Waktu sedemikian berharganya, sampai-sampai alasan saya malas berolahraga itu adalah “Tidak Punya Waktu”. Tapi gimana kalau dihadapkan dengan alternatif, 20 menit saja berolahraga, hasilnya sama dengan 2 jam nge-gym dengan alat berat? Masih mau mengelak lagi ngga ada waktu? hahaha. Kalau ada yang begini, kayaknya saya ngga punya alasan lagi deh.

Melihat wara-wirinya iklan 20Fit di Instagram sudah bikin saya tertarik banget. Gambar imutnya Andien yang agak aneh dengan wire strap yang melingkar di badan, trus dia bergerak sangat pelan, bikin penasaran banget. Apa sih yang sedang dilakukannya? Kenapa banyak kabel dan kenapa itu bisa disebut-sebut hasilnya akan sama dengan 2 jam berlatih di gym?

Oia target saya sekarang ini apalagi kalo bukan klasik banget hahaha. Ingin turun berat badan. Mudah sih katanya, makan makanan rendah kalori dan banyak berolahraga. Masalahnya saya doyan makan, sering diundang makan enak sana sini. Terus saya belakangan males banget olahraga. Kalau bukan karena mau keluar negeri, pasti saya akan males keliling lapangan Ahmad Yani Tangerang sampe 2 kilo setiap harinya. Setelah itu, ya sudah di rumah saja.

Trus saya juga punya sepatu lari yang enak banget sih dipake, harapannya memotivasi saya untuk olahraga lari. Tapi, sampai saat ini juga, sepatunya malah dipake ke mall hahaha. Duh, ada yang salah dengan mindset saya yang ngga termotivasi ini. Pengennya kurus tapi ngga mau usaha. Ya repot khan. Mau jadi apa saya ini wkwkwk. Akhirnya karena pertimbangan cuma 20 menit dan dekat dari rumah studionya di BSD, saya mampir deh untuk melakukan first trial.

Kenapa sih akhirnya nekad mau nyoba nge-gym? Karena kemarin pas saya check in ditanya sama mbaknya di counter, “Bu, sedang hamil ya?”. Whhaattttt??!!!! Saya mau bilang apaahhh huhuhuhu.

Olahraga Praktis dan Efektif

Sebelumnya ada yang sudah tau 20Fit? Saya juga baru tau setelah melihat iklan dan websitenya di www.20Fit.co.id. Tentunya bikin penasaran dan pengen banget nyoba. Metode berolahraga di 20Fit ini memang masih baru sekali di Indonesia. Berbeda dengan gym lain yang menggunakan alat berat, 20Fit menggunakan EMS (Electro Muscle Stimulation) yang disalurkan melalui aliran listrik yang dikontrol oleh alat Miha Bodytec. Dengan alat ini, akan dialirkan listrik yang langsung masuk ke otot tubuh. Jadi otot akan diberi beban dan langsung exercise dengan dasar-dasar seperti di gym.

mesin-20fit

Bagaimana caranya alat ini bisa mengalirkan listrik dan tidak kesetrum? Apalagi saya lagi pakai perhiasan dan juga batu akik *eh. Nah ternyata, ini aman sekali buat badan. Tapi sebelum menggunakan, ada beberapa hal yang harus diisi, semacam riwayat kesehatan. Tidak memakai alat-alat seperti pacu jantung dan beberapa isian yang kalau sehat seharusnya tidak ada masalah. Dengan menggunakan perhiasan juga tidak masalah, karena listriknya ini sebetulnya langsung masuk ke otot, bukan ke kulit.

Untuk memastikan bahwa listriknya masuk ke dalam otot tubuh yang tepat, dipakaikanlah semacam wire strap. Baju ketat yang basah (karena sebagai penghantar listrik) dan kabel yang tersambung. Baju ini hanya dipakai di bagian badan saja. Sisanya ada strap lagi di lengan, paha, dan pinggul. Masing-masing ada kabelnya dan dibasahi terlebih dahulu.

review-20-fit

20fit-1

Setelah itu, kabel disambungkan dengan alat Miha Bodytec, baru kemudian tombol diputar sesuai petunjuk lokasi badannya. Baru deh terasa banget ada semacam beban berat di lengan, perut, punggung, pinggul, pantat, dan paha. Untuk trial ini, dilakukan selama 18 menit. Yaitu 3 menit dulu untuk pemanasan, jadi saya tidak melakukan apa pun tapi langsung diberi aliran listrik di badan. Ukuran aliran listrik yang masuk ke otot juga bisa kita tentukan saat pemanasan. Kalau sudah berat tinggal bilang. Baru kemudian setelah 3 menit, exercise yang sebenarnya dimulai.

10 menit trial ini sudah seperti 1 jam buat saya hahaha. Maklum ngga pernah olahraga akhir-akhir ini, jadi pada saat disuruh jump squats baru beberapa kali sudah merasa lelah. Latihan dasar selama 10 ini adalah angkat beban dengan durasi 4 detik gerakan 4 detik istirahat. Gerakannya sangat sederhana sekali kelihatannya, tapi bikin saya berkeringat banyak hanya dalam 5 menit pertama. 5 menit terakhir, saya sampai harus mengatur napas karena sudah kelelahan.

20fit-2

20fit-3

Bagian yang paling berat adalah di otot tangan, berkali-kali susah menggerakkan karena ternyata saya jarang sekali melatih otot tangan. Iya sih, taunya setiap hari stand by depan komputer huhuhu. Punggung belakang juga mulai merasa sakit dan pegal, karena lagi-lagi keseringan duduk dan tidak pernah melakukan olahraga. Duh peer saya banyak amat yaa hehehe.

20fit-4

20fit-7

Setelah 10 menit yang rasanya panjang sekali itu *fiuh, dilakukan pendinginan selama 5 menit. Jadi tetap dialirkan listrik namun diam untuk menghilangkan rasa kaget pada tubuh. Sebetulnya pemanasan dan pendinginan ini hanya dilakukan saat trial saja. Karena pada umumnya, yang ikutan trial ini belum pernah mencoba alatnya. Jadi supaya tidak kaget, dilakukan penyesuaian dulu. Kalau sudah rutin berlatih di sini, maka sudah tidak diperlukan lagi pemanasan dan pendinginan.

20fit-5

Dan yang paling penting, berapakah kalori yang terbuang? Kalau melakukan dalam 20 menit, maka 700 kalori bisa terbuang loh. Yah setara 2x indomi pakai telor ya hehehe. Ditambah pola makan pasti akan cepat turun berat badan, karena kalau mau rutin harus seminggu dua kali. Setelah berolahragaย sih rasanyaย memang capek dan dalam 2-3 hari berikutnya baru terasa sangat pegal dan capek banget. Sampe-sampe saya tidur lelap selama beberapa hari hehehe.

Nah, peer besar saya yang setelah diukur dengan alat untuk keperluan Body Index. Ternyata setelah dijelaskan oleh Mba Galuh, Personal Trainernya, saya harus menurunkan 11 kilo lagi *jeng jeng. Karena dengan tinggi cuma 158 cm dan berat sekarang yang hmmmm, ya itulah jumlah lemak yang harus diturunkan dan otot yang dinaikkan. Wew, saya bayanginnya seminggu sekali aja sudah berat banget hahaha. Butuh motivasi yang kuat banget nih.

20fit-8

Untuk masalah harga, dengan hasil yang efektif dan waktu yang bisa dihemat rasanya masih rasional ya. Kalau ambil persesi saja harganya 525rb dan tentunya lebih murah kalau ambil banyak sesi. Bisa 12, 24, 48, dan 72 sesi. Tentunya punya goal masing-masing ya dan bisa merasakan manfaat yang nyata. Saya aja yang cuma 10 menit bisa langsung merasa perut mengecil loh hahaha.

20fit-9

Yang menarik dari 20Fit ini, tidak seperti tempat gym yang penuh dengan alat-alat berat, 20Fit hanya berisi ruangan kecil tanpa banyak alat. Makanya disebut microgym. Walaupun ada barbel dan bola untuk senam, tapi tidak digunakan secara langsung. Ini juga yang membuat saya mau membawa anak-anak. Karena dua anak saya super duper aktif, saya sudah harus memastikan bahwa tempatnya aman. Dan waktunya yang cukup singkat, sepertinya cocok buat yang merasa tidak punya banyak waktu untuk berolahraga.

Nah kaloย mau cobain trialnya bisa daftar aja di siniย . Lumayan bisa dapet diskon 100rb loh dari harga normal trial 250rb. Sekarang ini sudah tersedia di berbagai kota besar di Indonesia. Sayang belum ada di Bogor kata Alma ๐Ÿ™‚