Online shop yang menjamur di ranah internet saat ini sudah sedemikian ketat persaingannya. Akan tetapi, menjamurnya para pelaku mass market ini berarti baik untuk perekonomian. Artinya ekonomi Indonesia sedang bergerak seiring dengan daya beli masyarakat yang semakin baik. Menyasar kelas menengah ke bawah, pelaku online shop ini menjual barang-barang yang terjangkau dan dibutuhkan masyarakat.

Dalam sesi kelas Branding for Small Business yang saya mentori sabtu lalu, tercatat bahwa para online shop ini mampu membukukan pendapatan yang tidak sedikit. Bahkan mereka bersiap untuk masuk ke jenjang yang berikutnya, yaitu branding melalui ranah online. Di mana brandnya ingin lebih dikenal dan menjadi pilihan customer. Singkatnya adalah ingin meningkatkan penjualan yang hanya sepuluh dua puluh pieces dalam sehari, menjadi ribuan pieces dalam sehari.

Keinginan besar ini, kadang tidak disertai dengan pemahaman manajerial dan dana yang mencukupi. Sehingga kesulitan terbesar adalah dalam pengembangan skala yang lebih luas. Baik dalam kualitas, sumber daya, jumlah customer, jenis produk, dan juga modal kerja. Tentunya ini butuh dukungan dan supporting dana yang jumlahnya tidak sedikit. Tapi apa yang bisa kita lakukan?

The Warna Flat Shoes, Ethnic Handmade Shoes

Salah satu online shop yang mencatatkan sebagai pemain mass market adalah The Warna. Sebuah usaha mikro yang fokus dengan sepatu flat untuk wanita. Uniknya, tidak seperti sepatu pada umumnya. The Warna mengkombinasikan bahan dengan kain motif khas Indonesia. Mulai dari tenun Jepara, tenun Ikat Dayak, tenun Toraja, songket, dan ragam budaya kain Indonesia lainnya. Hal inilah yang menjadi keunggulan dan daya tarik yang selalu mendapatkan perhatian lebih dari pecinta sepatu.

thewarna3

thewarna8

thewarna6

 

 

 

Follow Instagram @TheWarna

Sebagai UMKM, produksi pun dilakukan secara handmade bukan mesin. Menjamin kualitas namun juga menghambat kuantitas. Beberapa kali ada yang tidak ready stok dan habis produksinya. Tentunya tidak menyurutkan untuk memiliki, karena tentunya sangat berharga untuk ditunggu dan dimiliki. Proses pembuatannya pun sangat rapi dan cepat. Sehingga dalam sebulan, produksinya bisa lumayan dengan varian yang juga bervariasi. *Arahkan kursor ke gambar untuk melihat proses produksi.

Saya sendiri memiliki sepasang sepatu The Warna. Langsung jatuh cinta saat melihat katalognya di Instagram. Khusus untuk produk yang ready stok, dapat dilihat di akun khusus yaitu The Warna Catalog. Berbagai macam motif sudah tersedia dan siap untuk diantar ke rumah untuk dipakai sehari-hari. Sebagai wanita, tentunya sepatu menjadi barang yang wajib untuk dimiliki. Tidak terkecuali flat shoes yang nyaman ini.

thewarna22

thewarna

Tapi kemudian, karena saya sangat menyukai produknya dan ingin The Warna lebih dikenal lebih jauh lagi karena keunikannya. Saya suka memikirkan, apa yang bisa saya bantu agar UMKM seperti The Warna ini bisa lebih maju dan bisa meningkatkan kualitas serta kuantitas. Dan ternyata, selain dengan cara membelinya, kita dapat membantu hanya dengan cara menabung.

Menabung Berarti Ikut Memberdayakan UMKM

Pada saat saya bilang ke para online shop owner, bahwa menjual sepuluh dua puluh pieces sehari itu mudah. Semua orang bisa melakukannya dan mendapatkan untung. Tapi pada saat sudah berpikir untuk maju dan menjadi sebuah brand yang dikenal dan menjadi sebuah trade mark, itu yang susah. Saat itu, sudah harus masuk ke manajemen dan mengorganisir semuanya jadi lebih rapi dan terencana. Akan tetapi, ada hal yang menjadi kendala. Salah satunya adalah modal.

Bagi kita yang seorang customer, apabila menyukai suatu produk maka akan senang apabila produk itu bisa maju. Terlebih untuk ukuran UMKM. Akan terasa lebih bahagia, karena kita menjadi bagian dari UMKM tersebut. Saya ingin bisa bilang bahwa, saya dulu pake itu loh sebelum produknya terkenal seperti sekarang. Yes, itu impian saya saat nanti di kemudian hari saat The Warna sudah menjadi besar dan terkenal di mana mana.

Tumbuh bersama akan mungkin kita lakukan kalau saling membantu. Caranya bagaimana?

Sesederhana menabung di BTPN Sinaya, kita sudah ikut membantu dan memberdayakan jutaan para mass market di Indonesia. Tidak hanya UMKM saja, namun pensiunan, masyarakat prasejahtera produktif, dan UMKM. Semua bisa bahu membahu saling membantu. Mulai dari 500rb dan jangka waktu yang bisa ditentukan sendiri, kita sudah bisa membantu mereka. Gambarannya bisa dilihat di simulasi seperti ini:

Masuk ke website Simulasi BTPN

programdaya1

Klik mulai simulasi, pilih manual simulasi

programdaya2

Masukkan nama, email, dan bidang yang ingin diberdayakan. Klik mulai login.

programdaya3Pilih nominal dan tahun sesuai kemampuan. Klik lihat hasil simulasi.

programdaya4

Hasilnya, kita akan membantu para UMKM yang menjadi nasabah BTPN dan akan mendapatkan manfaat dari Program Daya

programdaya6

Semudah itu kita ikut memberdayakan dan berterima kasih atas produk dan jasa yang mereka lakukan untuk kita. Mari kita bantu mereka yang sudah membantu hidup kita lebih baik. Kalau kamu, apa ceritamu dengan Mass Market dan apa keinginanmu untuk ikut menjadi bagian dari pertumbuhan mereka?

0 0 vote
Article Rating