Beberapa hari ini, membersihkan ketombe di kepala Aliya adalah hal yang rutin saya lakukan setiap malam. Rajin banget ya saya hehehe. Ternyata, walaupun usianya baru 11 tahun, tetap saja ngga luput juga dari masalah rambut. Apalagi dia memang sudah rajin pakai hijab untuk sekolah dan sehari-hari. Makanya saya selalu memastikan Aliya untuk rutin membersihkan rambut setiap minggunya.

Tapi entah kenapa, ketombe yang satu ini memang membandel banget. Jadi bentuknya seperti jamur yang menempel di kulit kepala, permukaannya juga terasa menebal. Padahal kalau diperhatikan, ketombe tersebut hampir tidak terlihat karena menyerupai warna kulit kepala. Oleh sebab itu, setiap malam saya selalu memastikan bahwa jamur tersebut harus diambil karena besoknya akan tumbuh lagi. Begitu aja terus sampai negara api menyerang jamur tersebut benar-benar hilang.

Masalah ketombe ini biasanya datang dari berbagai kondisi, antara kulit kepala yang minyaknya berlebih atau malah kulit kering yang menimbulkan semacam serpihan putih sel kulit mati. Untuk kasus Aliya, sepertinya karena keringat kepala berlebih dan kondisi rambut yang tertutup. Nah, ternyata tidak ada hubungannya antara rajin membersihkan kulit kepala dan ketombe yang muncul.

Karena saya kesal karena masalah ketombe yang ngga selesai ini, saya akhirnya menggunakan cara klasik yang ampuh banget untuk membersihkan ketombe. Pernah mendengar buah mengkudu? Iya, buah yang baunya bikin ngga tahan itu wekekek.

Image by Brian Dorff from Pixabay

Dari dulu saya diberitahu oleh ibu mertua kalau punya masalah ketombe, buah mengkudu atau pace bisa menjadi solusinya. Ngga hanya untuk masalah ketombe saja, tapi berbagai masalah rambut bahkan masalah kesehatan juga bisa diatasi dengan buah mengkudu ini. Tapi masalahnya buah ini sangatlah tidak sedap untuk dihirup. Walaupun begitu, menggunakan buah mengkudu untuk menghilangkan ketombe adalah solusi yang jitu dan sudah terbukti.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, tinggal cari buah mengkudu yang masih muda biar tidak terlalu lembek, lalu buah tersebut dihaluskan untuk kemudian dioleskan ke rambut, terutama di kulit kepala tempat jamur tersebut tinggal. Diamkan saja beberapa menit dan bilas dengan sampo sampai bersih. Lakukan paling tidak seminggu sekali sampai dirasa benar-benar hilang.

Saya sendiri hanya menggunakannya tiga kali karena Aliya ngga tahan dengan baunya. Tapi walaupun hanya beberapa kali, ternyata cukup ampuh. Buktinya sampai hari ini sudah bersih dan jamurnya sudah tidak tumbuh lagi. Nah, supaya ngga muncul lagi, Aliya harus tetap rutin membersihkan kepala. Sampo ketombe favorit saya yang rutin digunakan untuk perawatan kulit kepala yang rentan ketombe adalah Head & Shoulders.

Selain karena baunya enak dan segar, ketombe kering atau basah juga ampuh banget dibasmi menggunakan sampo ini. Favorit saya adalah Clean & Balanced Shampoo yang juga cocok dipakai anak-anak. Mumpung mendekati promo 12.12 Shopee Birthday Sale, buat yang ngerasa ketombenya ngga hilang-hilang, bisa coba cara ampuhnya si mengkudu dan lanjut dengan sampo anti ketombenya.

Asyiknya lagi, Shopee sedang menggelar Super Brand Day P&G yang puncaknya jatuh pada hari ini, tanggal 28 November 2019. Nah, Head & Shoulders Shampoo ukuran 400 ml lagi diskon habis-habisan! Eitss, ngga hanya itu, semua produk P&G didiskon sampai 75%, lho! Bisa banget  borong dan saran saya sih secepatnya karena pasti bakalan rame dan cepet habis produknya.

Jadi gimana? Berani nyobain khasiat mengkudu untuk membasmi ketombe? Saya kalo ngga kepaksa banget, bakalan ngga mau nyoba. Tapi karena ketombe ini masalah yang terus berulang dan selalu ada, mau ngga mau dicoba biar lebih puas. Baru kemudian rutin pakai Head & Shoulders untuk sampo anti ketombe hariannya. 

Oh iya, buahnya cari di mana? Biasanya tetangga suka ada yang menanam dan bisa minta izin buat minta satu atau dua buah aja. Pasti dikasih kok 😀

0 0 vote
Article Rating