Kawasan terbaik didaerah Ibukota Jakarta adalah Jakarta Selatan. Bagaimana tidak, hampir seluruh tempat-tempat strategis dan terkenal di Jakarta berada di Jakarta Selatan.  Kawasan Senayan, Blok M, Tebet, Bintaro adalah beberapa tempat yang terkenal di Jakarta Selatan. Pusat bisnis, perumahan, perkantoran dan tempat hiburan mayoritas berada di wilayah selatan. Tata kota yang rapi, tidak adanya kawasan industri dan sarana prasarana yang baik menjadikan Jakarta Selatan pilihan bagi masyarakat untuk bertempat tinggal. Perumahan Jakarta Selatan selalu diburu oleh masyarakat yang mengerti akan wilayah Jakarta.

Kondisi ideal dari sebuah tempat tinggal adalah strategis dalam artian dekat dengan pusat kesehatan, sekolah, perkantoran, tempat hiburan dan tidak lupa mudah dijangkau oleh moda transportasi umum. Lingkungan tempat tinggal juga harus mengacu pada konsep lingkungan hijau dimana disaat isu global warming melanda dunia, satu-satunya tempat yang paling mudah untuk memulai kepedulian terhadap lingkungan adalah di lingkungan tempat tinggal.

Perumahan Jakarta SelatanSalah satu tempat tinggal yang terdepan setelah puluhan tahun adalah Bintaro Jaya. Perumahan Jakarta Selatan ini menjadi perumahan terdepan dari segi usia dan berkembang menjadi perumahan yang matang dan dewasa. Bintaro Jaya adalah hunian yang mementingkan sentuhan alam sehingga tercapailah suatu kawasan ideal yang prestisius dan ramah lingkungan. Bintaro Jaya kian mantap sebagai kawasan The Professional City, dengan menciptakan hunian yang nyaman, berkelas, dan dapat menunjang quality of life. Dengan komitmen tinggi, perumahan Jakarta Selatan ini membangun konsep komunitas yang ramah lingkungan.

Di tengah isu global warming yang melanda dunia, Bintaro Jaya The Professional’s City menerapkan ECOmmunity sebagai bagian dari kawasan perumahan. Dengan konsep ini, Bintaro Jaya ingin lebih mengedepankan kepedulian akan lingkungan yang dipahami oleh seluruh warga di perumahan Bintaro Jaya. Implementasi dari konsep ECOmmunity terdiri dari tahap desain mengacu pada master plan dengan menyediakan ruang terbuka yang lahannya lebih besar. Kemudian pemanfaatan ruang terbuka hijau dan mengurangi ketergantungan penggunaan mobil pribadi juga menjadi penerapan dari  sistem ECOmmunity. Program penerapan ECOmmunity telah sukses diwujudkan adalah Kebayoran Park sebagai totally Green Park.

ECOmmunity memadukan fitur-fitur dan fasilitas pada hunian dan lingkungan sekitarnya yang dapat dibagi ke dalam beberapa kategori yaitu Health Care, Earth Care, dan Energy Care. Perumahan Jakarta Selatan ini menerapkan Health Care sebagai upaya menciptakan udara yang lebih bersih dan air yang higienis untuk dikonsumsi dengan peduli terhadap pemakaian bahan bangunan dan pembangunan infrastruktur yang dapat mendukung kesehatan. Tipe ini antara lain adalah dengan menggunakan cat berbahan dasar air, pemanfaatan biotank, penggunaan grease trap untuk memisahkan lemak dari air limbah, dan optimalisasi penggunaan vegetasi untuk mengurangi polusi udara.

Perumahan Jakarta Selatan

Penerapan Earth Care mendorong pelestarian hutan dan lingkungan dengan menitikberatkan pada pengurangan penggunaan kayu sebagai bahan bangunan dan konservasi sumber daya alam. Antara lain adalah dengan pemakaian rangka atap dari bahan baja/zincalume, rangka plafond dari besi hollow, kusen dan daun pintu dari kayu fabrikasi untuk meminimalisasi penggunaan kayu. Pemakaian lubang silindris yang diisi sampah organik untuk membantu daya resap air ke tanah dan desain bangunan memanfaatkan roof garden yang dapat menurunkan suhu udara dalam ruang sekaligus menangkal polusi.

Perumahan Jakarta Selatan

Sedangkan untuk penerapan Energy Care adalah untuk membantu warga menghemat konsumsi energi sekaligus mengurangi biaya penggunaan tenaga listrik dengan peduli terhadap penggunaan fitur/system yang dapat mengurangi pemakaian energi. Seperti Memaksimalkan bukaan pada dinding bangunan yang meminimalisir penggunaan lampu dan AC, desain bangunan dengan kolam air dalam ruangan dapat memberikan kesejukan dan menurunkan suhu ruang, Instalasi air bersih menggunakan rooftank mengurangi pemakaian listrik untuk mengalirkan air, penggunaan aluminium foil untuk  dalam rangka atap untuk menurunkan suhu ruangan sehingga dapat mengurangi penggunaan AC dan tidak lupa untuk penanaman pohon peneduh untuk menurunkan udara panas.

Perumahan jakarta selatanSelain mengusung konsep ECOmmunity, Bintaro Jaya juga mengukuhkan diri sebagai perumahan yang di kelola secara profesional. Dengan jargon Bintaro Jaya The Professional’s City, Bintaro Jaya akan terus menciptakan hunian prestisius yang berbasis landed house, condominium, high rise yang nyaman, berkelas dan menunjang quality of life. Karena misi dari Bintaro Jaya adalah workable, livable dan sustainable. Hal ini terlihat dari kawasan yang terus dikembangkan namun tidak lupa untuk memfasilitasi dengan layanan terbaik bagi warganya. Infrastuktur dan fasilitas dari Perumahan Jakarta selatan ini dipikirkan dengan matang, dimana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dijangkau dengan jarak yang dekat.

Untuk kebutuhan moda transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau sudah direncanakan dengan matang dan siap untuk digunakan. Konsep Integrated Mass Transportation digunakan oleh Bintaro Jaya untuk menghubungkan kawasan Bintaro Jaya dengan kawasan strategis pusat kota Jakarta. Berbagai moda seperti feeder busway, jalan utama Bintaro, sampai akan dibangunnya stasiun intermoda terpadu sudah masuk ke dalam agenda transportasi Bintaro jaya The Professional’s City.

       Perumahan Jakarta Selatan

Perumahan Jakarta Selatan yang dikelola oleh Jaya Properti adalah hunian yang sangat ideal bagi masyarakat, dimana segala fasilitas sangat lengkap mulai dari fasilitas sekolah,perkantoran, pusat belanja kebutuhan sehari-hari, tempat ibadah sampai dengan sarana hiburan dan juga olahraga. Fasilitas lengkap terdapat mulai dari yang sederhana sampai eksklusif seperti Club House, Driving Range, Forrest Jogging Track, dan lainnya.

Perumahan ini adalah perumahan impian setiap keluarga, karena selain aman dan nyaman, dengan konsep  ECOmmunity-nya menambah keyakinan akan masa depan anak cucu kita akan kebutuhan lingkungan hijau. Sayapun punya hunian idaman yang diimpikan dan jawabannya hanya ada di Bintaro jaya The Professional’s City sebagai Perumahan Jakarta Selatan yang terdepan.

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Retelling Bintaro Jaya dan Foto adalah materi dari Bintaro Blog Writing Contest.

0 0 vote
Article Rating