Akhirnya bisa nongol lagi di blog ini wekekek. Pusing ya mampir isinya review semua wkwkwk. Ya begitulah keseharian ngeblog saya yang ngga disangka-sangka jadi pintu rejeki untuk sekedar jajan-jajan di ramen pinggir jalan. Belakangan semakin ke ujung tahun perasaan makin padat jadwal. Bukan bermaksud norak juga, tapi memang dari dulu saya lumayan sok sibuk tapi mainnya lebih ke underground. Menyelesaikan target-target desain dan koding yang semakin lama semakin menumpuk alhamdulillah walaupun selalu kasi pasang plang not available. Apa mau dikata, saya yang mudah luluh (pake rekening maksudnya wkwkwk) tetep memaksakan diri, apalagi sahabat-sahabat sendiri.

Jadi acara saya minggu kemaren itu lumayan padat banget. Ini lebay aja sebetulnya karena ngga segitunya qiqiqi. Tapi memang dimulai dari senin yang menegangkan karena terasa aroma semangatnya sampai kemana-mana. Mulai dari acara live streaming #SemangatNgeblog, rencana ke kedutaan Jepang, miting seharian yang padat banget sampai ngisi acara seminarnya Muslimah Love IT di Fasilkom UI. Capek tapi seneng πŸ™‚

Live Streaming #SemangatNgeblog

Siapa yang masih ngga semangat kalau mau ngeblog? Saya masih dong tapi udah mulai jarang karena kesibukan. Karena maunya tuh saya ngeblog sambil ngopi atau nyoklat, alias santai. Masih belum bisa ngeblog di gadget. Maklum blogger jadul, ya kalo ngeblog harus depan komputer wekekeke. Waktu balik ke dunia blogging sekitar dua tahun lalu pun, tema di blog ini berbeda banget. Yaitu full tentang tutorial. Tapi akhirnya itu yang membuka jalan saya dikenal di salah satu komunitas khusus perempuan. Dari situ banyak sekali yang menawarkan job blogging, yang feenya cukup lumayanlah kalau sekedar ngopi-ngopi di StarbuckΒ :p

Sampai dengan perjalanan waktu yang lumayan panjang dan berliku (apa seh), saya diajakin gabung sama Teh Ani Berta untuk ikutan menggodok konsep sharing tentang ngeblog. Ngga bisa berdua, kami akhirnya gabung juga sama blogger santun solehah Mba Haya Aliya Zaki. Jadilah kita menggodok tema sharing ngeblog dengan cara yang fun tapi bisa menghasilkan dengan bantuan para sponsor tentunya. Ngga sia-sia ternyata gaung acaranya lumayan trending qiqiqi. Padahal ngga ada yang nyuruh blast off di sosial media tapi semua mengalir aja.

reza-gardinoDan karena acara Fun Blogging itu, akhirnya mas Karel dari blogdetik ngajakin kita bertiga ikutan live streaming #SemangatNgeblog di BlogDetik. Wih kaget dong kita, karena merasa bukan seleb wekekek. Karena banyak sekali yang hadir meramaikan acara ini. Salah satunya ada Reza Gardino danΒ para teman-teman blogger lainnya. Dan pengakuan mas Karel cukup melegakan. Karena dia bilang, saya bertiga ini memang bukan seleb tapi blogger yang dekat di hati para blogger lainnya. Hikkss sampe tersepona denger kata-katanya. Well kami bertiga memang ngga pernah mau dianggap seleb, kita maunya ya kita ini blogger qiqiqi. Sebab anggapan aku sih, yang namanya seleb ya hanya sekedar lewat untuk ditonton dan takutnya besok dilupakan karena ngga ada karyanya yang berarti hiks.

semangat-ngeblog

shintaries

Di acara tersebut juga diundang Bunda Yati yang tetap semangat ngeblog walaupun sudah sangat sepuh. Bunda Yati menjadi bagian dari Fun Blogging yang masih sangat bersemangat untuk mendapatkan sharing dari kami bertiga. Saya pribadi tentunya salut dengan #SemangatNgeblog beliau yang tetap terjaga dan pastinya akan bisa menginspirasi para blogger muda seperti saya. Fun Blogging sendiri sudah memasuki sesi kedua dengan peminat yang semakin banyak. Dan harusnya memang di Bulan Desember ini sudah ada perencanaan masuk ke sesi ketiga. Tapi karena kami bertiga memiliki jadwal yang cukup padat sepertinya akan mundur di Bulan Januari.

Konsep Fun Blogging digagas murni oleh Saya dan Teh Ani yang dipertemukan oleh Teh Shanti dari Qwords yang ingin memiliki suatu acara khusus yang sifatnya komuniti. Semua konsep dari nama, konten, bahkan eksekusinya juga sebagian besar dari tim kami bertiga. Dan karena Teh Ani adalah penggagas Sunday Sharing fenomenal itu, yang gosipnya pernah ditolak konsep ini di suatu komuniti juga, maka dengan semangat berbagi kami menyusun sebuah edukasi ngeblog bagi pemula yang ingin mendalami dunia blogging. Mulai dari bagaimana membuat konten yang baik bersama Haya Aliya Zaki, memaksimalkan personal branding dan dapet job tentunya dari ngeblog bareng Ani Berta, dan saya sendiri lebih ke teknis dan pemahaman bagaimana suatu platform bekerja untuk menunjang keperluan ngeblog. Karena semudah ngezip saja masih ada yang belum bisa.

Fun Blogging ini bahkan tidak berhenti begitu saja saat acara selesai. Kami mengumpulkan mereka dalam sebuah grup tertutup yang memang diperuntukkan untuk belajar satu sama lain. Semua bisa share dan berbagi pengalaman tanpa harus dari kami yang membimbing. Bahkan tidak menutup kemungkinan ikut kecipratan rejeki, karena memang dengan hubungan baik yang dimiliki ke beberapa brand, kami membutuhkan blogger yang sudah memahami konsep bekerja di dunia blog. Sehingga blogger yang ada di dalam satu grup tersebut memiliki frekuensi yang sama. Kondusif dan profesional yang sedang kami bangun dan kembangkan.

Seminar Improve Your Graphic Design by Muslimah Love IT Fasilkom UI

Acara saya di minggu yang sama adalah mengisi di acara seminar sesuai judul diatas (panjang euy judulnya wekekek). Tema yang diusung lebih spesifiknya adalah desain grafis untuk web dan juga poster. Dan saya tau persis memang, untuk desain grafis yang baik untuk blog masih banyak yang belum tau dan jarang yang men-share secara terbuka di sebuah blog. Lagi-lagi karena ngeblog tentang desain blog juga yang mempertemukan saya dengan panitia. Dan akhirnya mereka mengundang saya untuk hadir.

Mereka melihat saya cukup sukses menjalankan The Choco Company, startup sederhana saya yang berkomitmen membantu para blogger perempuan mendapatkan desain cantik untuk blognya. Dan memang sepertinya sudah lebih dari 50 blog yang saya oprek tidak hanya desain tapi semua perlengkapan perang ngeblog seperti domain, hosting, maintenance, dll. Semuanya memiliki desain feminim dan pastinya cocok dengan perempuan yang juga merupakan target seminar ini yaitu untuk muslimah.

Di seminar tersebut, hal utama yang saya tekankan adalah lisensi, lisensi, lisensi. Sebagai muslimah yang wajib memakai yang halal, tidak terkecuali dalam penggunaan file digital juga harus memakai yang halal. Kalau saya supaya berkah, kalau untuk mereka ya untuk pemahaman kalau ternyata segala sesuatu yang ada di internet itu tidak bisa sembarang dipakai. Kita harus menghargai hak cipta dan memperhatikan penggunaannya. Walaupun di Indonesia masih sangat lemah hukum mengenai ini, ada baiknya kesadaran harus diberikan terlebih dahulu.

 

 

Post by Shinta Ries.

 

Konsep dasar desain juga saya berikan, karena walaupun saya bukan lulusan DKV saya tau persis bagaimana mendesain dengan baik karena sudah banyak e-course khusus web design yang saya ikuti dengan standar yang digunakan blogger internasional (gayaaa). Iya, saya emang ngga suka setengah-setengah belajar, karena hobi saya belajar wekekek. Untungnya punya sedikit otak teknik yang mampu menyerap segala sesuatu dengan baik. Jadi memang lebih paham dan saya tentunya dengan senang hati memberikan informasi ini kepada siapa saja yang memang mau belajar.

Yang menarik adalah, disitu saya memperkenalkan sebagai blogger yang saya sendiri menyebutnya kalau saya adalah blogger matre. Yaitu blogger yang nulis karena dibayar wekekek, yang bahkan blog personal ini sepertinya sudah berubah menjadi etalase toko yak. Tanpa disangka-sangka mereka malah tertarik. Karena memang konsep ngeblog yang baik kemudian mendatangkan rejeki akan selalu menjadi topik yang menarik. Dan kemudian saya mengajarkan mereka bagaimana membangun sebuah blog yang tidak hanya melulu isinya curhat tapi terkonsep dengan baik. Yap ngeblog itu bukan pekerjaan iseng, setidaknya buat saya memang serius berinvestasi di dunia blogging ini dan selalu berharap dunia blogging akan menjadi lebih baik.

 

 

Post by Shinta Ries.

 

Well minggu kemarin betul-betul hari yang padat melelahkan tapi juga membanggakan. Saya sendiripun tidak pernah membayangkan, akhir tahun saya akan begitu indah. Semua berkat konsistensi, kesabaran, konsep yang baik, pemahaman, dan bekerja secara benar tentunya. Yuk kapan lagi mau ngeblog dengan benar dan ber-attitude baik yang ternyata mampu membawa kita ke tempat yang tidak disangka-sangka. Happy Blogging dan selamat tahun baru 2015 πŸ™‚