Siapa yang ngga kenal google? ayo ngacung hehehe. Kudet kudet kudettt bangettt kalo sampe ngga kenal sepuh internet ini. Entah mulai kapan asalnya, saya waktu itu udah mendengar istilah Mbah Google dari tahun 2006. Semakin lama panggilan tersebut mulai populer dan sudah lazim digunakan untuk merujuk pada search engine google.com. Lebih dalam lagi, ternyata kata google juga sudah disahkan menjadi sebuah kata baru di Oxford Dictionaries.

Pernah juga sewaktu saya kuliah, saya mempresentasikan bagaimana work culture google dan ngga lupa membahas google boys nya yang ganteng-ganteng hehehe. Presentasi ini sukses bikin temen-temen terbengong-bengong dengan kantor google yang memiliki fasilitas idaman bagi setiap orang yang bekerja. Pada kenyataannya, dengan work culture yang dibangun mampu memberikan profit yang tinggi dan meningkatkan kreativitas para pekerjanya.

kantor-google-indonesia

Bertahun-tahun berlalu semenjak saya membahas Googleplex yang ada di California itu. Tanpa pernah sekalipun berpikir kalau saya bakal punya kesempatan untuk mengunjungi kantornya yang hanya bisa dilihat dari gambar ataupun video. Tanpa disangka-sangka, keintiman saya dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB) membawa keberuntungan tersendiri buat saya. Kalau saya bilang, inilah rejeki yang ngga disangka-sangka hehehe. Siapa sih memang saya, yang bisa diundang eksklusif dan terbatas untuk bisa mengunjungi kantor Google. Dan kebayang, bakal berapa banyak netizen Indonesia yang ngiri dengan kepergian saya dan Komunitas KEB di kantor Google ini hehehe.

Komunitas KEB memang unik. Seluruh anggotanya adalah perempuan dan rata-rata sudah berkeluarga. Walaupun banyak juga anggota yang masih imut-imut alias abege dan single ^^. Komunitas ini adalah komunitas khusus blogger. Hanya yang memiliki blog saja  dan perempuan yang boleh bergabung. Maap banget memang, yang laki-laki ngga boleh gabung  yaa hehehe.

Usia yang masih teramat muda yaitu dua tahun, ngga bikin KEB merasa komunitas yang piyik banget loh. Malahan, udah eksis kemana-mana berkat asuhan Makpuh Indah Julianti dan Foundernya Makpon Mira Sahid. Tentu saja segenap jajaran makmin yang selalu giat bersinergi dengan komunitas lain terutama blogger.

Nah, karena KEB adalah komunitas yang unik banget yaitu anggotanya semua perempuan. Hal inilah yang membuat Mba Eunike Kartini (Google Plus Community Manager Google Indonesia) tertarik untuk mengenal lebih jauh dan mengundang KEB untuk datang ke kantor. Wah, spesial banget ternyata KEB dimata Google Indonesia. Karena apa, mereka tentu lebih tau kalau dunia internet di Indonesia besar karena banyak komunitas yang aktif terutama komunitas blogger. Dan sebagai salah satu komunitas yang lumayan besar dan eksis bangett (hehehe) maka tertariklah mereka dengan KEB. Makanya buat yang udah gabung di KEB, yuk lebih aktif lagi dan jadikan KEB sebagai rumah emak di dunia maya. Sapa tau dapet kesempatan langka buat sowan ke mbah google ^^.

Saat ini, Google memiliki 70 kantor yang tersebar di 40 negara. Dan Indonesia sebetulnya memang tergolong baru. Ini terlihat masih adanya petugas maintenance yang mondar mandir untuk sekedar membetulkan genteng dinding dan perawatan kecil lainnya. Uniknya, kantor google ini disetiap negara menyesuaikan dengan kultur dari negara itu sendiri. Hehehe seru dan lucu lihat karya anak bangsa dengan kebanggaan budaya kita di kantor dengan skala internasional ini.

Mungkin ada yang ngga tau, saking unik dan lekat dengan budaya bangsa sampai ada becak. Iya becak dikantor modern itu yang terletak di pusat bisnis ibukota Jakarta. Dan bukan ditaro gitu aja, tapi digantung di atas plafon hahaha. Masih ngga percaya? Hihihi entah kenapa, yang saya ceritain ini malah becak duluan yak. Karena saya kagum banget dan bangga, sekelas google aja masih mau menggunakan transportasi rakyat ini sebagai salah satu dekorasi kantornya.

Penamaan ruangan kerjanya pun asli Indonesia banget. Seperti Alun-alun, Gelora Asmara, Bung Karno, Potong Bebek Angsa, Gudang Rezeki, dan Cucok. Hihihi kita semua pas masuk, terkaget-kaget dan penuh tanda tanya. Kenapa penamaan ruangnya unik dan lucu kaya gitu. Apalagi yang namanya Gelora Asmara hahaha pasti udah pada beda aja mikirnya wekekek. Ternyata ini karena ingin lebih Indonesia aja dan nama-namanya juga dipilih dari karyawannya sendiri. Sayangnya, di ruang kerja ngga boleh foto-foto tapi kita bisa meninggalkan jejak alias corat-coret ditembok loh hehehe.

Sesuai standar yang memang sudah ditentukan oleh Google pusat. Walaupun sudah memiliki sentuhan lokal, tetap saja fasilitas utama harus ada. Iyaaa apa cobaa huhuhu ini nih yang bikin mupeng. Sudah tau kan, kalo kantor Google dimanapun itu menyenangkan. Begitu juga disini, fasilitas standar (iya ini standarnya) video game, tempat tidur, tempat main pingpong, ayunan, dapur yang bersih dengan makanan yang sehat, sampai cafe yang nyaman dengan dekorasi yang menarik. Huhuhu mupeng abis deh pokoknya.

Selain kita bisa tour office, ternyata kedatangan KEB ke Google Indonesia ngga hanya sekedar foto-foto doang loh hehehe. Kita juga dibekali informasi mendalam tentang produk Google. Nah berhubung yang mengundang adalah mba keke manager community Gplus. Jadilah kita mendengarkan presentasi tentang kehebatan dan kecanggihan Google Plus. Hayoo sapa yang belum punya Gplus? ngacungg hihihi. Pasti pada ngaku, punya tapi ngga pernah dipake :-P. Iya saya juga ngaku bangetttt. Nah cerita tentang Gplus ini ada enaknya saya buatkan posting tersendiri yaa. Biar puas penjelasannya. Karena dengan banyaknya fitur gratis yang dimiliki Gplus, sayang banget kalau ngga dimanfaatkan ^^

0 0 vote
Article Rating