Yuhuu masih masa masa liburan, jadi postingan saya seputar liburan yaa hehe. Kali ini saya ke Pekan Raya Jakarta (PRJ). PRJ yang belakangan menjadi kontroversi karena susah dijangkau oleh masyarakat kecil , yang memang butuh biaya yang tidak sedikit untuk sekedar jalan-jalan disitu hehe. Tapi siapa sangka tiap minggu ke minggunya makin ramai saja, penuh dengan mobil sampai susah mencari parkir. Jadi ada baiknya kalau datang sekitar jam 10 pagi atau setelah jam makan siang di hari minggu. Kalau malam, sudah dipastikan ya bakalan susah cari tempat parkir.

Persiapan Dari Rumah

Sebelum memulai kunjungan ke PRJ, ada baiknya mempersiapkan hal-hal kecil apalagi kalau punya balita. Saya menyiapkan susu tentunya, baju ganti, handuk ganti, tempat minuman dan makanan kecil. Banyak sekali penjual makanan dan minuman, tapi saya yang rada protektif masalah makanan memilih untuk membawa camilan sendiri. Jangan sampai mereka disana makan makanan yang mengandung penyedap rasa yang berlebih. Tidak lupa saya pakaikan sepatu kepada dua anak saya, supaya mereka nyaman berjalan kali dan yang pasti resiko sakit karena terinjak jadi berkurang hehe.

Uang tunai sebaiknya disiapkan, karena posisi atm berjalan ada di dalam arena PRJ. Bakalan repot kalau mau membayar tiket masuk dan sekedar beli minuman harus cari atm dulu hehe. Jangan lupa untuk bawa atm untuk debit atau kartu kredit untuk dipakai belanja qeqeqe.

Mukena juga sudah tersedia di musholla PRJ dengan susunan rapi dan bersih untuk digunakan, jadi tidak diperlukan lagi membawa dari rumah. Kalau merasa sreg dengan mukena sendiri, ngga ada salahnya juga dibawa.

Tiket dan Peta

Untuk kendaraan bermotor roda empat, biaya masuknya adalah dua puluh ribu rupiah sedangkan kendaraan bermotor roda dua sepuluh ribu rupiah. Biaya masuk per orang adalah dua puluh lima ribu rupiah, dan buat anak kecil di bawah tinggi seratus meter gratis ^^.

Pada saat kita membeli tiket, akan ada lembaran promosi yang bisa ditukarkan dengan produk produk sponsor. Ada yang menambah bayaran, ada juga yang gratis dengan pembelian. Lumayan banget untuk menghemat. Supaya tidak kesasar saat di dalam arena PRJ yang luas banget, penting banget untuk menyimpan peta yang diberikan saat membayar tiket masuk. Peta ini memuat stand yang ada di dalam arena pameran, nama pintu gerbang dan tempat strategis seperti toilet dan Musholla.

Mulai dari Mana

Arena PRJ yang besar bakalan bikin kita lelah untuk menyusuri satu persatu stan yang ada, apalagi kalau membawa anak kecil. Nah tips pertama saya, mulailah dengan mencari loket wara wiri hehe bukan acara wara wiri yang di televise swasta ya. Wara wiri adalah fasilitas untuk berkeliling di arena PRJ dengan menggunakan kereta mobil, asiknya kita ngga perlu jalan kaki satu persatu hanya untuk melihat jenis produk pameran yang ada. Untuk menggunakan wara wiri ini dikenakan biaya tiket lima ribu rupiah sekali perjalanan. Kenapa sekali, ternyata wara wiri ini tidak kembali ke tempat asal kita naik, tapi berhenti di loket wara-wiri lainnya. Jadi kalau ingin kembali ke tempat semula kita membayar dua kali tiket alias sepuluh ribu rupiah.

Tempat Permainan Anak anak

Buat yang punya anak balita seperti saya, pastinya ngga nyaman banget mengajak anak-anak jalan di keramaian apalagi mau hunting diskonan buat lebaran hahaha (ketauan motifnya ke PRJ). Nah untungnya salah satu tempat yaitu tepatnya di Gambir Expo ada danau buatan yang nyaman banget untuk duduk dan istirahat. Ada juga miniature candi yang asik banget buat foto-foto.

Ada permainan air di danau seperti bola air, bumper boat, bahkan ada arena mainan seperti kincir angin raksasa, bungee jumping, sampai loncat-loncatan di kasur eh apa sih namanya qiqiqi. Yang seru juga ada buat anak dan orang tua sepeda tandem, becak mini dan kereta api mini. Dijamin emaknya bakalan tenang meninggalkan anak-anak bermain dalam pengawasan bapaknya qiqiqi. Harga permainan berkisar sepuluh ribu sampai dengan duapuluh lima ribu rupiah

 

Belanja Yukkk

Yang paling asik buat emak emak adalah belanja pastinya hahaha. Bukan rahasia lagi kalau PRJ adalah tempatnya cuci gudang. Semua brand yang ada rame rama buat sale disana. Mulai dari pakaian anak, pakaian dewasa pria dan wanita, kosmetik ternama, sandal yang paling banyak dipalsukan, makanan sampai segala macam barang yang ada. Diskonnya enggak tanggung-tanggung loh sampai delapan puluh persen dan itu saya jamin beneran murah banget hihihi. Lumayan banget apalagi mau lebaran seperti ini, kebayang dong berapa penghematan saya untuk barang-barang kualitas walaupun seasonnya sudah lewat. Cerdas apa pelit ya, ah beda tipis kok qeqeqe.

Hiburan

Bukan PRJ namanya kalau ngga ada hiburan gratis. Segala macam live musik yang ada di stan, ataupun panggung selalu ada. Walaupun bukan artis tapi lumayan untuk hiburan hehe. Setiap stan juga punya mascot yang berbentuk badut, yang membuat anak-anak suka melihatnya dan bisa diajak foto bersama. Oia ada patung manusia juga loh, bentuknya macam-macam dan aneh hihihi. Saya ngga ambil foto karena anak-anak pada ketakutan lihatnya. Sewaktu saya kesana juga ada Cosplay, wah seru dan ramai melihat tampilan para pecinta anime. Sewaktu menjelang malam juga ada korea lantern park, tempat seru untuk merasakan suasan korea seperti salju dan lampion warna warni yang lucu. Hiburan kurang lengkap ya tanpa mba penjaga alias SPG yang cantik-cantik qiqiqi.

Makanan

Makanan cepat saji juga ikut buka stan disana. Salah satunya ada Yoshinoya dan Gokanna, kalau saya cenderung memilih yang terakhir karena sudah jelas kehalalannya. Tidak lupa, makanan khas PRJ. Yang kalau tahun Sembilan puluhan akhir saya sekeluarga ke PRJ hanya karena ingin mencicipi enaknya makanan ini. Yak betul Kerak Telor hehehe, sekarang sudah banyak yang berjualan di mana-mana. Tapi kurang afdol rasanya kalau ngga mencicipi langsung di PRJ. Penjual kerak telor ini banyak sekali, baik di dalam stan maupun diluar. Antriannya juga ngga kalah panjang hehe. Indomaret juga membuka lapaknya, jadi jangan khawatir ngga bisa jajan ataupun makan disana hehe. Jangan lupa saat pulang untuk membeli oleh-oleh atau kenang-kenangan dari PRJ.

IMG_4418

Waa panjang juga tulisan liburan saya kali ini, moga moga bisa jadi alternatif liburan dijakarta yaa saat libur panjang. Oia PRJ ini hanya ada setahun sekali saat liburan panjang dan berlangsung selama sebulan. Untuk tahun 2013, PRJ akan berlangsung sampai tanggal 7 Juli. Selamat liburan dan hunting diskonan yaa.

0 0 vote
Article Rating