Kaya tetangga saya nih, blogger juga. Rajin banget kayaknya belanja online. Ngga suaminya, ngga istrinya wkwkwk. Masalahnya, mereka ini jarang banget ada di rumah. Karena hanya tinggal bertiga saja kan. Kalau suami kerja, anaknya biasanya diajak istrinya pergi setelah pulang sekolah karena ada keperluan. Jadinya, sering banget nitip kiriman JNE ke rumah. Abang JNE-nya sampai hapal banget sama rumah saya.

Si tetangga yang bernama Desy Yusnita itu, tinggal bilang ke abangnya, nitip di rumah depan dulu ya bang. Trus abangnya tinggal jawab, oh rumah Mba Shintaries ya wekekek. Maklum, saya pelanggan online shop juga. Sampe beras aja beli lewat online hahaha. Jadi sudah hapal banget sama rumah saya. Saya sendiri juga ngga masalah dititipin. Toh juga ngga mengganggu dan selalu ada orang juga di rumah.

Tapi kalau punya masalah yang sama kaya Desy, trus ngga kenal tetangga dan ngga enak nitip barang. Sekarang bisa pakai layanan JNE PopBox. Kemarin sempat lihat sih di Twitternya JNE yang miminnya ngejelasin tentang PopBox dan sedang promo gratisan. Duh saya mah kalo ada kata-kata gratis cepet deh hahaha. Cepet cari infonya deh. Makanya langsung rajin hunting cara penggunaan PopBox ini.

jne-popbox

Gambarnya itu saya ambil dari Twitternya JNE. Karena masih penasaran dan biar inget, jadinya ditulis di blog. Biar ngga ribet cari info lagi hehehe. Pada dasarnya, PopBox ini adalah loker otomatis pengambilan barang yang kita beli dan menggunakan jasa pengiriman JNE. Nah, biasanya kan kita suka milih seller yang lokasi di Jakarta kan. Karena ongkir dan barang yang pengen cepet dateng. Kalau ada yang gratis, pasti milih yang gratisan dong hahaha.

Apa Itu JNE PopBox?

JNE PopBox ini adalah layanan pengiriman dari JNE. Menjadi solusi buat kita yang suka belanja online, tapi jarang ada di rumah. Atau kaya kemarin deh, yang ribut dengan undangan fisik dan telat terimanya karena ngga terkirim ke alamat yang benar. Jadi penggunaan PopBox ini, akan menjadi solusi layanan pengiriman yang cepat, tepat penerima, privasi karena kita yang mengambil, dan cocok buat yang mobile.

Penggunaannya sangat praktis dan mudah banget. Kita tinggal request kepada pengirim untuk melakukan pengiriman melalui PopBox yang terdekat dengan rumah, setelah terkirim dan menerima SMS notifikasi kalau paketan sudah di PopBox, tinggal dateng ke PopBoxnya dan masukkan kode PIN untuk membuka loker. Udah gitu aja, gampang kan. Yang gratis itu tadi adalah ongkos kirim dari Jakarta ke Jakarta selama periode 23 Agustus s/d 23 September 2016.

popbox1

Lokasi PopBox ini sangat strategis. Yaitu di mall, apartemen, kampus, dan stasiun yang mudah dijangkau. Kaya sekarang kan, kita seringnya memakai transportasi kereta api. Jadi lebih enak kalau beli barang, bisa sampai hari ini juga. Misalnya order pagi, lalu sorenya sudah sampai barangnya di Stasiun Sudirman. Tinggal ambil deh dengan memasukkan kode PIN yang kita terima melalui SMS.

PopBox Stasiun Sudirman
PopBox Stasiun Sudirman

Selain Stasiun Sudirman, PopBox ini juga ada di Stasiun Cikini, Tanah Abang, Gondangdia, Juanda, Manggarai, dan Pasar Minggu. Lebih lengkapnya bisa dicek di http://www.popbox.asia/locations. Kalau kelupaan ambil, barangnya akan tersimpan maksimal 3 hari atau 71 jam ya. Jika lebih dari 3 hari, maka barangnya harus diambil di service center JNE S. Parman Slipi Jakarta Barat.

ukuran-kotak-jne-popboxKalau sedang tidak promo, harga untuk pengiriman melalui PopBox Jakarta ini adalah 15rb/kg dan berlaku kelipatan. Maksimal berat barang yang dikirim itu sendiri adalah 5kg ya. Karena kotaknya itu sendiri, paling besar ukuran L (33x48x48cm) dan paling kecil ukuran XS (20x24x48cm).

Cara Menggunakan JNE PopBox

Jumlah total JNE PopBox di Jakarta ini ada 37 loker yang tersebar di berbagai lokasi. Semuanya dapat digunakan, dengan mengirimkan barang dari 62 titik layanan JNE di Seluruh Indonesia. Pastikan saja, kotanya itu memiliki layanan YES (Yakin Esok Sampai) atau di kantor-kantor cabang utama JNE. Cara mengirimkan barang juga sangat sederhana, alurnya bisa dilihat sebagai berikut:

  1. Pelanggan yang akan mengirim, datang ke JNE Cash Counter dan memilih jenis/tipe PopBox sesuai dengan ukuran barang dan pilihan pengiriman.
  2. Pilih lokasi loker PopBox terdekat. Total ada 37 titik, yang dapat dipilih yang sesuai request penerima atau yang paling dekat.
  3. Kemudian, penerima akan menerima kode PIN melalui SMS untuk membuka loker, di lokasi PopBox yang sudah direquest.
  4. Penerima akan datang ke loker dan membuka loker sesuai dengan kode PINnya. Dan tadaaa, barang langsung diterima loh. Gampang dan praktis kan.

cara-menggunakan-jne-popbox

Kalau kesulitan membuka, atau ternyata barangnya ngga ada di loker, tersedia HOTLINE POPBOX di nomor 021 – 2902 2537/ 021 – 2902 2538 Β dan bisa telepon aja CUSTOMER CARE JNE di 021 – 2927 8888. Bisa juga kalau ternyata lokernya penuh. Nah ini akan diinfokan lagi oleh petugas, apakah mau dikirim ke alamat yang wilayah Jakarta, di antar ulang ke loker, atau di ambil sendiri ke service centre JNE di S. Parman Slipi Jakarta Barat.

Promo Gratis Ongkos Kirim #JNEPopBox

Mumpung lagi promo free ongkir nih, bisa banget dimanfaatin. Caranya mudah, cukup datang ke kantor perwakilan JNE di lokasi drop barang, yaitu di Matraman, Kelapa Gading, Hasyim Ashari, Tomang 45, Tomang 6, Tomang 9, S. Parman, Casablanca, Fatmawati, Mampang, Pasar Minggu, Pondok Pinang. Kemudian tinggal terima deh di loker yang ada terletak di lokasi di bawah ini ya.

jne-popbox2

jne-popbox1

Jadinya praktis dan ngga ribet ya. Untuk ukuran sehari sampai, lebih murah loh daripada pakai kurir ojek online hehehe. Kalo buru-buru pengen terima barang, bisa banget nih dimanfaatkan. Lokasinya juga gampang dan strategis. Sudah ada yang coba JNE-PopBox?