11_zpsd6b1f95dSetiap hari saya bekerja di proyek pembangunan hotel dengan kondisi panas matahari yang menyengat. Tidak jarang kondisi ini membuat kulit saya menjadi kering dan tampak kemerah-merahan. Wajah maupun kulit di tangan menjadi sasaran empuk dari panasnya sinar matahari. Apalagi saya seorang yang menggunakan jilbab, tidak diragukan lagi kalau wajah dan tangan saya berbeda warna dikarenakan sebagian tertutup kain dan sebagiannya lagi mengalami penggelapan kulit.

Untuk menghindari efek buruk dari sinar matahari saya sangat membutuhkan lotion yang mengandung zat pelindung dari sinar matahari supaya kulit tidak bertambah gelap. Selain itu juga saya membutuhkan lotion yang membuat kulit saya putih merata dan tetap terlihat putih, karena saat beraktivitas terpapar oleh debu dan asap yang membuat kulit saya menjadi tidak sama warnanya.

Paparan sinar matahari siang dikenal memiliki efek buruk bagi kulit terutama kulit bagian luar yang tidak terlindungi. Efek buruk sinar matahari antara lain kulit terbakar (sunburn), menghitamnya kulit (hiperpigmentasi), kulit kering dan keriput (early aging). Sinar matahari yang menyebabkan efek-efek yang berbeda ini dibedakan menjadi dua, yaitu sinar ultraviolet A (UV A) dan sinar ultraviolet B (UV B). Sinar UV A menembus lapisan kulit ari (epidermis) dan sinar UV B menembus lapisan kulit jangat (dermis). Efek buruk seperti kulit terbakar (sunburn) adalah efek dari sinar UV B, sedangkan efek buruk seperti menghitamnya kulit (hiperpigmentasi), kulit kering dan keriput (early aging) adalah efek dari sinar UV B. Lotion yang bagus menurut saya adalah lotion yang memiliki perlindungan lengkap untuk UV A dan UV B. Lebih bagus lagi ada zat tambahan bagi kulit seperti vitamin dan menjadikan kulit selalu tampak lebih putih.

Efek Buruk UV A

 

Efek Buruk UV B

 

Efek buruk dari sinar UV A dan UV B dapat diatasi dengan menggunakan zat penangkal yang disebut dengan PA (protection grade of  UV A) dan juga SPF (sun protection factor) untuk UV B. Besaran SPF ditandai dengan besaran angka seperti 15, 36, 50 dan sebagainya. Sedangkan PA ditandai dengan tanda “+” sebagai besaran tingkat perlindungan terhadap sinar UV A. Bahan PA sering juga ditambahkan menjadi satu kombinasi di dalam lotion bersama SPF. Walaupun tidak dapat menghilangkan efek buruk UV A, namun setidaknya dapat dilakukan untuk pencegahan.

spfAda banyak pilihan lotion yang mengandung SPF bermacam-macam. SPF ini adalah Sun Protection Factor yang maksudnya sebagai zat pelindung dari sinar matahari. SPF dicantumkan dalam besaran angka seperti SPF 15, SPF 36, SPF 50 dan lainnya. Ketidaktahuan saya adalah saya berpikir apabila suatu lotion dengan kandungan SPF semakin tinggi maka akan semakin baik juga dalam perlindungan terhadap kulit. Akan tetapi saya salah, ternyata semakin besar kandungan SPF tidak berarti semakin baik pelindungannya, hanya saja hal ini mempengaruhi durasi proses kemerahan pada kulit. Lotion dengan kandungan SPF tinggi tidak diperlukan untuk wanita Asia, karena sebagai wanita Asia, kita memiliki pigmen melanin yang lebih banyak sehingga secara alami sudah memiliki perlindungan terhadap sinar UV B.  Jadi sebetulnya dengan menggunakan lotion yang mengandung SPF 15 saja sudah lebih dari cukup, karena menurut penelitian SPF 15 mampu menyerap sinar ultraviolet sebesar 94%. Sehingga sudah sangat optimal pemakaian lotion dengan SPF 15 sebagai perlindungan sehari-hari.

Berdasarkan hal itu mulailah pencarian saya terhadap lotion yang kandungan minimalnya sebesar SPF 15 serta memiliki PA+. Tentunya dengan kegunaan perlindungan terhadap sinar matahari sekaligus menjaga agar kulit tetap putih. Tidak disangka ternyata Marina mengeluarkan produk lotion yang lengkap, yaitu Marina Hand & Body Lotion UV White Extra SPF 15. Harganya yang pas dikantong dan ukuran sedangnya mudah sekali dibawa-bawa serta cukup di dalam tas tanpa harus membawa tas yang berukuran besar. Marina UV White Extra SPF 15 membuat kulit saya tampak lebih putih  karena pastinya dengan kegiatan saya, kulit menjadi kusam dan tidak terawat dengan baik. Selain itu kandungan SPF 15 – nya mampu menjaga dari paparan sinar matahari yang jahat dan merusak kulit saya.

marina-uv-white-spf151Marina UV White Extra SPF 15 memiliki kandungan yang lebih dari cukup sebagai pelindung kulit dan menjaga kulit agar tetap putih. Terdiri dari SPF 15 yang berfungsi sebagai UV B Protection untuk melindungi dari paparan sinar matahari, dan PA+ yang berfungsi sebagai UV A Protection untuk membantu menghambat proses penggelapan kulit. Komposisi lotion Marina makin lengkap dengan adanya Biowhitening Complex dari Yogurt dan Vitamin B3 & E yang sudah dikenal kaya akan nutrisi, bekerja membantu mencerahkan warna kulit, sehingga tampak lebih putih merata. Yogurt sendiri berfungsi untuk menghaluskan kulit kering, mengelupaskan kulit mati yang menumpuk di kulit, dan mencegah kulit kusam. Kandungan yogurt dalam lotion berfungsi untuk mencerahkan kulit agar terlihat lebih putih alami.

Seperti apa perawatan saya sehari-harinya dan benar tidak ya kalau  Marina UV White Extra SPF 15 bisa mencerahkan kulit saya yang kusam serta melindungi dari efek buruk sinar matahari. Dan wanginya saya suka, sangat lembut dan enak dihidung. Kemasannya yang sedang dan ringan bikin saya tidak pernah lupa untuk membawanya kemana saja.

Kulit Kering Saya 🙁
Pemakaian Marina UV White Extra SPF 15

 

Sesudah Pemakaian, kinclong dan tidak kering 🙂

Hihiy bagus banget kan, ternyata kulit saya yang kusam dan kering langsung bisa kinclong hehe. Saya jadi yakin banget untuk beraktifitas sehari-hari dan tidak takut dengan sinar matahari dan efeknya. Ternyata walaupun kandungan SPF nya 15, mampu untuk melindungi kulit secara optimal. Dan hal ini penting banget loh, karena sebagai wanita yang peduli akan kesehatan kulit dan selalu memimpikan kulit putih bercahaya, buat saya Marina UV White Extra SPF 15 ini jawabannya.

Referensi :

http://www.tempo.co/read/news/2013/03/10/110466230/Perlindungan-Kulit-Paripurna
http://female.kompas.com/read/2011/01/27/07075655/SPF.Bukan.untuk.Masyarakat.di.Daerah.Tropis
http://www.tabloidnova.com/Nova/Kecantikan/Kulit/Aman-Di-Bawah-Sinar-Mentari

http://medan.tribunnews.com/2013/03/07/tabir-surya-spf-tinggi-tak-jamin-melindungi-kulit-dua-kali-lipat

http://www.femina.co.id/cantik/beauty.tips/beda.uv.a.dan.uv.b/002/005/256

Disclaimer :
Tulisan di luar tanggung jawab PT. Barclay Tempo Scan Pacific dan Marina dengan semua asetnya

0 0 vote
Article Rating