Berhubung banyak banget yang nanya secara detail isian Visa Australia Online, jadinya saya jabarin secara detail yaa di postingan ini. Mohon dibaca baik-baik dan mudah-mudahan berguna. Yang komentar amin, moga diloloskan visanya yaa *ala-ala akun viral wkwkwk. Kalau ada kesulitan, lebih baik tinggalkan pesan di komentar yaa. Biar nanti yang lain bisa lihat juga dan bisa membantu kalau ada permasalahan yang sama.

Sebelum mengisi, saya remind lagi. Siapkan dokumen yang diperlukan, bisa dicek di postingan Cara Membuat Visa Australia Online. Kemudian, kalau bepergian secara grup, isi data orang tua dan anak (1 orang 1 aplikasi) harus diisi lengkap termasuk dokumennya. Untuk dokumen keuangan anak, yang disubmit adalah dokumen keuangan milik orang tuanya/sponsor. Lalu, kalau semua sudah terisi lengkap, harus melakukan pembayaran dulu baru bisa diproses oleh kedutaan yaa. Lama prosesnya sekarang 4-12 hari.

Kalau data lengkap, 2-3 hari sudah ada jawaban. Yang saya berikan ini contoh milik saya ya, jadi nanti tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk yang pergi sendirian juga tinggal menyesuaikan ada ya dengan kebutuhannya. Palingan yang membedakan hanya di bagian grup aja.

Okay, Let’s get started!

Part 1: Membuat Akun Immi

Harus banget buat akun Immi karena semua akan berpusat di situ. Mulai dari masukin data, masukin dokumen, dan pembayaran. Hanya butuh 1 email aktif untuk daftar dan bisa digunakan untuk mengajukan banyak akun. Maksimalnya berapa, saya kurang tau. Tapi untuk 10 aplikasi sepertinya masih bisa. Cara daftarnya, silahkan ke https://online.immi.gov.au/lusc/login lalu klik Create ImmiAccount. Ikuti langkahnya ya, ini mudah banget. Pilihnya yang individual ya, bukan travel agent.

Part 2: Membuat Grup

Gunanya apa? Untuk memudahkan aplikasi rombongan yang berangkatnya barengan. Tapi jeleknya, kalo satu ngga diapprove, ya satu rombongan jadinya ngga diapprove 🙁

Selain itu, nanti di Imigrasi Australia pun, mereka sudah punya datanya kalau kita berombongan. Jadi diperiksanya pun ngga satu-satu, tapi barengan. Eniwei, petugas Imigrasi-nya ramah ramah loh. Jadi grup ini memang harus dibuat dan tetap kita membuat aplikasi perorang satu-satu. Kalau perginya sendiri, ngga perlu membuat grup ya. Kalau berdua, bertiga, dsb baru membuat grup.

Part 3: Isi Aplikasi

Setelah membuat grup, langkah berikutnya adalah mengisi aplikasinya. 1 orang harus membuat 1 aplikasi ya. Jadi nanti harus selesai sampai akhir, baru kemudian bisa membayar. Untungnya aplikasi ini bisa di-save dan bisa submit kapan aja.

Langkah pertama adalah klik new application, lalu pilih jenis visa. Nah yang saya share adalah visa visitor temporary ya, Visitor Visa (600) . Lalu next sampai centang agreement-nya.

Setelah mencentang terms and condition, klik next lagi lalu ada isian data yang harus diisi lengkap. Isi data sebenar-benarnya dan jangan sampai ada yang terlewat.

Untungnya, Visa Australia ini ngga membutuhkan bukti pembelian tiket dan hotel. Tapi pastikan sudah tau kira-kira kapan masuk Australia ya. Ngga harus persis sama, tapi range waktunya aja.

Kalau memang bepergian lebih dari 1 orang dan bareng-bareng, maka pastikan semua dimasukkan dalam 1 grup ya.

Supaya ngga hilang datanya atau mau ditinggal dan balik lagi ngisinya, bisa di-save dulu ya. Lalu klik next.

Bagian selanjutnya adalah bagian data nama. Nah masih banyak yang bingung soal nama. Sesuai tuntunan, bisa dibaca lebih lengkap di https://immi.homeaffairs.gov.au/help-text/eplus/Pages/elp-h0010.aspx. Tapi saya selalu menyarankan untuk menyesuaikan dengan nama di paspor. Aturan utamanya yang saya gunakan adalah Family name: Nama belakang dan Given Name: Nama depan + nama tengah. Kalau nama cuma satu kata, bisa diulang lagi aja di given dan family.

Setelahnya, ada isian data KTP. Kalau anak anak, klik yang NO aja. Jadi form isian detail KTP ngga muncul. Inget ya, kalau KTPnya sudah ada tulisan berlaku seumur hidup, masa berlaku KTPnya ngga perlu diisi lagi.

Kalau sudah pernah apply Visa Australia dan approved, bisa dimasukkan juga grant numbernya ya.

Sebelum klik next, make sure lagi datanya sudah benar.

Nah, kalo bagian ini adalah untuk yang bepergian dalam grup. Tapi ingat, 1 orang 1 aplikasi. Jadi walau dimasukkan semua anggota keluarga/teman yang ikutan bareng dalam, ngga akan ngaruh kalau yang lain ngga membuat aplikasi yang sama. Kalau ngga ada temen berangkat, tinggal diklik NO aja.

Masukkan alamat lengkap untuk kontak detailnya ya.

Ini yang paling penting, kalau apply nya untuk 5 orang, pastikan semua emailnya sama dan authorised recipientnya NO. Karena kalau ngga NO, harus pakai surat kuasa segala. Jadi praktisnya semua NO dan samakan emailnya supaya satu pintu aja.

Kalau ini untuk isian data keluarga yang tidak ikut bepergian ya.

Nah untuk waktu stay, jangan lebih dari 3 bulan ya. Kalau isinya lebih dari 3 bulan, bakalan diminta medical check up.

Ini adalah data pekerjaan, isiannya akan berbeda sesuai pilihan pekerjaan kita. Jadi make sure mengisi data dengan benar.

Untuk financial support, bisa dipilih sesuai kondisinya masing-masing.

Dibaca baik-baik dulu sebelum jawab Yes atau No. Kalau ada beberapa penyakit yang tercantum di situ, harus lakukan medical check up dulu.

Kalau semua isian sudah lengkap, jangan lupa direview lagi satu persatu. Pastikan semua datanya sudah benar. Kalau masih ada yang kurang atau salah ketik masih bisa diedit kok sepanjang belum submit/melakukan pembayaran.

Setelah semuanya benar, siapkan dokumen dalam bentuk scan. Bisa PDF/Image sama aja. Yang penting jelas dan ukurannya jangan besar. Terdapat 2 perbedaan dokumen kalau apply sendiri dan juga grup ya. Jangan lupa UPLOAD lalu klik tombol ATTACH ya.

Dokumen single apply

Dokumen yang diperlukan kalau bepergian secara group dan mengunjungi kerabat.

Dokumen Group

Yap, kalau semua sudah diupload dan di attach, tinggal klik submit now ya untuk masuk ke pembayaran dan diproses.

Pilihan pembayaran hanya bisa menggunakan kartu kredit dan juga paypal ya untuk Indonesia. Keduanya ada kena surcharge. Setelah memasukkan data pembayaran bisa klik submit dan tadaaa. Sudah selesai 🙂

Setelahnya, akan ada konfirmasi melalui email kalau data kita sudah diterima. Nah tinggal menunggu 2 – 14 hari untuk prosesnya ya. Gudluck!