catur

Tidak hanya orang tua yang sekarang mulai tidak lepas dengan gadget. Entah untuk mencari berita terbaru, mencari tutorial dengan menonton Youtube, atau sekedar bersosial media. Anak saya Rafi, sedang keranjingan bermain catur. Setiap hari selalu mengajak saya bermain catur. Yah walaupun saya tidak jago amat, tapi bisalah sedikit-sedikit mengajari cara bermain.

Yang membuat saya takjub adalah, Rafi belajar trik bermain catur melalui online. Iya, dia mengetikkan kata kunci belajar bermain catur melalui pencarian di Youtube. Dan memperhatikan detail strategi umum yang ada dan dipraktekkan langsung saat bermain dengan saya. Hasilnya, saya yang sekarang suka skak mat hahaha.

Saya memang memberikan waktu yang cukup terbatas untuk anak-anak dalam menggunakan gadget. Jadi begitu saya ada waktu untuk mendampingi saat menggunakan gadget, kebanyakan memang menonton melalui Youtube. Selain itu dia juga banyak mendownload apps yang tiba-tiba entah bagaimana caranya menghiasi halaman gadget saya, huhuhu.

wp-1452643688216.jpegRasa penasarannya makin menjadi dengan mengunduh apps bermain catur. Iya, bahkan bersaing dengan pemain catur dari seluruh dunia karena online. Saya aja sampai geleng-geleng, hampir setiap hari bermain catur manual, bermain catur di laptop, dan juga bermain di apps pada gadget. Beginilah kalau sudah suka banget sama sesuatu. Tapi ternyata ngga bisa lepas dari dunia online.

Entah kenapa, Rafi merasa menggunakan gadget itu katanya membantu sekali. Dia bisa lebih banyak melihat pertandingan catur dunia, mengenal trik 3 langkah, dan bisa bermain catur di mana aja dengan apps di gadget. Yang ada saya ketar-ketir melihat dia menggunakan gadget. Walaupun fitur Youtube sudah bisa disetting aman, tetap saja kan kalau saya lagi lepas pengawasan, apapun bisa dilihat dan terpengaruh hal-hal di internet.

Butuh Gadget Yang Memiliki Fitur Aman

Pastilah ibu-ibu punya banyak kekhawatiran seperti saya ini. Berbagai macam cara sudah saya lakukan supaya tidak ketergantungan gadget. Seperti misalnya, lebih mendorong mereka untuk bermain di luar dengan sepeda, aktif mengajari permainan anak tradisional, sampai membelikan barang-barang mainan yang edukatif seperti catur, halma, monopoli. Tapi lagi-lagi gadget ini tentunya tidak bisa dihindari sepenuhnya.

Saya sendiri membiasakan mereka main gadget hanya sekitar 1-2 jam. Sisanya saya suruh main di luar, entah ke rumah teman, keliling komplek dengan sepeda, dan memperbanyak mainan yang bermanfaat. Saat dia menggunakan gadget, saya akan mengawasi dan memantau setiap apa yang dilakukannya. Tapi kadang ngga bisa sepenuhnya mengawasi.

main

Satu hal yang sepertinya saya butuhkan adalah gadget yang cocok untuk anak-anak. Yang memiliki fitur keamanan yang mumpuni. Bahkan baru-baru ini saya mengganti smartphone yang canggih dan memiliki photo kualitas yang bagus, dengan kelas di bawahnya. Alasannya cukup klasik, saya tidak mau anak-anak terlalu sering menggunakan gadget karena nyamannya gadget yang saya gunakan.

Kebutuhan gadget untuk anak, kadang saya pikirkan kembali. Apa perlu, diberikan gadget tersendiri? Masih rada-rada bingung, saat saya berkunjung ke web Acer, saya membaca artikel tentang tips aman bermain gadget. Dan disebutkan bahwa Acer mengeluarkan smartphone yang memiliki fitur Kids Center.

Kids Center Acer Liquid Z320

Fitur yang langsung dibenamkan pada seri Acer Liquid Z320 ini adalah Kids Center. Aplikasi yang termasuk dalam Kids Center adalah Video, Website (browser), dan Games. Seluruh kontennya memiliki rating yang dapat digunakan oleh usia anak. Kids Center sudah memfilter seluruh aplikasi yang masuk didalamnya, memang cocok untuk anak-anak.

Di dalam fitur kids center terdapat parental control yang mampu membatasi aplikasi, konten, dan akses data yang tidak sesuai dengan usia anak-anak. Jadi beberapa aplikasi tidak akan terbuka tanpa ada permisi dari kita sebagai orang tua.

kidscenter2

kidscenter3

Level keamanan parental control ini juga sangat tinggi, karena terdiri dari beberapa lapis, antara lain :

  • Safe child-lock environment
  • Multi level security settings
  • White list content filtering
  • Real time blocking system
  • Advanced parental controls
  • Time Limit settings

Untuk anaknya sendiri juga akan sangat fun menggunakan Kids Center. Karena konten yang ada memang dibuat sedemikian rupa agar tetap menyenangkan. Mulai dari video dan games yang khusus memiliki rating anak-anak. Aplikasi berbayar dan gratis yang cocok untuk anak. Sampai konten Youtube serta game yang jumlahnya banyak. Bahkan lebih dari 40.000 video untuk anak yang berada pada 120 channel.

kidscenter4

Hal yang paling membahayakan dari kebebasan berinternet adalah berselancar melalui browser. Kekhawatiran tersebut bisa berkurang karena dengan menggunakan Kids Center, kita bisa mengontrol website mana saja yang sudah kita ijinkan untuk dikunjungi. Selain itu, bisa juga memblokir unduhan otomatis, iklan, dan link eksternal.

kidscenter5

kidscenter1

Menarik yah, ternyata ada yang peduli dengan kemajuan teknologi yang susahnya pasti akan berdampak pada anak-anak. Dan sebagai orang tua kudu lebih cerdas dan teliti. Karena sepertinya, jika anak-anak semakin dilarang justru malah semakin menjadi. Apalagi jika anak semakin besar, sepertinya kebutuhan akan penggunaan teknologi juga tidak bisa lepas. Mumpung masih usia sekolah dasar, ada baiknya buat saya memberikan gadget yang sesuai untuk anak.

Jadi Apa Pendapat Para Orang Tua dan Blogger Tentang Fitur Kids Center Acer Liquid Z320?

Pasti kita sebagai orang tua memiliki pendapat yang berbeda tentang kebutuhan gadget anak. Kemudian, apakah memang fitur Kids Center ini akan bermanfaat dan mampu memproteksi anak dari derasnya arus informasi dan konten negatif. Nah kalau punya cerita sendiri gimana penggunaan gadget pada anak, yuk ikutan Acer Z320 Blog Competition. Temanya adalahΒ Bersama Acer Liquid Z320, Anak Senang! Orangtua Tenang!.

Selengkapnya ada di Fun Blogging.