Masyarakat awam seperti saya gini, asing banget dengan yang namanya saham. Walaupun suami udah beberapa kali beli, apalagi kalo BUMN IPO, tapi kok rasanya masih kurang sreg aja dengan investasi saham. Salah satunya karena ketidaktahuan dan ketakutan dengan resiko yang tinggi. Maklum aja, kita kan sering denger kalau saham adalah investasi dengan modal besar tapi keuntungannya juga besar. Tapi resikonya juga sangat besar.

Investasi yang aman-aman yang biasa saya lakukan palingan deposito, beli tanah, rumah, emas, bahkan paling banter di reksadana. Yang terakhir, itupun saya ngga berani ngecek nilainya begitu statement dateng. Apalagi kalau habis baca berita, hadeuh kok pikiran jadi melayang-layang lihat nilai investasinya. Makanya sampai saat ini, masih ngga berani coba di investasi saham. Tapi ternyata, resiko berinvestasi saham ini bisa kita minimalisir loh. Bahkan sampai sekecil mungkin. Caranya bagaimana?

Waktu kemarin saya menghadiri peluncuran Aplikasi ARO di BEI tanggal 10 Oktober 2017, Merry Riana menjelaskan beberapa tips bagaimana caranya berinvestasi saham yang aman dan beresiko kecil. Bahkan menurut mba Merry, saham sebetulnya ngga hanya dapat dimanfaatkan oleh orang yang memiliki banyak uang, tapi masyarakat kelas menengah juga bisa berinvestasi di pasar modal tersebut. Selain mba Merry Riana, juga hadir Presiden Direktur PT RHB Sekuritas Indonesia yang menjelaskan aplikasi ARO dan bagaimana ARO akan sangat membantu para investor saham, baik pemula maupun yang expert.

Sayangnya, pengetahuan masyarakat kita dan kurangnya edukasi mengenai saham inilah yang membuat pasar saham kurang diminati. Berdasarkan data OJK, tingkat literasi masyarakat Indonesia akan pasar modal serta tingkat utilitas produk pasar modal masih sangat rendah loh. Makanya, BEI meluncurkan kampanye “Yuk Nabung Saham”, dengan harapan akan meningkatkan jumlah masyarakat yang mengenal dan berinvestasi saham.

Nah, karena masih kurang literasi dan masih banyak yang menganggap, klo saham adalah mainan orang yang memiliki modal besar serta faktor resiko yang tinggi, RHB Sekuritas akhirnya meluncurkan RHB TradeSmart with ARO. Apa sih yang membedakan aplikasi ini dengan yang lain. Kenapa buat pemula bahkan yang sudah expert pun harus punya?

Aplikasi ARO untuk Perdagangan Saham Yang Cerdas

Tips pertama dari Merry Riana bagaimana menjadi investor saham untuk pemula adalah dengan mendownload aplikasi ARO dari RHB Sekuritas. Bukan karena blio adalah Duta RHB TradeSmart, tapi buat saya tipsnya sangat masuk akal. Bagi pemula, hal pertama yang harus diketahui adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai saham.

Dengan mengedukasi diri sendiri, melihat tren pasar, menganalisis, dan memiliki strategi yang baik adalah langkah awal untuk sukses berinvestasi. Di tahap awal, menggunakan aplikasi ARO ini adalah solusi yang jitu. Karena fiturnya tidak seperti aplikasi saham lainnya. Dengan konsep baru, fitur ARO ini memiliki analisi teknis dan strategi investasi secara real time.

ARO yang merupakan kependekan dari Assisted Robo Optimization, memang dibuat untuk memberikan informasi seluas-luasnya untuk investor. Kalau biasanya hanya investor besar saja yang mendapatkan informasi penting, dengan aplikasi ARO, semua akan mendapatkan notifikasi yang sama. Dengan notifikasi tersebut, setiap orang tentunya akan mendapatkan keuntungan dan momentum investasi secara real time.

Tidak hanya bisa memantau saham secara real time, masih ada fitur menarik lainnya yang dimiliki ARO ini. Terdapat juga ARO Signal, yang akan menginformasikan saham apa saja yang menarik untuk dibeli atau dijual sesuai kondisi pasar. Lalu ada ARO Library yang berisi Indikator dan parameter tambahan mengenai saham-saham pilihan yang bisa membantu pengambilan keputusan transaksi.

Yang terakhir adalah ARO Technical, fitur yang berisi parameter tambahan Automatic Support dan Resistance untuk membantu pengambilan keputusan dari trader terhadap sinyal rekomendasi ARO. Bisa dijadikan panduan antrian beli maupun antrian jual dan panduan harga support ataupun resistance saham secara otomatis tanpa harus membuka chart yang kompleks.

Semua fitur ARO dikondisikan untuk pengetahuan, informasi yang akurat dan faktual dalam bertransaksi saham. Jadi untuk pemula, aplikasinya akan sangat membantu dalam bertransaksi saham. Karena sebetulnya, investasi saham itu akan memberikan keuntungan apabila langkah yang diambil terarah dan penuh perhitungan. Salah satunya untuk bisa sukses adalah dengan memanfaatkan aplikasi ARO ini. Salah duanya, tentunya harus banyak belajar dan harus pintar menganalisa.

Nah, gimana sih cara menggunakan ARO ini? Ini dia step-stepnya:

  1. Unduh aplikasi RHB TradeSmart With ARO di Play Store atau Apps Store. Pastikan yang diunduh adalah RHB TradeSmart ID (Indonesia) ya
  2. Sign up dengan mengisi data diri, lalu jangan lupa scan kartu tanda pengenal juga
  3. Buka email untuk melihat username dan pass sementara untuk membuka aplikasi
  4. Rekening saham akan langsung diproses sesuai aturan dari BEI ya
  5. Tunggu verifikasi dari call center
  6. Dokumen akan dikirimkan dari call center, tanda tangani, dan kirimkan kembali ke kantor pusat RHB
  7. Setelah proses verifikasi selesai, akan dikirimkan Investor ID (SID) dan nomor rekening investor (RDN)
  8. Done, sudah bisa melakukan transfer dana dan memulai trading saham bersama ARO

Apakah semudah itu? Iya betul, tapi sekali lagi, saham merupakan investasi yang harus dengan perhitungan, analisis, dan strategi. Apalagi untuk pemula, tentunya harus banyak belajar. Tipsnya bagaimana untuk yang pemula? Mba Merry Riana memberikan tipsnya yang bisa kita aplikasikan dengan bantuan ARO.

Nabung Saham Untuk Pemula

Untuk bisa sukses berinvestasi saham, tentunya harus ada proses yang kita lewati. Untuk orang yang serius, biasanya mereka mengikuti pelatihan yang harganya lumayan mahal. Duh, kok kayaknya mau investasi dalam jumlah kecil aja, malah harus ikutan kursus yang juga ngga murah ya. Itu juga yang menjadi ganjalan buat investor pemula yang belum berani investasi dalam jumlah besar. Makanya, mba Merry Riana kasih tips cerdas nih, gimana caranya kita yang pemula juga bisa investasi saham dan meminimalkan resiko.

>> Download aplikasi ARO

Kenapa harus pakai aplikasi ini? karena di dalamnya ada fitur strategi yang memudahkan pemula untuk belajar. Dengan memiliki aplikasinya, kita bisa banyak mendapatkan informasi penting soal saham tanpa harus ikut kelas berbayar yang mahal. Cocok banget kan untuk yang mau mulai, apalagi modalnya masih kecil

>> Buka rekening hanya dengan 100rb

Untuk mulai transaksi dan mengaktifkan rekening yang sudah didaftarkan, bisa dengan 100rb saja. Uang ini pun sebetulnya tidak hilang, karena ini bisa langsung digunakan untuk transaksi. Tapi sebagai pemula, sebaiknya mempelajari dulu ya, jangan langsung bertransaksi.

>> Pelajari Istilah Saham

Pelajaran pertama untuk pemula adalah mengenali istilah-istilah saham. Info ini banyak sekali beredar di Internet, jadi sebagai self learner dan punya misi menjadi investor saham yang sukses, tentunya ini bisa dilakukan sendiri

>> Strategi dan Analysis

Hal yang terpenting dalam trading saham adalah memiliki analisis yang kuat dan strategi yang tepat. Informasi bagaimana menganalisis dan mengatur strategi ada di dalam aplikasi ARO. Jadi manfaatkan fitur ini sebaik-baiknya dengan banyak membaca dan belajar melihat pasar.

>> Latihan Trading

Banyak berlatih adalah kuncinya. Intuisi harus dilatih dan dipaksa untuk mempelajari bagaimana cara trading saham yang aman dan memberikan banyak keuntungan. Aplikasi ARO dapat digunakan sebagai sarana latihan, tidak bertransaksi secara langsung, tapi dicoba untuk mengira-ngira terlebih dahulu. Setelah berkali-kali merasa yakin dan analisis bisa tepat, baru bisa mulai dengan nilai yang kecil.

Saham bukan instrumen investasi yang asing ataupun dilarang agama karena haram. Karena memang bukan berjudi melainkan sebuah kongsi atau urunan modal. Bahkan saat ini juga ada pasar modal syariah yang mudah-mudahan akan dikembangkan di Indonesia. Yuk nabung saham, karena kalau kita berinvestasi di pasar modal, artinya ikut mengembangkan perekonomian Indonesia loh.

Info lebih lanjut: https://rhbtradesmart.co.id/

0 0 vote
Article Rating