Well, core dari blogging yang saya lakukan sebetulnya adalah WordPress. Kalo di beberapa tulisan, saya selalu bersyukur karena banyak hidup saya yang berubah karena menulis blog. Secara teknis sebetulnya yang saya gunakan untuk bisa step-up the game adalah WordPress. Bisa dibilang, I can’t do it without WordPress.

Sedari awal saat kembali menulis blog di tahun 2012, saya memantapkan untuk menggunakan WordPress. Bukan semata-mata pengen gaya-gayaan tapi saya tahu pasti keunggulan CMS satu ini. Udah gitu ngga pake nanggung, saya langsung memutuskan untuk selfhosted. Jadi niat banget beli domain sendiri dan menyewa hosting di salah satu hosting luar negeri. Bukannya ngga percaya hosting lokal, tapi nanti saya akan posting juga kenapa saya lebih menyarankan pakai hosting luar.

Nah, saya yang sudah paham kalo WordPress akan sangat membantu at least dunia perbloggingan, akhirnya benar-benar memantapkan penggunaannya secara maksimal. Tapi ternyata, yang saya dapatkan lebih dari itu.

Semua dimulai dari blog Shintaries.com ini yang awalnya fokus membantu membuatkan berbagai macam tutorial blogging. Saya bahkan waktu itu masih males menulis hal-hal personal. Maklum, takut jadi bahan gunjingan wekekek. Lalu saya yang suka banget dengan WordPress, memulai mengulik dan juga menyediakan jasa design blog WordPress. Disitulah kemampuan saya mengenali seluk beluk WordPress makin terasah.

Di tahun 2015, setelah puas mengulik WordPress yang lumayan dalam, akhirnya saya memberanikan diri membuat Blogger Perempuan yang tentunya berbasis WordPress. Ngga lain ngga bukan adalah untuk kembali membantu para perempuan blogger Indonesia, supaya lebih paham tentang blogging dan bagaimana utilize-nya untuk memaksimalkan kegiatan bloggingnya.

Selain memang fokus membangun komunitasnya, saya juga memaksimalkan pemanfaatan WordPress untuk eksistensi onlinenya. Makanya ngga heran, hanya dalam 6 bulan pertama, saya dan para founder lainnya sudah bisa membukukan keuntungan secara bisnis.

Mulai dari situ, semuanya menjadi serba serius dan profesional. Mulai dari membangun sebuah perusahaan dan membuat landing page untuk BPNetwork. Tentunya, kelangsungan BPNetwork mendapatkan banyak project adalah karena website yang dibangun berbasis WordPress. Mudah terindex dan powerful dalam SEO. Semudah itu bisnis saya berjalan. Apalagi saya bukan tipe yang mudah berkenalan dengan orang dan pandai berjualan. Jadi satu-satunya yang membantu saya adalah website dengan WordPress.

Sampai akhirnya selain semua bisnis memang dirancang dan memiliki strategi yang baik, saya tidak akan melupakan bagaimana WordPress berperan besar dalam meningkatkan bisnis, karir, dan kemampuan dalam memahami suatu platform.

Nah, saran saya buat yang ingin sekali membuat perubahan dalam karir di digital, meningkatkan performance blog, atau ingin bisnisnya jadi lebih baik, belajarlah menggunakan WordPress. Dunia digital itu adalah tentang bagaimana kita memanfaatkan platform yang tersedia secara maksimal. Karena bagi yang menguasainya, kesuksesan bisa yakin ada di depan mata 🙂

0 0 vote
Article Rating