Haiyaaa, setelah bereksperimen dengan beberapa cupcake (sampe lupa update) dan juga ngerjain proyek hijab shop Anita. Selesailah 60 paket cupcake buat goodiebag hehehe. Komentar temen-temen, tetangga, guru-guru di sekolah bikin kaget juga hihihi, secara mereka ngga nyangka mama aliya yang keliatan kalem bisa juga buat cupcake yang cantik-cantik dan rasa yang enak (katanya) qeqeqe.

Bangunnya kesiangan jam 5 subuh, untungnya bahan-bahan udah ditimbang dan siap untuk dikerjakan. Sekali oven dapetnya 9 x 2 loyang cupcake selama 30 menit. Buat 5 kali resep yang satu resep kurang lebih jadi 12 buah cup. Bahan-bahan yang saya gunakan high quality semua, supaya bisa nutup rasa, takut rasanya kurang enak seperti cupcake yang pertama.

Resep yang saya gunakan masih dari mba Ria – Chocoloveid yang sedikit dimodifikasi pemakaiannya. Butter saya menggunakan wysman dan Elle & Vire (unsalted). Dari penggunaan dua butter ini ternyata menghasilkan tekstur yang berbeda. Butter Elle & Vire menghasilkan tekstur yang lembut dan warna putih serta halus di permukaan, padahal harganya lebih murah dari butter Wysman.

Yang pertama saya memakai butter Wysman yang menghasilkan tekstur kurang halus seperti penampakan dibawah ini :

cupcake3

 

Sedangkan butter Elle & Vire penampakannya lembut, putih bersih dan cantik seperti gambar ini :

Untuk fresh cream saya juga menggunakan bahan import yaitu Full Cream Country Dairy rasa Vanilla, ini bikin rasa vanilla keluar dan pada tanya-tanya saya pakai resep apa hehehe. Sebelumnya memakai susu UHT Diamond full cream yang plain dan rasanya memang kurang nendang. Penampakannya :

Cupcake dihias dengan whipcream 15 menit sebelum berangkat, takut mencair euy di tengah jalan. Whipcreamnya rasanya seperti ice cream dan anak-anak suka banget jilat-jilat creamnya hehehe.

Selain cupcake untuk goodiebag, saya juga sudah menyiapkan coklat Collatta untuk coklat dengan edible image. Huks sayangnya sampai hari H cetakan edible nya belum juga sampai, wuhhaaaaa. Rasanya gemeessss banget, kesel tapi mau gimana lagi. Jadi ternyata pesanan edible image saya itu tertunda dan yang punya toko ngga ngabarin balik, hukss kesel banget. Padahal sudah saya desain dan tinggal print ngga pakai edit, pesanan sudah langsung saya kasi bukti transfer saat itu juga dan yang lebih parahnya lagi saya memesan H-10. Gimana ngga tambah kesel, padahal saya bilang dipakai untuk H-3 eh H-1 ngga ada tanda-tanda nomor resi atau balesan email. Baru H-1 saya email lagi, eh dia bilang baru sempet bales dan baru dikirim saat itu juga (ampun). Mungkin setelah baca baru dia print kali ya. Alasannya katanya printer rusak dan ada saudara yang meninggal, duh tau gitu kan mending saya minta duitnya balik daripada gagal total kaya gini. H+1 barulah tuh edible nyampe, akhirnya saya buat juga untuk keluarga di Jakarta mumpung papahnya dinas ke sana.

Overall puas banget dan seneng banyak yang suka sama cupcakenya hehehe. Sampai-sampai kepikiran banget buka counter kecil buat jualan cupcake dengan topping yang macam-macam ala JCO Donat. Mudah-mudahan bisa kesampaian Amiinn.

Created by: Shinta Ries

0 0 vote
Article Rating