Belanja online semakin hari makin diminati oleh masyarakat perkotaan maupun daerah. Banyak pertimbangan untuk melakukan kegiatan jual beli yang makin populer ini. Saya adalah salah satu pelaku jual beli secara online. Karena kegiatan sehari-hari yang sangat padat, hampir segala kebutuhan saya penuhi dengan cara berbelanja online. Diantara banyaknya website e-commerce yang ada, salah satu yang menjadi tujuan belanja online saya berikutnya adalah Lamido Indonesia. Tentu saja saya selalu mengutamakan keamanan terutama saat transaksi. Selain keamanan, saya juga mempertimbangkan kemudahan bertransaksi, kemudahan belanja, kontak pelanggan yang mudah dihubungi, layout website yang sederhana, dan terakhir adalah kelengkapan produk yang dijual.

e-commerce-copy

Keamanan adalah isu utama dalam transaksi online. Ada banyak penipuan yang terjadi di dunia maya dengan mengatasnamakan toko online. Jadi wajib hukumnya untuk memeriksa terlebih dahulu suatu website yang menjadi pilihan belanja. Transaksi yang paling aman dalam jual beli online tentu saja Cash On Delivery (COD). Pilihan lainnya dalam bertransaksi adalah transfer bank (jika yakin dengan penjual) dan pembayaran dengan rekening pihak ketiga untuk meminimalisir kerugian akibat penipuan. Ketiga cara ini adalah cara yang paling aman dalam bertransaksi dan tentu saja saya sudah mencoba semuanya hehehe.

Kemudahan belanja adalah salah satu hal yang membuat saya betah belanja online. Yang saya maksud dengan kemudahan belanja adalah proses awal dan akhir dari mulai pencarian produk, pendaftaran member, transaksi sampai akhirnya barang sampai dengan selamat. Tentu saja semuanya masih dalam rentang waktu yang standar yaitu maksimal lima hari kerja. Itulah kenapa saya tidak suka dengan sistem belanja pre order, ngga sabar nunggunya.

Terkadang saking mudahnya berbelanja online, ada hal yang sering saya lupakan yaitu komunikasi dengan penjual. Ini penting, karena apabila terjadi sesuatu dengan barang yang dipesan. Saya bisa komplen sepuasnya hehehe. Bukan itu maksudnya, kalau misalnya saya butuh lebih banyak informasi mengenai barang yang saya pesan atau menanyakan apakah ada diskon (emak pasar banget hehehe), lebih mudah menanyakan langsung daripada bertanya melalui kontak email atau komentar. Jadi manual thing ini masih berlaku di Indonesia.

Penting banget yah buat saya layout website e-commerce itu hehehe. Karena apa? Saya perlu fokus pada produk yang ingin saya beli. Akan sangat terganggu kalau misalkan background dari website tersebut berwarna, terutama dalam mengidentifikasi warna asli dari produk itu. Belum lagi kebiasaan saya browsing dari satu produk ke produk lain yang akan membuat mata cepat lelah kalau latar belakangnya tidak berwarna putih. Rugi kan kalau saya udah cabut duluan tapi ngga jadi beli karena udah capek mata hehehe.

Yang terakhir adalah kelengkapan produk yang dijual. Saya paling senang dengan situs jual beli yang memberikan pelayanan seperti di mall. Mall online akan berisi dengan penjual dari berbagai daerah dan pembeli dari mana saja. Asiknya dengan website konsep mall ini yang disebut marketplace, akan sangat memudahkan mencari suatu barang di satu tempat saja. Hemat dan praktis. Tapi taukah anda, kalau marketplace adalah tren dunia e-commerce yang sedang hangat-hangatnya dan sedang berkembang pesat di Indonesia.

lamido-cover

Ada banyak website marketplace yang bisa kita singgahi untuk kebutuhan berbelanja. Salah satu yang popular adalah Lamido marketplace yang sudah saya sebutkan diatas. Tidak seperti situs marketplace lainnya yang pada akhirnya kolaps karena kesalahan manajemen,  Lamido yang berada di bawah grup lazada mengklaim bahwa mereka adalah situs marketplace, dengan pertumbuhan paling cepat untuk penjual yang memasarkan barangnya di internet. Saya sebagai pelaku belanja online akan sangat merekomendasikan tempat ini sebagai tempat belanja dengan berbagai kemudahan. Marketplace Lamido sangat lengkap, hal ini terlihat dari adanya beberapa kategori umum yang banyak dicari seperti fashion, perhiasan sampai gadget/computer.

Dengan mempertimbangkan aspek keamanan, kenyamanan dan nama besar dari pemilik situs marketplace seharusnya sudah cukup untuk menghilangkan keraguan berbelanja online. Yuk jadikan sebuah kebiasaan menggunakan sarana online yang aman dan nyaman untuk memudahkan kebutuhan kita.

0 0 vote
Article Rating