Aesthetic Beauty atau yang biasa disebut dengan kecantikan estetika, jarang sekali didengungkan di Indonesia. Kalau ada yang belum paham, estetika ini meliputi segala permak yang ada di tubuh. Mulai dari wajah yang di operasi plastik sampai badan yang disedot lemak. Mungkin karena masih terbentur dengan budaya keagamaan, di mana salah satu ajaran agama terbesar di Indonesia, melarang melakukan perubahan apapun pada tubuh kecuali dengan alasan kesehatan. Jadilah, bedah plastik dan jenis estetika lainnya ini hanya dikenal oleh segelintir orang. Terutama artis.

Sudah banyak artis yang melakukan perubahan demi penampilan. Dan ternyata, semakin ke sini, semakin banyak yang tertarik melakukan tindakan itu. Yah, entah karena tidak puas, ingin tampil sempurna, atau malah ingin mengubah nasib hehehe. Anyway, secara bisnis ini sangat menjanjikan. Pasti pada tahu kalau bisnis kecantikan estetika ini sukses di Korea Selatan. Bahkan, sudah masuk dalam area wisata loh. Jangan heran, kalau operasi plastik ini dijadikan salah satu tujuan tour wisata. Bukan kunjungan, tapi langsung dibedah di sana. Oowww.

Nah, ada hubungannya kan antara kecantikan dan wisata. Salah satu cara menarik wisatawan mancanegara adalah dengan mengangkat bisnis kecantikan. Tuh, yang dateng ke Korea mah kebanyakan dari negara luar. Apalagi melihat artisnya yang cantik-cantik maksimal. Dan sampai hari ini, bisnis estetika di Korea menjamur dan laris manis. Itulah yang sedang dilirik oleh Persatuan Dokter Estetika Indonesia (PERDESTI) untuk mengembangkan pasar estetika di Indonesia.

swam

Sejak tahun 2009, PERDESTI menyelenggarakan sebuah Seminar dan Workshop yang dinamakan SWAM (Seminar and Workshop of Aesthetic Medicine). Seminar dan Workshop ini tadinya hanya ditujukan untuk para dokter. Namun, semenjak tahun ini, karena menghadapi MEA dan ingin menjadi salah satu daya tarik wisata, dibuatlah event besar dengan tema 7th International SWAM – Anti Aging Exhibition 2016.

Aesthetic Beauty Expo 2016

Saya sendiri sebenernya baru mendengar tentang expo estetika ini, waktu menghadiri press conference SWAM di ICE BSD hari Selasa kemarin tanggal 8 November 2016. dr Teguh yang menjadi ketua panitia menjelaskan, bahwa acara 2016 SWAM EXPO yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 Desember 2016 ini, akan menjadi perhelatan internasional terbesar ketiga di dunia untuk Aesthetic Medicine Expo.

Kabar baiknya, expo ini gratis. Kita-kita yang memasuki usia cantik *uhuk, bisa iseng cuci mata melihat apa saja yang ditawarkan di sini. Karena tema tahun ini adalah International SWAM Anti Aging Exhibition 2016 Defeating Aging. Dipilihnya anti aging ini bukan tanpa alasan. Karena melihat kebutuhan akan peremajaan kulit yang memiliki potensi besar dan banyaknya dokter terbaik Indonesia yang memiliki kompetensi di bidang anti aging.

Bahkan, untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat perawatan anti aging, ada rencana untuk membangun sebuah resort anti aging di Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Resort ini akan menjadi resort anti aging yang terbesar di Indonesia. Lokasinya di Kepulauan Seribu, erat sekali berkaitan dengan wisata. Sehingga tujuan orang untuk melakukan tindakan estetika, akan berlanjut lebih lama menikmati wisata Kepulauan Seribu.

Ide menggabungkan estetika dan wisata ini disambut baik oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata dari Kementrian Pariwisata, Pak Dadang Rizki Ratman, yang memang memiliki target untuk menggaet investor. Dan pemerintah menjadikan event ini sebagai “Health Tourism Destination”. Karena target pembicara, peserta expo, dan pengunjung berasal dari dalam dan luar negeri dengan jumlah sekitar 10rb orang. Tentunya ini adalah peluang yang bagus untuk pariwisata Indonesia.

Selain expo, akan ada seminar internasional dengan pembicara yang berkompeten di bidangnya. Tujuan seminar ini adalah untuk para dokter yang ingin meningkatkan kualitas dan profesionalisme. Para selebritis pun banyak sekali yang akan hadir di acara ini. Baik sebagai peserta expo/pelaku bisnis dan juga pembicara di talkshow. Dari Bunga Zaenal, Bertrand Antolin, Maia Estiyani, dr. Sonia, Shandy Aulia, dan artis lain yang saya ngga tau namanya hahaha.

Penasaran tentang pameran ini atau pengen lihat artis yang cantik-cantik? Catat tanggalnya ya. 2-4 Desember dan persiapkan diri juga untuk ikutan berbagai kegiatan yang ada di sana. Mulai dari International Seminar, Zumba Dance Competition, Traditional Make Up Competition, dan Line Dance Competition. Semuanya gratis dan banyak peluang mendapatkan hadiah.

Untuk info lebih lanjut, jangan lupa untuk follow media sosialnya yaa:

Twitter dan instagram : @abexpoid dan @swamexpo
0 0 vote
Article Rating