Now Reading
Bikin Visa Korea Multiple, Gampang Banget!

Bikin Visa Korea Multiple, Gampang Banget!

Tadinya ngga mikir mau ke Korea lagi setelah 2x di 3 tahun yang lalu. Malah kepikirannya cuma mau balik ke India atau malah ke Eropa sekalian. Tapi gara-gara adek dan adek ipar yang pengen ke Korea, akhirnya ya sudah lah ya, pengen juga merasakan Autumn di sana setelah khatam -15 derajat di musim dingin Korea.

Setelah melalui pertimbangan paspor yang baru perpanjang, udah pernah ke Korea sebelumnya, dan biaya yang ternyata lebih murah, akhirnya diputuskan untuk apply Visa Korea Multiple gitu. Konon kabarnya jadi lebih mudah dan prosesnya ngga lama. Untungnya, sekarang urus Visa Korea bisa di KVAC (Korean Visa Application Centre) yang ada di Lotte lantai 5. Emang sih lebih deket ama kantor dan lebih nyaman, tapi malah nambah biaya administrasi yang mayan hahaha. Jadi total harga resmi masih ditambah biaya administrasi.

Source: http://www.visaforkorea-in.com/Ba/sub4.aspx

Daripada nanggung bayar Rp772.000 untuk single visa, akhirnya mikir untuk sekalian bayar Rp1.492.000 untuk multiple selama 5 tahun. Mayan kan kalo tiba-tiba ada yang ngajakin ke Korea gratis, langsung cusss hehehe. Sapa tau yang baca, bisa bagi-bagi rejekinya nih ke saya wkwkwk *ngarep.

Syarat Visa Multiple Korea

Persyaratan untuk multiple ini memang lebih mudah dibandingkan yang single. Syarat utamanya adalah sudah pernah ke Korea minimal sekali atau masih memiliki visa negara OECD (termasuk Visa Australia) yang berlaku. Untuk detailnya, saat mengajukan Visa Multiple Korea, siapkan hal berikut secara berurutan dokumennya:

  1. Aplikasi visa yang harus diisi lengkap. Ini bisa di-download di sini. Pastikan photonya berlatar belakang putih ya, karena sekarang ternyata udah ngga bisa lagi nih warna warni. Oia, aplikasi ini harus diisi di rumah ya buat menghemat waktu saat pengajuan.
  2. Paspor Asli beserta photocopy semua laman yang ada capnya. Kalo saya sekalian melampirkan paspor lama asli (+ photocopy) karena memang pas habis perpanjang dan visa ada di paspor yang lama. Keduanya dibawa dan tidak boleh dipinjam saat mengajukan karena nanti visanya ditempel.
  3. Surat Keterangan Kerja Asli dan dicap basah. Harus dalam bahasa Inggris ya, karena konselornya katanya ngga bisa bahasa Indonesia.
  4. Dokumen keuangan cukup 1 aja, bisa rekening koran (yang harus dicap basah oleh bank), atau Laporan SPT, atau Slip Gaji selama 3 bulan. Saya pakai rekening koran yang diprint sendiri karena BCA menyediakan fasilitas e-statement yang bisa di-download, lalu ke bank dekat kantor buat minta cap. Soalnya kalo nge-print di bank kena biaya lagi euy, etapi capnya gratis kok hehehe.
  5. Photocopy kartu keluarga, yang ini wajib banget ada.
  6. 1 lagi tambahan yang saya lampirkan adalah surat ijin ke korea yang ditandatangani oleh suami di atas materai.

Udah 6 itu aja, ngga ada tambahan lain karena saya masukin surat sponsor dari diri sendiri juga dibalikin lagi qiqiqi. Trus setelahnya saya ke KVAC (Korea Visa Application Centre) yang ada di Lotte Avenue Kuningan Lt 5, jam 8.30 pagi. Ternyata udah rame juga, padahal mal-nya belum buka. Tapi kalau bingung bisa masuk lewat DBS Bank sebelah Starbuck trus bilang aja ke satpam mau ke KVAC lt 5. Nanti ditunjukin lift yang langsung direct ke KVAC.

See Also

Nah, bukanya ini pas jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Kita biasanya ngantri buat masuk dan langsung ambil nomor. Kalau semua udah diisi, langsung ngantri di loket sesuai nomor deh. Nanti pastikan dulu ke loket yang multiple lalu nunggu dipanggil. Biasanya kalo pagi suka dapet antrian pertama, lalu staf loket akan ngumpulin dokumen dan nyusun lagi kalo susunannya ngga bener. Kalo sudah selesai dan benar semua, langsung dikasi struk pembayaran yang harus dibayar cash di kasir. Makanya siapin uang cash dulu ya buat pembayaran, jangan kagetan kaya saya yang biasa cashless wkwkwk.

Untuk prosesnya sendiri, visa multiple ini hanya 3 hari kerja termasuk saat submit dokumen. Jadi kalau submit di hari senin, rabu sudah bisa diambil. Enaknya sekarang ada fasilitas SMS loh. Sedari submit dokumen di sore hari, sampai waktu proses, plus informasi jadinya semua dikabarin. Ngga perlu buka web untuk cek tapi tinggal nunggu aja dikabari lewat pesan. Ngambilnya sendiri juga gampang, mulai jam 11 siang di tempat yang sama. Asik kan, gampang banget dan prosesnya juga cepet. Sapa nihh yang mau ketemu EXO di koreyah?

3
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
dwi jayantiShintaries Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
dwi jayanti
Guest
dwi jayanti

kak. boleh dibantu utk surat ijin dari suami seperti apa? menggunakan bhs inggris? boleh dibantu utk contohnya?
utk referensi bank berarti sudah tdk diperlukan ya? krn wkt bikin yg single aq lampirin referensi bank, itupun 2th yg lalu. hehehe. makasih bantuannya.

COPYRIGHT 2019 SHINTARIES.COM. ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top
error: Content is protected !!