Sewaktu liburan ke Bali bersama anak-anak dan geng blogger, setiap harinya kita memilih makan junk food hahaha. Selain karena alasan praktis dan sedia makanan setiap saat karena daerah wisata yang jauh, kendala lainnya adalah ketidaktahuan akan makanan di Bali. Saya dan dua teman blogger yang membawa anak tidak mau bertaruh dengan makanan yang tidak cocok. Akan repot kalau makanannya ngga enak atau malah anak-anak tidak cocok. Padahal yang namanya liburan kan maunya juga punya pengalaman kuliner kan ya.

Masalah lainnya adalah harga hahaha. Maklum deh kalau bepergian serombongan gini, bajetnya kudu ditekan habis-habisan biar tidak terlalu boros. Apalagi makanan di Bali terkenal mahal kalau yang fancy dan enak. Sedangkan saya dan teman blogger ngga mau terlalu pusing memikirkan soal makanan. Ngga mau ribet kudu ke sana ke mari cari makanan. Apalagi mikirin harga yang lumayan mahal.

Setelah pulang liburan dan ada rencana ke Bali lagi, baru deh mulai googling cari makanan yang murah meriah dan wajib disambangi. Dan ternyata ada beberapa referensi yang bagus untuk dijajal. Iseng-iseng aja ditulis di blog, karena kadang mencari dan mengingatnya lebih gampang. Siapa tau banyak yang pengen tau juga hehehe. Jadi, ini dia 5 makanan murah di Bali versi saya kalau mau wisata kuliner.

Warung Gurihan

Penggemar barbeque? Saya juga loh. Makanya warung ini masuk ke list pertama. Warungnya sederhana semi terbuka yang katanya punya menu barbeque dengan bumbu saos yang khas dan lezat. Bisa milih berbagai bahan makanan dengan bahan dasar seperti daging, iga, ikan, seafood, terong, pisang, bahkan tempe juga ada. Semua dipanggang fresh jadi bakalan enak banget rasanya. Letaknya ada di daerah Renon, Denpasar dan Jalan Raya Mas Ubud, Campuhan. Soal harga? Masih terjangkau kok.

Nasi Pecel Bu Tinuk

Sudah pasti makanan ini terkenal sangat murah. Walaupun pecel ini ada di Bali, tidak serta merta menjadikannya mahal. Karena satu porsi nasi pecel, bakmi, plus ayam suwir hanya 10rb saja loh. Kalo belum puas, tinggal tambahkan lauk sesuai keinginan dan harganya juga jelas ada. Warungnya ini terletak di Jl Raya Tuban, sebelah Apotek Kimia Farma Badung. Warung murah tentunya ramai pengunjungnya, jadi tip yang perlu diingat adalah datang lebih dulu sebelum jam makan supaya dapat tempat duduk *noted.

Nasi Campur Men Weti

Makanan khas Bali itu sendiri, ternyata adalah nasi campur. Memang sih ada banyak nasi campur yang dijual di mana mana. Makanya lebih ribet untuk tahu mana nasi campur yang benar-benar enak. Setelah cari referensi sana sini sih, warung nasi campur Men Weti yang dimiliki ibu Made Weti adalah yang terkenal di kalangan masyarakat setempat. Letak warung ini ada di Sanur dan ramai sekali dikunjungi orang-orang. Harganya juga murah meriah. Hanya 18rb saja untuk satu porsi nasi campur yang berisi nasi putih, lauk pauk, dan sayuran urap Bali, ayam suwir betutu, telur pindang, sambal, keripik kulit, dan kacang goreng renyah. Murah bangettt 😀

Pasar Malam Kreneng

Sejujurnya saya baru tau adanya pasar ini. Yang terkenal kan memang Pasar Sukowati, tapi memang ngga ada jajanan makannya. Nah, kalau di Pasar Malam Kreneng ini, selain ada barang dan souvenir ternyata ada wisata kulinernya juga. Tapi hanya di malam hari. Yang tadinya di siang hari adalah pasar, kalau malam ternyata banyak yang berjualan jajanan. Jadi bisa bebas banget pilih-pilih makanan tanpa takut membayar mahal. Karena kan standar pasar ya hehehe. Oia, letaknya ada di Jl Kamboja Badung di Denpasar.

kuliner-murah-bali

Ayam Betutu Men Tempah Gilimanuk

Siapa yang belum pernah jajal aya betutu? Kayaknya kok ngga menginjak Bali ya kalo belum makan ini hehehe. Banyak sih warung yang jualan dan sering juga makan di berbagai restoran yang berbeda. Tapi sepertinya wajib makan Ayam Betutu Men Tempeh yang ada di Terminal Lama Gilimanuk, Desa Gilimanuk, Jembrana. Katanya sih berbeda dan lebih enak, apalagi memang sudah sangat populer. Harga ayamnya 30rb per porsi, yang tentunya masih sangat terjangkau. Pasti lebih enak lagi kalo makan dengan pelecing kangkung, lawar ayam, dan sambal. Duh jadi ngiler >.<

Nulis makanan enak dan murah kalau lagi ke Bali, tiba-tiba jadi pengen banget deh ke sana. Memang sih menjadwalkan banget mau ke sana lagi akhir tahun ini. Jadinya lagi berburu banget nih tiket dan hotel murah. Salah satunya udah pasti hunting tiket pesawat online yang gampang ditemukan di mana-mana. Banyak googling, banyak cek harga, dan rajin-rajin lihat promo. Siapa tau bisa liburan serombongan lagi sampe 9 orang seperti kemarin hehehe.

0 0 vote
Article Rating