Selama puluhan tahun, Indonesia dan Jepang mengalami hubungan panjang dan dalam sertam memiliki ikatan yang kuat satu sama lain. Semenjak kecil, generasi saya alias generasi 80an sangat akrab dengan kebudayaan Jepang. Mulai dari kepopuleran komik/anime, kartun Jepang, drama Jepang, sampai lagu sepanjang masa Kokorotomo. Ngga heran, saat diberlakukan Visa Waiver ke Jepang, orang Indonesia berbondong-bondong membuat e-paspor. Termasuk saya hehehe. Dan mimpi masa kecil pengen ke Jepang bisa tercapai.

Untuk memperingati perayaan persahabatan antara Indonesia dan Jepang ini, diadakanlah festival yang menyatukan dua budaya berbeda. Tema tahun ini adalah Indonesia & Japan Always Together. Tentunya memiliki arti mendalam, yang dalam situasi kapan pun dan bagaimana pun, kedua negara tetap berdampingan dan hatinya menyatu. Kalau ngaku pecinta Jepang, pasti ngga akan melewatkan perayaan ini yang dinamakan Jak-Japan Matsuri!

Tahun ini ada yang istimewa di pagelaran tahunan Jak-Japan Matsuri. Setelah yang ketujuh kali rutin diadakan, di tahun ke delapan ini ada yang berbeda. Yaitu perayaannya digelar selama 2 hari berturut-turut di Parkir Timur Senayan. Penggemar Jepang pastinya tidak akan melewatkan hal ini, begitu juga saya dong. Iyes, Jak-Japan Matsuri 2016 hadir lagi yang merupakan matsuri terbesar di Jakarta. Wowww, sayang banget kalau dilewatkan.

poster-01

Catat tanggalnya, besok tanggal 3 dan 4 September 2016 bakalan rame banget dengan performance dan eksibisi dari berbagai macam perpaduan budaya Indonesia dan Jepang. Matsuri yang artinya festival ini, bakalan menjadi yang terbesar di Jakarta. Selain karena 2 hari berturut-turut, hadir juga food truck berisi kuliner khas Jepang, Bon Oodori, Mikhosi, #JJMYukataContest. Sttt kalau pake Yukata terunik akan dapat hadiah loh dari JJM.

Selain itu, performance yang hadir di panggung utama juga ngga kalah keren. Di Jak-japan Matsuri 2016 ini akan hadir banyak sekali special performance. Jangan lewatkan Andien, Tulus, Lesti D’Academy, Kuriya Makoto, Ogawa Daisuke, dan tentunyaa JKT 48 loh! Buat penggemar JKT48, apalagi khusus para wota yang udah pada pengen nonton idolanya, catat ya jadwalnya besok loh tanggal 3 September 2017, Jam 20.10 – 20-40 WIB. Siap-siap yaaa!

slide8

JKT48

Selain special performance, jangan lewatkan performance keren lainnya loh. Apalagi buat penggemar J-Pop dan cosplay. Ada Amehana, DJ Yochi, Eisa-Taiko, Fadia Alyani, Hydra, Kabuki Range, Kawaii Metal, Lumina Scarlet, MEA, Niwakaraa, Rei Narita, Ren Ai, Shadow Cosplay Team, Unleash The Karma, V-Kanon, Walk Into Sunset, dan masih banyak lagi. Mau tau jadwal lengkapnya?

slide9

Jadi, jangan lewatkan acara keren yang cuma ada setahun sekali ya di Jakarta. Harga tiketnya murah banget, 30rb aja untuk dua hari loh. Bisa cuci mata, nongkrong asik serasa di Jepang, seseruan nonton performance, icip-icip kuliner Jepang, dan yang pasti makin ngerasa dekat ya dengan Jepang. Ugh, saya jadi kangen banget nih ama Jepang huhuhu. Siap-siap yuk buat dateng besok, festival dibuka jam 12 siang sampe jam 9 malam untuk besok sabtu dan jam 10 pagi sampai 9 malam di hari minggu. Wuih puas banget pasti Jejepangan di Jak-Japan Matsuri 2016! See you there yaaa 😀