Kalau yang ikutan tantangan 30 hari menulis, tema tulisannya sepertinya dari sisi usernya yaa. Karena saya dan dua teman saya kreatornya hehehe, jadinya di postingan ini mau memberikan banyak insight aja tentang Blogger Perempuan Network yang bisa dimanfaatkan.

Sejujurnya, saya sedih kalo ada tudingan para blogger baru ini niatnya jadi blogger hanya cari uang saja. Plis, gimana mikirnya ngga hanya mendapatkan uang kalau komunitas yang ada saja isinya memberikan job tanpa ada yang ngajarin cara membangun blognya supaya lebih baik.

Sedari awal, Blogger Perempuan Network bisa dibilang menjadi inkubasi para blogger yang ingin menjadi profesional. Profesional dalam hal ini adalah yang menjalankan profesi blogger dengan penuh tanggung jawab dan memiliki metrik yang bagus, baik itu dalam blog dan juga media sosial. Makanya, sedari awal Blogger Perempuan Network membuat sistem yang dapat dimanfaatkan untuk menuju kelasnya para pro blogger.

Kalau ingin monetize, Blogger Perempuan Network juga menyediakan platformnya di BP Network. Tapi, jangan baper kalau misalnya ngga pernah terpilih mendapatkan job. Bisa jadi karena blognya baru, kehadiran di media sosial belum begitu dikenal (follower masih sedikit), masih belum top level domain, traffik blog masih sedikit, bahkan sesederhana tulisan masih belum nyaman dibaca. Nah, untuk mencapai itu tentunya ada proses khan. Proses ini lah yang dibentuk di Komunitas Blogger Perempuan Network.

Apa Saja Yang Bisa dilakukan di Blogger Perempuan Network?

Saran saya, manfaatkan sampai habis apa yang ada di Blogger Perempuan Network hahaha. Karena kami membangun betul-betul mulai dari nol dengan mempertimbangkan manfaat yang akan didapatkan oleh blogger. Baik secara online maupun offline. Website blogger perempuan ada dua ya. Yang satu di web utama bloggerperempuan.co.id dan komunitas.bloggerperempuan.co.id. Walaupun ada yang menulis bloggerperempuan.com maka akan tetap masuk ke web utama.

Platform Blogger Perempuan Network

Yang pertama tentunya harus daftar terlebih dahulu supaya muncul di directory blogger. Directory ini akan menampilkan semua member yang terdaftar. Tentunya hanya nama, url blog, dan media sosial. Lalu bisa dicari berdasarkan nama atau kategori blog. Keuntungannya, tentunya akan memberikan link hidup, trus sapa tau kalau lagi hoki ada ahensi yang lagi cari blogger dan kepincut dengan blognya teman-teman.

Kedua, di web komunitas juga bisa menitipkan tulisan blog teman-teman yang lagi lagi bisa nambah backlink, pengunjung, dan jadi tempat cari blog untuk blogwalking sesuai interest. Nah ini bertujuan buat yang ngga gabung di FB Group, jadi bisa lebih leluasa memilih apa yang disukainya.

Newsletter

Masih berhubungan dengan web komunitas, setiap senin pagi kita akan blast tulisan terbaru yang ada di web komunitas untuk disebar di newsletter dengan subscriber 5600, yang lumayan banget karena rata-rata dibuka oleh 800an orang dan diklik oleh 100 orang. Ini ngebantu banget buat dapetin traffic. Oia tipsnya, gunakan nama yang unik dan mudah dikenali ya, supaya yang sudah pernah berkunjung ke blog, dia akan kembali lagi tanpa harus buka newsletter ^^.

Facebook Group

Awalnya BP ngga mau loh buka Facebook Grup karena akan dirasa merepotkan hahaha. Tapi akhirnya karena dibantu oleh Mba Alaika Abdullah, alhamdulillah sampai sekarang membernya sudah mencapai 4500+ (dan selalu bertambah setiap harinya) serta aktif sekali.

Kita memang ngga mau grup Facebook nya hanya menjadi sampah membuang link postingan lalu orangnya pergi entah kemana qiqiqi. Jadinya konsepnya lebih ke Admin membuka thread dan semua bisa meninggalkan link di komentar. Sesekali, kami juga membuka beberapa info penting soal blogging dan member boleh bertanya di situ. Maapkan jika terkesan banyak aturan, tapi maklum yah secara tim BP ini anaknya pada freak control hahaha.

Nah kalau ikutan share tulisan dan karena ada di komentar, jadilah semuanya bisa berinteraksi satu sama lain dan lebih teratur. Mayan kan buat blogwalking dan kenalan dengan member baru.

Twitter

Akun Twitternya Blogger Perempuan juga aktif loh. Tinggal mention aja dan tambahin hashtag #bloggerperempuan. Kakmin yang cantik dah emesh akan merituit postingan kalian. Kadang-kadang suka ada chit chat juga di Twitter. Kalau pada fakir follower di Twitter, coba pasang #BloggerPerempuan di profil lalu follow followernya BP juga. Biasanya sesama member atau blogger suka saling follow 😀

Instagram

Biasanya di Instagram, kita selalu rutin adain featured post yang akan di-story dan di-swipe up. Sayangnya, karena keterbatasan sdm, jumlah yang bisa di-post maksimal hanya 10 saja dan biasanya dipilih dari postingan yang menarik bahkan random saja wkwwk. Maapkan yang suka bertanya kriteria pilihan yaa, karena begitulah adanya. Tapi jangan khawatir masih ada cara lainnya untuk eksis di Instagram dengan memanfaatkan BP yah.

Jangan lupa untuk menggunakan hashtag #BloggerPerempuan dan tag @bloggerperempuan di Instagram bahkan di story juga untuk kecatet di hashtag. Saat ini sudah 22k loh yang menggunakan hashtag ini dan reachnya lumayan banyak. Pastikan saja selalu menggunakan hashtag-nya ya. Ssstt banyak yang follow hashtag ini loh, sapa tau jadi nambah kan followernya 😀

Titip Banner

Ini kenapa jadi semacam penitipan motor yah wekekek. Jadi kan tadi sudah disebutkan kalau ada website utama di bloggerperempuan.co.id, nah untuk memberikan backlink ke temen temen blogger jadilah ada show off banner di halaman depan. Selain memang memberikan backlink, tujuan lainnya tentu saja traffic. Kalau mau ikutan juga, bisa submit bannernya di sini yah.

Lomba Menulis

Salah satu cara untuk mempertajam dan melatih tulisan kita adalah dengan mengikuti lomba blog. BP lumayan sering mengadakan lomba blog dengan hadiah yang lumayan. Saking seringnya nih, tim BPN sering bete dan pada mupeng ikutan tapi sayangnya tidak diperbolehkan hahaha. Makanya jangan heran klo lihat saya sering ikutan lomba yang diadakan oleh tempat lain untuk mengasah ilmu menulis. Dari ikutan lomba, saya jadi tau tulisan tulisan bagus yang biasa jadi pemenang untuk dipelajari. Harapannya kan pengen juga ya dapat hadiah yahud dan tulisannya jadi bagus.

Offline Event

Sebetulnya cukup sering BPN mengadakan kopi darat dengan para member. Tahun lalu bahkan saya dan Alma main ke 5 kota sekaligus sampe akhirnya jadi capek sendiri ahahaha. Maklum, udah berusia jadinya tenaga sangat terbatas. Padahal banyak banget yang pengen dikunjungi dan ketemu teman-teman di daerah. Insyaallah di tahun depan kami akan mulai lagi me-list mana-mana yang pengen ditemuin. Karena pastinya seneng banget bisa ketemu member yang jumlahnya udah 4500-an ini dan ngobrol soal blogging.

Nanti kedepannya, akan ada fitur event di web BPN yang didedikasikan untuk teman-teman blogger yang ingin kopi darat sesuai kotanya. Bisa nentukan sendiri tempatnya dimana, yang mau dibahas apa, dan terserah mau gimana hehehe.

Monetize Blog

Yang terakhir, kalo semua sudah dipenuhi seperti mendapatkan trafik bulanan blog minimal 5k/bulan berdasarkan Analytics, DA sudah naik karena banyak dapat backlink dengan nilai minimal 10, lalu media sosial sudah lumayan followernya, baru deh bisa ikut-ikutan endorsement. Jadinya ngga malu mau ngajuin ini itu tapi blognya belum apa-apa.

Nah BPN welcome banget buat blogger baru yang blognya sudah mulai bagus secara konten, tampilan, dan performance buat gabung di BP Network. Jadi bisa dapat honor selayaknya karena menulis di blog dan hasilnya pun jadi lebih baik. Kalo masih ada saran dan kritik buat nambah fitur, boleh banget loh komen. Nanti akan kami pertimbangkan kembali untuk diadakan yaa.

Semoga bermanfaat untuk semuanyaa 😀

0 0 vote
Article Rating