitu aja hahaha

Kalau sudah diisi, maksimal 48 jam akan diemail status dan approval visanya. Nanti tinggal konfirmasi dengan mengisi status di https://indianvisaonline.gov.in/evisa/StatusEnquiry. Masukkan semua datanya (nomor aplikasi dan nomor paspor) lalu setelah itu akan keluar PDF visa-nya. Wajib banget di print karena akan ditunjukkan di petugas Imigrasi. Yeaayy!