Makanan menjadi hal penting dalam sebuah acara. Bahkan, parameter suksesnya suatu acara biasanya diukur dari makanan loh. Makanannya enak, ngga kehabisan alias cukup, menunya bervariasi, dan bikin bertanya-tanya, pakai catering apa? Iya ngga hehehe. Apalagi di acara pernikahan. Duh ngeri-ngeri sedap kalau sampai tamu kehabisan makanan. Saya mendingan agak dilebihkan, kalau masih bersisa bisa dikasih ke panti asuhan kan.

Dulu tuh, pas waktu menggelar resepsi pernikahan, yang pertama kali dicari setelah mendapatkan gedung adalah cateringnya. Ngga bisa main-main karena jumlah undangan yang cukup banyak dan juga reputasi dipertaruhkan banget. Malu banget kalau makanannya habis atau rasanya ngga begitu enak. Ini juga berlaku kalo lagi bikin acara ulang tahun atau event tertentu.

Jasa catering ini, ngga hanya dicari saat pernikahan aja kan ya. Tapi juga acara kecil seperti ulang tahun, event, pertemuan keluarga, arisan, dan segala macam yang perlu banget makanan yang enak dan menunya ngga itu-itu aja. Memang sih bisa masak sendiri, tapi tipikal saya yang ngga bisa masak, solusinya cuma satu hahaha. Cari jasa catering Jakarta.

Pilihan lainnya karena engga bisa masak, biasanya dengan memakai jasa catering itu lebih praktis. Murah juga dan hemat tenaga sih. Bebas nyusun menu, jadinya ngga pusing harus milih ini itu, tinggal pilih mana yang cocok atau yang pas dengan tema eventnya. Kan ngga mungkin kalau acaranya nujuh bulanan adat Jawa trus menunya spaghetti hehehe. Eh tapi mungkin aja kan ya.

cake

Mencari jasa catering ini kelihatannya mudah, tapi ternyata cukup merepotkan. Karena kalau salah pilih, bakalan repot kan. Bisa dibayangkan, acara yang sudah susah-susah disiapkan bisa agak berantakan karena jasa catering yang kurang bagus. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat acara dan berkaitan dengan catering, ada beberapa tipnya nih ala-ala saya.

  • Tentukan budget

Hal yang paling utama dan penting untuk memilih jasa catering Jakarta, tentu saja budgetnya nih. Walaupun pengennya yang enak dan biasanya memang lebih mahal, tetap saja harus menyesuaikan budget yang ada. Jangan sampe malah over budget, nanti bakal makan hati hehehe. Budget ini juga berguna untuk penyesuaian yang dilakukan oleh cateringnya. Lebih enak kalau bilang diawal, saya punya budget segini, bisa dapet berapa porsi, dan jenis makanannya apa aja. Lebih transparan kan jadinya. Nanti cateringnya akan estimasi beberapa pilihan makanan dan porsinya.

  • Tentukan tema dan tamu acara

Seperti yang saya bilang, makanan akan berhubungan sekali dengan temanya. Ngga mungkin acara ulang tahun anak, menunya steak yang agak keras buat gigi anak. Atau nujuh bulanan dengan adat Jawa, makanannya steak. Agak-agak ngga cocok gitu hehehe. Jumlah tamu juga perlu diperhitungkan. Biasanya sih, catering sudah paham kalau akan ada 10% yang tidak hadir. Dan itu selalu bener kok hehehe. Kan ngga selalu 100% tamunya hadir loh. Oia, jangan lupa juga untuk membuat catatan khusus kalau ada yang memiliki alergi dan pantangan tertentu.

  • Buat daftar perlengkapan lainnya

Jangan lupakan perlengkapan event lainnya, seperti tenda, kursi, meja, peralatan makan, dan juga kue. Biasanya catering punya paket hidangan beserta peralatan makan sekaligus dengan harga paket. Bisa banget dimanfaatkan supaya lebih hemat. Jadi buat list tentang kebutuhan peralatan yang dibutuhkan, siapa tau cateringnya juga menyediakan. Lebih praktis dan ngga mesti cari lagi.

  • Membaca review customer sebelumnya

reviewPenting sih buat tau testimonial orang yang telah menggunakan jasa catering sebelumnya. Apalagi survei terlebih dahulu juga penting. Jadi bisa tau, apakah catering yang akan digunakan merupakan rekomendasi yang bagus atau tidak. Ngga perlu buru-buru dan harus cari tau lebih banyak. Kalau perlu minta tester makanannya juga. Biar tambah yakin gitu.

  • Kontrak dan ketentuan pembayaran

Nah ini yang paling penting sebenarnya. Sudah menemukan catering yang cocok, jangan lupakan perjanjian di atas kertasnya. Karena bisa aja dijanjikan ini itu tapi nanti pada saat hari-H tidak terealisasi. Akan susah kan menuntutnya kalau tidak memiliki hitam di atas putihnya. Selain itu, diperlukan juga detail keterangan apa saja yang termasuk dalam jumlah tersebut. Seperti daftar makanan dan minuman, jumlah porsi, sistem penyajian makanan, jumlah pelayannya, sampai ketentuan pembayaran. Penting banget kan kontrak ini supaya jelas dalam sistem dan jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

sejasa

Kalo ngga mau ribet cari jasa catering Jakarta yang profesional untuk segala macem acara, bisa kunjungi sejasa.com nih. Karena apa-apa sudah online, jadi lebih praktis sambil di waktu senggang, bisa mencari kebutuhan yang tepat dari jasa catering yang sesuai. Caranya juga gampang banget. Tinggal submit pilihan catering dan kota, kemudian diklik. Akan muncul form request yang bisa diisi dan bakalan dapet penawaran dari jasa catering terbaik dalam waktu 1×24 loh. Praktis kan. Bisa menyesuaikan budget dan bisa mendapatkan yang sesuai kebutuhan. Selamat mencari yaaa ^^.

0 0 vote
Article Rating