Smartphone sekarang sudah menjadi bagian hidup, apalagi kalau punya paket data. Duh rasanya ngga bisa lepas ya. Tapi alasan saya pakai smartphone ini supaya praktis, karena mencari apapun lebih mudah dan banyak rujukan. Begitu juga untuk perencanaan perjalanan. Saya paling males biasanya kalau menghabiskan waktu di depan laptop. Dan sebagai gantinya, saya selalu melakukan pencarian tentang perjalanan saat waktu yang tida produktif seperti menunggu misalnya. Aplikasi juga banyak saya install untuk informasi yang lebih praktis. Seperti booking tiket, cek harga pesawat, cari hostel murah, sampai ringkasan tempat yang ingin saya kunjungi. Saya punya daftar aplikasi yang menurut saya wajib banget nih di install di smartphone untuk memudahkan perencanaan perjalanan. Oia saya menggunakan iOS dan sepertinya aplikasi berikut juga ada di Android atau sistem operasi yang lainnya.

aplikasi1. Skyscanner

Penting banget punya aplikasi ini. Skyscanner adalah aplikasi untuk mencari tiket penerbangan termurah dari hasil pencarian. Tidak hanya untuk tanggal yang pasti berangkat tapi juga bisa menentukan pilihan tanggal bepergian sesuai dengan harga termurah yang ditemukan. Fitur unggulannya selain dapat harga tiket termurah juga bisa memantau harga. Jadi tinggal isi email dan setiap ada perubahan harga akan langsung diinfokan.

2. Traveloka

Situs pencarian yang lagi ngehits ini juga ada dalam bentuk aplikasi. Biasanya sih sebagai pembanding aja, kadang kurang sreg sama hasil Skyscanner. Dan enaknya memang bisa langsung transaksi tanpa harus berbelit ke sana ke mari seperti Skyscanner yang menerapkan sistem partnership.

3. Agoda

Digunakan untuk searching hotel atau hostel dengan harga termurah dimana saja sesuai lokasi tujuan. Tapi agak jarang juga, karena sistem pembayarannya penuh. Padahal kadang perlunya cuma booking aja. Tapi tetep saya pakai untuk acuan harga saja. Agoda menyediakan pencarian hotel seluruh dunia dan mudah bertransaksi.

4. Airbnb

Aplikasi ini penting juga buat saya untuk alternatif pencarian tempat menginap. Seperti yang kita tau Airbnb ini sifatnya host, yaitu kita tinggal di rumah yang memang disewakan. Bisa lebih murah atau lebih mahal dari hotel/hostel tergantung fasilitas. Enaknya pakai Airbnb ini ada banyak diskon yang bisa dimanfaatkan sehingga bisa jauh lebih murah bahkan gratis.

5. Air Asia

Suka mantengin aja promo Air Asia. Biasanya dalam setahun ada dua kali promo kursi gratis dan walaupun ngga puas lihat di smartphone tapi tetap bisa melihat harga promo dan biasanya saya eksekusinya di laptop. Aplikasi maskapai lain juga ada, dulu saya pasang Tiger Airlines tapi karena sudah tutup akhirnya saya uninstall karena promo saya dapatkan lewat email.

6. Trip Advisor

Banyak info menarik di forum ini. Bisa juga mencari hotel, transportasi, tempat wisata, makanan, peta dan lain lain. Semua informasi ada disini lengkap. Bahkan bisa di download juga apabila membutuhkan informasi lengkap sebuah kota. Jadi bisa kita akses secara offline.

Diantara banyaknya aplikasi untuk travel, sementara ada enam di atas yang memang saya butuhkan dan gunakan. Dulu punya beberapa tapi akhirnya saya delete lagi dengan pertimbangan efisiensi. Kebanyakan aplikasi ini sifatnya hanya untuk memantau, eksekusi pembelian atau transaksi tetap saya lebih yakin kalau melakukannya di desktop. Selain aplikasi travel tidak lupa juga download aplikasi poto hehehe. Biar keren gitu, soalnya travel ngga pake poto sama aja hoax kan 😛

0 0 vote
Article Rating