Pameran pendidikan yang menyenangkan anak-anak kalau menurut saya. Berbeda dengan pameran yang biasanya hanya eksibisi biasa, karena memang tujuannya untuk pendidikan anak, Sun Life menggelar acaranya penuh warna. Bertempat di Senayan City Jakarta, sampai besok tanggal 31 Januari, acara Edufair masih ada di Atrium Utama. Orang tua dan anak bisa mengkuti berbagai acara edukasi yang menarik dan bermanfaat. Karena melihat flyernya yang menarik, saya mengajak Aliya dan Rafi untuk datang ke acara ini. Seru kan, sambil berwiken ria sambil ngemall sambil mendapat banyak manfaat.

sunlife-edufair1

Acara yang ditujukan untuk para orang tua dalam merencanakan masa depan si kecil ini agar lebih brighter life, menyajikan berbagai suguhan menarik. Antara lain, kids story telling, parenting education berupa talkshow, school performance, sampai booth yang tersedia untuk dipakai bermain dan booth sekolah. Untuk mengikuti edufair ini tidak dipungut biaya apapun loh. Jadi tinggal datang dan lihat dulu jadwalnya apa saja. Setiap hari ada talkshow dan performance yang berbeda dari tiap sekolah. Nara sumbernya dari para ekspert dan pemerhati anak tentunya. Eh hari ini ada Teuku Zacky loh hohoho.

sunlife-edufair2

Uniknya, kalau kita membawa anak dan mengajaknya bermain bisa mendapatkan paspor lucu. Paspor ini akan dicap disetiap booth yang kita kunjungi. Baik booth bermain dan booth sekolah. Kalau mendapatkan masing-masing 3 cap untuk booth bermain dan sekolah, bisa membawa pulang merchandise nih. Tambah semangat dong hehehe.

Booth Bermain

Untuk anak usia 4-10 tahun dapat melakukan kegiatan di berbagai booth yang tersebar di area bagian dalam. Ada mewarnai, main uno, main Lego brick, paper craft/kertas lipat, meronce, dan mewarnai kuku juga ada hehehe. Awalnya Aliya Rafi malu dan takut gitu. Tapi setelah mencoba mewarnai, mulai terlihat rileks dan mulai mencoba semua mainan yang ada. Bahkan setelah dikasih tau kalau ada paspor dan bisa dapet boneka kalau bermain, jadi tambah semangat deh.

Semua alat sudah disediakan, yang paling disukai itu meronce gelang. Maniknya lucu-lucu dengan warna menarik. Jadilah Aliya Rafi membuat tiga buah dan yang paling lucu Rafi ngga malu pakenya. Padahal biasanya anak laki suka diledekin, tapi dia cuek aja karena menurutnya itu hasil kerja dia. Yang paling seru lagi di bagian paper craft, mereka belajar membuat puppy dari kertas warna dan memberi mata hidung dengan pulpen. Malah saking senengnya sampe balik dua kali dan kali ini Rafi belajar untuk membuat pesawat.

Yang lucu lagi adalah mewarnai kuku dengan kutex. Jadi itu adalah boothnya Cosmopolitan FM dan menyediakan nail coloring gratis. Seperti biasa Aliya meminta dengan warna ungu favoritnya. Eh ngga sampai 20 menit, udah balik lagi ke tempat itu untuk minta aseton. Katanya ngga betah dan ngga bisa sholat. Ealah, pukpuk anak cewek 🙂

Booth Sekolah

Jadi kalau di tengah adalah booth bermain, maka di pinggir sekeliling atrium adalah booth sekolah. Dari berbagai sekolah swasta yang ada di Jakarta seperti Highscope, Binus School, Don Bosco, ada sekolah yang menarik perhatian saya. Yaitu sekolah YPAC di Depok. Sekolah untuk penyandang anak cacat ikut ambil bagian dalam pameran. Tidak hanya karena sekolahnya, tetapi juga karena di sekolah ini mengajarkan keterampilan.

Iya, anak-anak ini dididik untuk bisa mandiri dan bisa memiliki penghasilan sendiri walaupun kondisi mereka tidak seberuntung anak lainnya. Berbagai macam kerajinan, seperti bantal flannel, kalung, kain serbet, sapu tangan, dan hasil sulaman menghiasi boothnya. Hasil kerajinan ini dipasarkan melalui pameran dan juga dijual secara eceran. Duh, rasanya terenyuh ya. Mereka aja yang berkekurangan secara fisik memiliki mental yang bagus untuk tidak meminta-minta.

Sekolah lain yang saya datangi adalah sebuah studio yang khusus memberikan kelas menari dari Brazil. Ada zumba, belly dance, dan capoera yang jadwalnya rutin diadakan. Capoera ini bisa diikuti oleh anak dari usia 4 tahun loh. Kebayang dong kecilnya, tapi trainnernya sangat profesional dan mengerti keamanan untuk anak. Apalagi tau sendiri dong kalo capoera ini semacam senam akrobatik yang jungkir balik hehehe.

Yang paling seru sekolahnya menurut saya adalah Dream Dress. Sekolah khusus desainer yang muridnya adalah anak-anak. Wowww, Aliya tadinya sudah tertarik dengan baju-baju lucu hasil rancangan murid sekolah ini. Tapi akhirnya mengurungkan niat saat tau harus menggambar dari awal mula hohoho. Jadi, saya sempat tanya. Apakah memang yang masuk sini adalah anak yang sudah kelihatan bakatnya. Ternyata tidak, justru bisa menjadi tempat untuk menumbuhkan bakat baru. Di sekolah ini akan diajarkan berbagai macam cara, mulai mendesain, memulas dengan warna, menjahit pakaian, sampai pakaian tersebut dapat mereka kenakan sehari-hari. Wah seru yaa.

School Performance & Talkshow

Sekolah yang berpartipasi dalam edufair ini juga menampilkan bakat para siswanya. Ada yang menyanyi, menari, paduan suara, perform capoera, yang setiap harinya ada. Mulai dari tingkat SD sampai SMAnya. Jadi lucu-lucu banget. Oia hari ini juga ada peragaan busana dari sekolah Dream Dress yang tadi. Capoera pun juga ditampilan dan menjadi atraksi yang menarik. Soalnya kapan lagi kan lihatnya hehehe. Bahkan tidak hanya sekolah saja, ada juga sesi mendongeng untuk anak anak. Anak-anak pada duduk berbaris di depan kakak yang mendongeng untuk mendengarkan kisahnya.

Yang paling seru adalah talkshow yang diadakan setiap hari dengan tema berbeda. Untuk hari ini, temanya adalah Saatnya Ayah dan Bunda menjadi sahabat terbaik bagi anak. Nara sumber kali ini menghadirkan Teuku Zacky founder dari Sahabat Anak Negeri, Erlinda Iswanto dari Sekjen KPAI, dan Norman Nugraha dari Chief Agency Officer Syariah PT Sun Life Financial Indonesia. Ketiganya membahas bagaimana kekerasan yang terjadi pada anak ini sudah sedemikian meresahkan. Angkanya cukup mengejutkan dan satu-satunya cara untuk bisa membatasi itu semua adalah kedekatan antara orang tua dan anak.

Dengan kemajuan teknologi internet dan penggunaan gadget yang makin meluas, sebagai orang tua harus dapat selalu waspada dan menjadi dekat dengan anak. Karena apa? apabila ada sesuatu hal yang ganjil yang terjadi pada anak, kita dapat memberikan pertolongan dengan segera. Pentingnya kedekatan itu adalah, bagaimana orang tua berperan sebagai teman dan menjadi sahabat yang dipercaya oleh anak sehingga anak akan menjadi terbuka.

Nah buat yang belum dateng, masih ada besok di hari terakhir. Di hari minggu, bisa sambil jalan keluarga, quality time bersama anak dan juga bisa mendapatkan banyak manfaat di acara edufairnya. Catet yaa, besok acara dimulai pukul 11 siang dan berakhir di pukul 17 sore. Eh ada Naura loh, idolanya anak anak. Wuih banyak yang seru besok pastinya ^^.

0 0 vote
Article Rating