Yang pada lihat Instagram post saya beberapa waktu lalu, pasti udah tau kalo kemarin pas ke India saya naik kereta api. Iya, kereta yang kata orang-orang kok kaya jaman dahulu hahaha. Percayalah sodara-sodara, ngga seekstrim itu kok. Malahan menurut saya nih, kereta lama masih terpakai berkat perawatan yang rutin banget. Jadi walaupun penampakannya jadul tapi beneran bersih dan semua masih berfungsi dengan sangat baik sampai ke toilet-toiletnya.

Kalau mau dibandingkan antara kereta di Indonesia dan India, tentu saja di Indonesia sekarang lebih nyaman dan enak. Beda kereta beda kelas, sedangkan kalau kereta luar kota India, beda kelas hanya beda gerbong saja. Tentu saja saya ambil gerbong ekonomi yang sleeper hahaha. Murah dan lumayan nyaman. Tapi tetep dong masih lebih nyaman kereta di Indonesia yang harga kelas eksekutifnya masih setengah harga dari kelas eksekutifnya kereta India. 

Lalu karena kereta India ada gerbong second class yang tanpa nomor tempat duduk, jadinya masih pada rebutan kalau yang beli tiket di kelas itu. Sedangkan kelas ekonomi kita seperti itu udah jaman dulu banget ya, sekarang lebih beradab lah ya dan ngga ada yang tidur di bawah lagi qiqiqi.

beli-tiket-kereta

Mau bandingkan apa lagi? Hmm gimana kalo saya bilang saya ikutan ngantri beli tiket kereta dan ngga paham apa apa bahasa India. Yap, suasana antrian gile ya bok, udah kaya di pasar gitu. Kaget banget dan takut waktu itu. Karena memang kan seharusnya bisa dibeli online, tapi karena satu dan lain hal saya jadinya beli go show.

Untunglah ada jalur antrian khusus untuk perempuan dan manula gitu. Setelah antri ngga pake lama, akhirnya bisa kebeli tiket ke Udaipur dengan harga murah meriah karena saya ngga paham yang tersedia itu adalah second class wkwkwk. Kebayang khan gimana panas dinginnya ngadepin kereta India yang stigmanya udah kaya gitu buat orang Indonesia.

Enaknya itu, ternyata tersedia gerbong khusus perempuan loh yang second class. Jadi alhamdulillah banget, saya masuk ke gerbong yang isinya perempuan semua dan aman jaya. Tapi memang ngga ada nomor tempat duduk dan lagi-lagi hoki karena bisa dapat tempat duduk yang nyaman walaupun agak berisik.

Setelah perjalanan semalaman kurang lebih 12 jam, akhirnya saya sampailah di sebuah kota bernama Udaipur yang indah banget menurut saya. Ada beberapa tempat wisata yang oke karena kotanya memang dikelilingi oleh danau. Tentunya perjalanan di kereta yah bisa dibilang ngga terlalu nyaman hahaha. Ya karena di second class dan ngga bisa rebahan aja.

Kalau di Indonesia, perjalanan kereta api pastinya bakal nyaman kalau pilih kelas eksekutif seperti waktu saya dan anak-anak ke Semarang. Di Semarang pun banyak tempat wisata yang lumayan untuk dikunjungi buat keluarga. Salah satunya yang saya kunjungi waktu itu adalah Taman Bunga Celosia.

Taman Bunga Celosia Yang Tidak Berbunga

Saya biasanya memilih naik kereta api kalau liburan bareng anak-anak. Waktunya lebih santai dan lebih bisa menikmati perjalanan. Ngga jauh-jauh, biasanya ke Semarang untuk ketemu keluarga atau pas mudik. Enaknya di Semarang itu, lokasi liburannya banyak apalagi daerah atas. 

Salah satu yang saya kunjungi saat itu adalah Taman Bunga Celosia. Sayangnya, tempatnya tidak seindah namanya hikss. Dalam bayangan saya, tamannya bakal indah banget dengan kincir yang seperti di Belanda. Namun sepertinya bunganya belum banyak yang mekar dan beberapa sudah rusak terinjak-injak.

Beberapa bunga ada di sini, tapi saya hanya ingatnya bunga matahari yang itupun tidak banyak. Karena yang lainnya belum berbunga dengan sempurna dan beberapa tanahnya juga kering. Tapi menurut saya sudah lumayan lah, tinggal menunggu tahun depan siapa tahu ada perubahan dan telah dilakukan perawatan. Apalagi walaupun keadaan begitu, masih bisa buat photo photo kece qiqiqi.

Untuk menjangkau tempat ini, tentunya lebih nyaman kalau naik kendaraan pribadi. Lokasinya jauh di Semarang atas dan lumayan macet kalau peak season seperti hari lebaran. Mungkin di hari biasa ngga terlalu padat ya.

Tentu saja kalau dari Jakarta yang paling enak naik kereta, apalagi kalau sama anak anak. Lebih santai dan ngga keburu-buru wekekek.ย Nah kalauย kereta api Indonesia khan sekarang gampang banget kalau mau beli tiket karena sudah online. Bisa beli di berbagai ecommerce yang ada, seperti Pegipegi misalnya. Ngga perlu lagi antri kaya saya pas di India hahaha. Trus biasanya juga banyak promo yang tentunya bisa menghemat budget liburan.

Rencananya tahun depan pun ke Semarang juga naik kereta lagi. Maklum klo lebaran harga transportasi ngga bersahabat, jadi mendingan budgetnya bisa dipake buat liburan deh. Apalagi di Semarang masih banyak yang belum dikunjungi nih.