Tahun ajaran baru sudah mau dimulai. Ada yang lagi sibuk mencari sekolah buat anak-anaknya? Pasti mamah-mamah sudah sibuk hunting sekolah nih. Nah, baru-baru ini saya dan teman-teman blogger lagi asik di sebuah sekolah yang bukan terlihat seperti sekolah. Lah, gimana sih maksudnya? wekekek. Sekolah yang disebut Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) ini adalah sebetulnya sekolah berstandar Internasional. Karena sekarang istilah internasional sudah tidak digunakan, maka sebagai gantinya adalah SPK.

Sinarmas World Academy (SWA) berdiri di BSD Serpong, dekat sekali dengan ICE BSD. Sering memang saya melewati sekolah ini kalau sedang dalam perjalanan ke AEON. Tapi tentunya tidak pernah bisa tahu dalamnya seperti apa, karena sekolah ini dijaga dengan sangat ketat. Keamanan siswa menjadi hal yang utama untuk memberikan lingkungan belajar yang tenang. Sehingga hanya orang yang memiliki ijin saja yang boleh masuk. Bahkan, Ibu Sofie yang menjadi guide hari itu juga pernah bercerita bahwa mobilnya dilarang masuk karena belum ada stikernya. Wew ketat banget yah.

Lokasi yang hanya 10 menit dari Alam Sutera dan Gading Serpong, 20 menit dari Bintaro dan Puri Indah, 30 menit dari Tomang dan Pondok Indah, 40 menit dari Menteng-PIK-Kemang-Senayan, dan 50 menit dari Sunter-Kelapa Gading, membuat sekolah ini memiliki siswa dari berbagai daerah di Jakarta. Tentu saja siswanya tidak hanya dari Indonesia saja, kan tetapi juga dari berbagai negara. Tidak heran, bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Walaupun begitu, Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin juga diajarkan di sekolah ini.

Sekolah seluas kurang lebih 52ribu meter persegi ini, memiliki jenjang pendidikan yang lengkap. Mulai dari Pre-Kindergarten untuk usia 3-4 tahun, Kindergarten 1 untuk usia 4 sampai 5 tahun, Kindergarten 2 untuk usia 5 sampai 6, Middle, dan High School yang sudah menggunakan IB DP (International Baccalaureate Diploma Programme) yang menyesuaikan kurikulumnya untuk memenuhi kebutuhan universitas di seluruh dunia. Jadi akan lebih memudahkan para lulusan SWA, untuk masuk ke universitas mana saja di berbagai belahan negara.

Keunggulan SWA tidak hanya terletak dari IB DP saja, tapi juga difokuskan pada pengembangan ilmu pengetahuan siswa, mengembangkan interest berbeda dari setiap siswa, dari semenjak mereka masuk Pre-Kindergarten. Tidak heran, anak-anak TK di sini sudah bisa melakukan kegiatan sesuai dengan minat bakatnya. Apakah itu musik, olahraga, dan hal yang masih berkaitan dengan multiple intelligence. Sehingga tidak heran, siswa SWA banyak yang memenangkan berbagai macam kompetisi semenjak 2009.

Fasilitas yang lengkap tentunya juga menjadi daya tarik sendiri bagi orang tua murid. Karena dengan luas sekolah yang cukup besar, mampu menampung berbagai macam kegiatan. Mulai dari olahraga, musik, teknologi, sampai kegiatan belajar mengajar itu sendiri. Mulai dari perpustakaan yang koleksinya sangat lengkap untuk SD sampai SMA, ruang kelas yang nyaman dengan maksimal siswa adalah 25, ruang musik yang nyaman, ruang olahraga yang memfasilitasi untuk bermain basket dan sepakbola, ruangan memasak yang standar dapurnya cukup lengkap, sampai ruang auditorium yang mampu menampung 400 orang.

Tidak hanya fasilitas dan gedung belajar yang nyaman. Tentunya memilih sekolah itu hanya berdasarkan kualitasnya kan ya. SWA menerapkan pembelajaran kurikulum menyeluruh untuk membentuk keahlian berpikir dan juga membentuk intelektualitas dari para siswanya. Framework dari kurikulumnya diterapkan melalui mata pelajaran English, Mathematics, Science, Mandarin, Bahasa Indonesia, Arts, Information and Communication Technology, Physical Education, dan juga Music. Ruangan pendukungnya pun dibuat dengan maksimal untuk pemenuhan kebutuhan pembelajaran yang komprehensif.

Nilai-nilai dari SWA ini sendiri juga memiliki misi sebagai pusat pembelajaran dinamis untuk masa depan yang lebih baik yang mampu bersaing di area Asia dan juga Global. Sehingga, tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah saja. Namun dibutuhkan dukungan keluarga dan masyarakat, yang mampu saling melengkapi dan berkolaborasi untuk membentuk hidup yang optimis dan juga memiliki kepekaan terhadap masalah sosial. Nilai yang diterapkan di SWA ini, semudah memberikan kedisiplinan pada siswa yang dimulai dari tingkat Pre-Kindergarten loh.

Jadi, tertarik untuk menyekolahkan anaknya di sini? 🙂

Sinarmas World Academy

Jl. TM Pahlawan Seribu CBD Lot XV BSD City Tangerang Indonesia

(021)53161400 | www.swa-jkt.com | Email: [email protected]

0 0 vote
Article Rating