Merasa tua karena sudah punya buntut? Eits jangan gitu ah, saya tetap bisa loh merasa muda kalau punya tabungan hehehe. Sampai-sampai ada anekdot, buku tabungan itu bisa membuat kita nangis dan meringis begitu lihat saldonya. Tapi bisa membuat segar wajah juga dong kalo lumayan isinya. Apalagi saya sebagai menteri keuangan dalam rumah tangga, saldo tabungan wajib banget selalu di cek, kali aja ada uang yang nyasar hihihi.

Kalau udah sibuk mengurus anak dan suami di rumah. Kayaknya nggak ada waktu ya buat print buku tabungan yang buat meringis itu. Ditambah lagi, sabtu minggu hobinya main ke mall. Kesibukan saya sebagai ibu rumah tanggal dimulai pagi hari menyiapkan anak-anak berangkat sekolah. Lanjut memasak setelah itu menjemput mereka, kemudian belajar untuk kegiatan esok hari dan menemani bermain serta beristirahat. Sebetulnya bisa banget mengajak mereka ke bank. Tapi dengan pertimbangan sudah lelah bersekolah dan pastinya mengantuk, saya urung mengajak mereka. Karena pada akhirnya mereka bakalan capek ikutan mengantri.

Untungnya situasi saya ini ada solusinya. Dengan dibukanya myBCA di Gandaria City Mall, kebutuhan akan perbankan untuk ibu rumah tangga seperti saya ini jadi lebih mudah. Tanpa basa basi lagi, saya langsung mendatangi myBCA sambil mengajak suami dan anak sambil jalan-jalan. Berbagai informasi saya dapatkan.

Tentang myBCA

Saat saya mengunjungi myBCA di Gandaria City, yang saya tanyakan kepada satpam pertama kali adalah letak ATM BCA. Dan satpam bilang saya harus ke lantai UG dimana semua layanan BCA ada disitu. Saya sempat bingung, karena memang yang saya butuhkan hanya mengambil uang tunainya saja.

Begitu tiba di lantai tersebut, saya kaget mendapati layanan modern, lengkap, dan memiliki tampilan seperti Bank BCA. Entah kenapa, saya spontan melihat lagi dan meyakinkan diri kalau ini namanya myBCA. Karena keingintahuan saya, mba yang sedang bertugas saya tanya untuk informasi lebih lanjut.

Ternyata myBCA di Gandaria City Mall ini sudah ada sejak Agustus 2013 yang lalu, hanya dulu namanya masih Electronic Banking Center (EBC). Baru aja diganti menjadi myBCA plus ada tambahan layanan baru yaitu Video Banking. Baru sekali sampai-sampai saya bisa mencium wanginya hehehe. Menurut penjelasan yang saya dapatkan, myBCA adalah layanan terbaru bagi pelanggan BCA yang seperti saya. Iya saya yang suka ribet dengan urusan rumah dan mengabaikan urusan perbankan ini. Layanannya pun sangat lengkap dari ATM, Digital Information, Digital Form dan KlikBCA, Mesin Flazz, HaloBCA, dan yang terbaru adalah Video Banking.

Kalau ATM (Anjungan Tunai Mandiri) tentunya semua tau dong ya, karena memang ini mesin yang paling dicari kalau sedang perlu uang cash. Nah yang satunya juga ada namanya CDM (Cash Deposit Machine) untuk memudahkan menyetor uang. Mesin yang ada di sini banyak dengan berbagai macam nominal. Jadi ngga perlu antri lama untuk mengambil uang ataupun menyetor uang ke rekening.

Digital information. Ini adalah sebuah layanan informasi perbankan tentang produk dan layanan di BCA, juga promo-promo menarik dari BCA. Mulai dari informasi syarat pengajuan kartu kredit BCA hingga simulasi cicilan. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Info ini bisa didapatkan di layar sentuh berukuran besar di bagian depan atau di ipad apabila menginginkan privasi.

Kelebihannya kalau waktu dirasa terbatas, kita bisa mengirimkan informasi tersebut melalui email. Dan juga datanya selalu update. Jadi misalnya ingin melakukan simulasi cicilan rumah, kita bisa memasukkan data harga dan akan mendapatkan cicilan dengan bunga pada saat itu. Layanan ini juga sangat interaktif dan menyenangkan. Pokoknya tidak membosankan, padahal kan mau pinjam hihihi.

Mesin Flazz.

Di myBCA, Mesin Flazz juga tersedia apabila ingin membeli kartu Flazz dan juga mengisi ulang. Kartu Flazz ini berguna banget loh. Bisa dipakai sebagai alat pembayaran yang praktis. Apalagi sekarang TransJakarta, Commuterline, dan parkir juga bisa membayar dengan kartu Flazz ini.

HaloBCA juga ada di myBCA. Kelebihannya bisa langsung video conference dengan Halo BCA. Jadi, di sini bisa dengan mudah menyampaikan pertanyaan dan keluhan seputar produk dan layanan BCA.  Tinggal angkat telepon langsung bertatap muka dengan mba atau mas di HaloBCA yang siap membantu urusan perbankan kita. Asik kan.

Yang terakhir dan yang terbaru ada layanan Video Banking. Wah penasaran kan seperti apa. Layanan ini adalah layanan canggih, baru digunakan pada tanggal 20 Agustus 2014 yang lalu. Kenapa pakai video banking?. Yuk baca terus ceritanya.…

Tahapan Xpresi BCA

Khusus yang berjiwa muda dan dinamis, seperti saya emak muda ini hehehe. Cocoknya memang menggunakan Tahapan Xpresi BCA. Karena apa? Banyak keuntungan yang bisa didapat dan tentunya tidak dibatasi oleh umur. Tahapan ini merupakan tabungan khusus yang tanpa buku namun memiliki aksesibilitas ke teknologi terkini perbankan seperti mobile banking dan internet banking.

Kelebihannya yang pertama adalah adanya komunitas Tahapan Xpresi BCA yang bisa diakses melalui forum online di facebook.com/XpresiBCA atau twitter @XpresiBCA. Tentunya forum ini akan sangat bermanfaat karena wadah dari para pengguna Tahapan Xpresi BCA. Setoran awalnya pun sangat ringan, yaitu Rp. 50.000 (Lima puluh ribu rupiah) saja, demikian juga biaya administrasinya cuma Rp. 5000,- aja . Lebih praktis tentunya karena tanpa buku loh. Dijamin tidak bikin nangis hehehe. Untuk mengecek saldo dan transaksi bisa melalui mobile banking atau internet banking.

Dan yang paling penting, kartunya gaul loh. Kita bisa memilih gambar yang tercetak dengan foto sendiri atau dari tematik desain yang sudah ada. Banyak sekali pilihannya, saya sampai bingung mau pilih apa hehehe. Karena mudahnya pembuatan dan setoran yang ringan saya langsung mau buat loh Tahapan Xpresi BCA, sekaligus nyobain teknologi Video Banking nya.

Membuat Tahapan Xpresi BCA dengan Layanan Video Banking


Di myBCA, ada layanan terbaru yang dinamakan Video Banking. Dimana kita  dapat ber-teleconference dengan customer service untuk melakukan kegiatan perbankan yang dibutuhkan. Saat ini kita bisa buka tabungan Tahapan Xpresi, ganti kartu Paspor Tahapan Xpresi, ganti KeyBCA dan mengajukan pembuatan kartu kredit melalui Video Banking. Lebih nyaman dan praktis kan.

Saya coba membuka Tahapan Xpresi BCA yang saya lakukan menggunakan Video Banking ini. Saya sebagai customer BCA akan langsung berhadapan dengan layar dan menggunakan alat canggihnya yang menjadi satu dalam satu mesin. Seperti pemindai KTP, tanda tangan elektronik, pemindai barcode KeyBCA, setoran tunai, sampai mencetak kartu Tahapan Xpresi BCA.

Untuk membuka tabungan saya menyiapkan KTP dan juga NPWP yang menjadi syarat utama. Tidak lupa juga uang Rp. 50.000 (lima puluh ribu Rupiah) untuk setoran awal. Prosesnya cukup praktis karena saya bisa langsung mendapatkan kartunya saat itu juga.

Pertama-tama saya terhubung dengan Customer Service (CS) yang cantik. Dengan ramah CS tersebut menyambut saya dengan senyumnya yang manis. Karena saya ingin membuka tabungan Tahapan Xpresi BCA, mbak CS langsung menjelaskan panjang dan lebar tentang keunggulan dan  hal penting yang perlu diketahui. Seperti setoran minimum, saldo ditahan, biaya kartu, dan biaya administrasi. Tentunya juga menjelaskan persyaratan dokumen yang diperlukan.

Secara bertahap, saya dipandu bagaimana menggunakan mesin Video Banking untuk memasukkan dokumen saya. Seperti menindai KTP dan NPWP sendiri. Kemudian menandatangani aplikasi secara elektronik, menyetor uang. Memasukkan dokumen yang ditandatangani dan juga memindai kode yang ada di belakang KeyBCA.

Setiap data yang saya masukkan harus sesuai data KTP dan tentunya diricek ulang untuk memastikan tidak ada kesalahan. Dan semuanya tentu atas persetujuan kita sebagai customer yang sudah yakin data benar. Kalau sudah memiliki rekening BCA sebelumnya juga bisa diintegrasikan. Sehingga kalau membutuhkan cetak ulang kartu, akan lebih mudah dibuat ulang.

Proses akhirnya adalah menunggu kartu Paspor Xpresi BCA  yang tercetak. Yeay !!!. Akhirnya jadi juga. Jadi Paspor Xpresi ini adalah tanda pengenal sebagai pemegang Tahapan Xpresi BCA yang berfungsi sebagai kartu ATM dan juga debit.

Di belakang kartu bagian tanda tangan nasabah terdapat nomor rekening BCA sepuluh digit. Untuk gambar pilihan tentunya saya sebagai emak gaul yang suka banget travel memilih pemandangan pantai hehehe. Sebetulnya bisa memilih pakai photo sendiri loh biar lebih personal. Tapi rasanya engga pede, kan walaupun emak muda tetap aja wajahnya kurang muda hihihi.

Secara keseluruhan, pelayanan melalui video banking ini merupakan hal yang baru dan bagus. Baru karena memang teknologinya masih jarang dipakai. Bagus karena memudahkan kita untuk melakukan review data sendiri dan juga menikmati pengalaman self service untuk membuat Tahapan Xpresi BCA. Buat yang tertarik bisa langsung ke myBCA di Gandaria City Mall lantai UG ya. Antara jam 10.00 WIB sampai 22.00 WIB (sesuai jam buka mall). Tapi untuk yang mau buka Tahapan Xpresi, layanan tersedia hingga jam 20.00.

IMG_7321

0 0 vote
Article Rating