Now Reading
Wonderful Indonesia: Ngga Bisa Lupa Indahnya Derawan

Wonderful Indonesia: Ngga Bisa Lupa Indahnya Derawan

Sudah setahun yang lalu saya mengunjungi Pulau Derawan tapi sampai hari ini masih bisa mengingat keindahannya bahkan ingin kembali lagi ke sana. Awalnya karena ingin menjelajah Indonesia yang sudah pasti semua tempatnya indah dan eksotis. Tapi memang sayangnya belum turis friendly dan terkadang aksesnya masih terbatas. Salah satu yang sudah nyaman dan banyak juga dikunjungi oleh turis mancanegara adalah Pulau Derawan.

Terletak di perairan kalimantan, untuk mencapai ke Pulau Derawan butuh waktu yang panjang dari Jakarta. Berangkat dari Soekarno Hatta ke Bandara Sepinggan Balikpapan, lalu meneruskan dengan pesawat kecil ke Berau. Dari situ ternyata perjalanan masih panjang. Butuh 2.5 jam jalan darat buat sampai di pelabuhan penyebrangan ke Pulau Derawan.

Menikmati Derawan dengan Private Tour

Ada banyak banget paket perjalanan ke pulau Derawan. Tinggal search aja di Instagram atau Google, ada banyak pilihan dan harganya juga rata-rata sama aja. Waktu kemarin ke sana, saya perginya bareng Alma dan Mba Rora. Jadi pakainya private tour 4 hari 3 malam yang akhirnya malah bikin menyesal karena kurang lama dan ngga sampe ke labuan cermin hahaha.

Ceritanya, karena kita pengen banget ke labuan cermin, kita bilang dong ke guide-nya mau nambah bensin speedboat dan bayar lagi supaya ke labuan cermin. Akhirnya jam 3 pagi berangkat dengan satu speedboat lagi yang membawa bule. Perjalanan pagi buta itu sebetulnya berbahaya banget, karena laut lagi pasang dan ombaknya sungguh besar. Akhirnya setelah berjalan 10 menit kita balik lagi dong hahaha. Tapi beneran itu jadi pengalaman berharga banget karena baru kali itu bisa lihat langit beserta bintang dan paham kenapa bintang bisa menjadi petunjuk arah saat di laut.

Oia, paket tour yang saya gunakan adalah Derawan Fisheries yang udah terkenal banget di Instagram dan banyak direkomendasikan oleh para travel blogger. Makanya saya ngga ragu lagi untuk pakai dan bener banget, pelayanannya bagus serta fleksibel banget.

Paketnya sudah lengkap, mulai dari penjemputan di bandara sampai private speedboat yang nganter kemana mana karena memang penginapannya di atas laut. Soal pemandangan, jangan ditanya. Namanya di tengah pulau itu beneran yang bersih dan indah banget. Belum lagi alam bawah lautnya, duh juara!

Destinasi Pulau dan Aktivitasnya

Ada destinasi wajib sesuai paket yang ditawarkan kalau ke Pulau Derawan. Antara lain, pulau maratua, pulau kakaban, dan pulau sangalaki. Ketiga pulau ini berada di sekitar pulau derawan. Jadi sehari-harinya, kita keliling pulau dan selalu berada di atas boat. Enaknya, karena sudah paket, semua makanan sudah disiapkan dan kita tinggal bawa badan aja.

Jalan-jalan ke tiga pulau ini beneran sukses bikin kulit jadi hitam. Karena kerjanya berenang, naik boat, berenang lagi, naik boat lagi di siang hari bolong hahaha. Makanya saya hampir ngga pernah ganti baju, jadinya baju yang dipake ya dibuat berenang juga biar ngirit. Tokh cepat kering juga bajunya. Oia jangan lupa pakai sunblock ya.

Di pulau maratua ngga banyak yang bisa dilakukan karena sebetulnya ini resort mevvah. Jadi kita hanya bisa melihat pemandangan laut dan langit yang sumpah luar biasa banget. Pantainya putih bersih tanpa ada sampah sedikitpun dan pohon kelapa tumbuh dimana mana. Pulau ini tempatnya santai orang orang elite yang duitnya berlebih. Makanya ada landasan pesawat juga kalo ngga mau ribet naik speedboat dan melawan ombak.

Pulau kakaban menjadi salah satu destinasi favorit banget buat saya. Karena di sini bisa berenang bersama ubur-ubur yang ngga nyengat di danau kakaban. Danaunya penuh dengan ubur-ubur, makanya ngga diperbolehkan berenang menggunakan fin ya. Bisa-bisa ubur-uburnya pengsan kalo kena sirip kita.

Di pulau sangalaki, apalagi kalau buka snorkeling. Bolak balik snorkeling sampe puas. Sayang banget manta-nya waktu itu ngga lewat padahal sudah ditungguin bolak balik. Di sinilah benar-benar saya membuka mata kalau Indonesia itu luar biasa banget, very Wonderful Indonesia. Keindahan alamnya luar biasa apalagi bawah lautnya. Duh, kalau ingat rasanya hati bergetar dan pengen banget bisa balik lagi walaupun muka gosong dan baru kembali setelah dua bulan hahaha.

See Also

Selain puas-puasin snorkeling, di pulau sangalaki juga ada penangkaran penyu yang unyu-unyu. Karena penyu ini harusnya memang dikembalikan ke asalnya di laut. Kasian kan habitat mereka jadi terancam karena kita suka banget makan telur penyu mentah yang katanya berefek bagus untuk kesehatan.

Lokasi lainnya di sekitar derawan itu masih banyak banget loh, ngga hanya 3 pulau itu aja. Kalo punya waktu banyak, sempatkan semuanya dalam satu waktu biar ngga perlu kembali lagi. Eh tapi kalau mau juga ngga papa deng hehehe.

Tips Mengunjungi Derawan

Liburan di derawan itu ngga sekedar liburan, tapi pengalaman seru yang saya yaking ngga akan terlupakan. Baik perjalanannya, maupun destinasinya benar-benar luar biasa. Ngga nyesel tinggal di Indonesia yang tempat tujuan wisatanya bejibun. Nah kalau berencana ke Derawan, ini ada tips dari saya:

  1. Usahakan pergi di bulan Maret – Juli, karena bulan Agustus sampe Februari adalah waktunya pasang. Jadi ombaknya sangat tinggi dan memang bener, sewaktu ke sana itu goncangannya kuat sekali. Malahan saya dan dua sahabat saya sampe dibilang perempuan tangguh karena berani melintasi lautan di bulan Agustus hahaha.
  2. Bawa sunblock yang banyak. Duh beneran harus banget karena seharian yang kena matahari di lautan luas begitu. Matahari langsung kena ke kulit ditambah lagi berenang. Ya sudah deh, akhirnya kemarin pasrah bener liat kulit gosong abis.
  3. Bawa ransel jangan koper karena bakalan repot naik turun speedboat saat pergi dan pulang. Lalu bawa pakaian seperlunya dan kebutuhan pribadi seperti obat jangan sampe dilupakan. Untuk alas kaki, enaknya pakai sandal aja terutama sandal jepit yang nyaman dan ngga licin.
  4. Bawa flashdisk/memory card untuk menyimpan kenangan indah bersamamu. Karena biasanya dokumentasi sudah sepaket dengan tournya, jadi kita ngga perlu bawa banyak-banyak bahkan hape aja juga cukup. Butuhnya kalau liburan di laut tentu saja Gopro, kalau ngga ada biasanya sudah disediakan oleh pemandu turnya. Jangan lupa untuk ambil photo dan video sebanyak-banyaknya karena kenangan ngga akan kembali.

Destinasi wisata di Indonesia itu luar biasa. Derawan merupakan salah satu yang bikin saya kagum atas keindahan yang maha kuasa. Masih ragu untuk liburan di wilayah Indonesia atau malah punya cerita tentang destinasi Indonesia yang oke punya? Yuk ikutan lomba blognya sekalian dengan mendaftarkan tulisannya di LOMBA BLOG WONDERFUL INDONESIA.

*Photo adalah dokumentasi pribadi, tidak diperkenankan menggunakan tanpa ijin.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

COPYRIGHT 2019 SHINTARIES.COM. ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top
error: Content is protected !!