Kelihatannya menjadi seorang blogger itu masih sebuah profesi yang asing. Ngga jarang orang bertanya blogger itu apa. Kalau yang sudah sering bermain internet mungkin tau, tapi kalau saya menjelaskan ke orang awam (yang belum melek internet) mereka akan bingung apa itu blogger. Memang bagi sebagian orang pula, blogger masih dianggap pekerjaan iseng yang punya waktu luang. Tapi ternyata blogger juga bisa menjadi profesi yang cukup menjanjikan.

Saya berkecimpung di dunia blog, sudah pasti awalnya iseng. Tapi kemudian menemukan keasikan tersendiri yang berlanjut menjadi hobi. Hobi menulis, hobi ikut lomba, hobi utak atik blog, hobi belajar tentang perkembangan blog terbaru. Sampai akhirnya saya memutuskan bahwa menjadi seorang blogger itu juga profesi. Setidaknya itu yang saya tangkap dari forum-forum blog luar yang saya ikuti. Di luar sana, seorang blogger bisa disejajarkan dengan media dan memberi berita dengan sudut pandang yang berbeda. Mereka memberikan pengaruh besar terhadap berita yang beredar di dunia maya. Bahkan secara bertanggung jawab. Yang artinya, tidak hanya memberikan berita buruk untuk menjelekkan tapi memang berdasarkan opini pribadi.

Saya banyak melihat, blogger kondang di Indonesia pada akhirnya beralih profesi seperti menjadi bintang iklan, blognya penuh dengan sponsor, bahkan semua tulisannya sudah diambil alih oleh orang lain. Dan karena kesibukannya, blogger yang biasanya bercerita sesuai karakter pemilik blog, pada akhirnya melupakan niatan pertama kali ngeblog. Sebetulnya ngga masalah, tapi saya kangen juga blog yang murni isi hati pemiliknya.

Nah kalau ternyata kita memiliki blog yang memang asli karakter pribadi, ngga ada salahnya juga memakai personaliti sebagai nilai jual blog kita. Toh kita juga sesekali butuh reward dari hasil tulisan kita. Yang pada akhirnya kita bisa menjadi seorang blogger yang menggunakan karakter tulisan sebagai profesi. Tulisan yang kita buat baik curhat maupun tidak, bisa dimaksimalkan menjadi tulisan yang baik. Artinya cocok dibaca oleh pembaca blog dan bisa cocok dengan mesin pencari. Selain itu, berbekal personaliti yang kita miliki bisa juga dijadikan salah satu keunggulan untuk berkolaborasi dengan media bahkan agensi. Hal ini tentunya tidak lepas bagaimana memaksimalkan fungsi, fitur, dan pemakaian blog yang baik dan benar.

Karena ketiga hal penting itulah yang diperlukan untuk menjalankan profesi blogger, saya dan teman-teman yang lebih dulu mendalami dunia blogger akan berbagi ilmu sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sharing ilmu ini diharapakan akan bisa berguna buat teman blogger yang ingin lebih memaksimalkan blognya, baik melalui tulisan, teknisnya, dan juga bagaimana membina hubungan dengan para agensi.

Acara sharing ilmu ini kami bawakan dalam sesi Fun Blogging : Dari Hobi menjadi Profesi. Iya profesi blogger yang selama ini kami tekuni masing-masing. Berbekal pengalaman pribadi, kami menjelaskan seluk beluk dunia blogging dengan sudut pandang seorang blogger. Semua akan dibagi dalam 3 sesi yaitu :

  • Shintaries, seorang blog dan web designer. Yang sudah membuat lima puluh lebih desain dengan manual dan memahami kode teknis. Dan juga memahami bagaimana struktur blog yang baik untuk tampilan. Selain itu juga memberikan pemahaman mengenai fungsi dan semua tools yang bisa dimanfaatkan untuk membuat blog yang baik di mata pembaca dan mata mesin pencari.
  • Haya Aliya Zaki, seorang blogger dan editor. Beliau banyak memenangkan lomba menulis, penulis buku juga, kontributor beberapa web bersponsor, dan banyak dipercaya sebagai nara sumber karena tulisannya yang terstruktur dengan baik. Ini adalah salah satu modal blogger karena kalau dianggap bisa menulis reportase adalah blogger yang memiliki pemahaman dasar penulisan dengan baik. Sehingga dari tulisan itu akan menghasilkan konten yang baik juga.
  • Ani Berta, blogger dan digital media aktivist. Segala teknis seperti custom domain, pencarian mesin pencari, semua dipatahkan oleh teori beliau dalam membangun hubungan yang baik dengan para agensi. Karena personal branding yang kuat, terus berinovasi melakukan kegiatan yang berkaitan dengan blogger, beliau banyak dipercaya oleh agensi dalam perwakilan sebagai blogger.

Buat yang pingin tau ilmu apa aja supaya bisa maksimal sebagai blogger, ikutan ya workshop Fun Blogging ini. Hanya dengan Rp. 100.000 untuk investasi udah bisa dapat ilmu sharingnya loh. Ini termasuk free domain dari QWORDS.COM, snack, sertifikat, makalah, dan juga doorprize. Ada juga mini blog competition tentang acara yang sedang berlangsung. Insya Allah akan sarat ilmu dan hadiah juga. Jangan lewatkan yaa, karena saya agak susah dihubungi secara online qiqiqi.

0 0 vote
Article Rating