Punya anak balita, tentunya kudu pinter pinter ngajakin jalan-jalan. Karena udah puas dan bosen di mall, saya akhirnya mulai melirik beberapa tempat liburan yang cocok untuk anak-anak. Beruntungnya saya, beberapa waktu lalu sempat diundang melalui Blogger Reporter Indonesia untuk meliput acara press conference kelahiran bayi lumba-lumba di Ocean Dream Ancol. Saat itulah saya melihat bahwa tempat ini cucok banget buat anak balita tapi bukan bayi ya, nanti saya ceritakan kenapa hehehe.

Sebelumnya saya memang belum pernah kesini. Lupa juga kalo dulu itu namanya Gelanggang Samudra Ancol. Lebih sering memang ke pantai Ancol, Dufan, atau ke Seaworld. Sisanya hmm udah mulai jarang menjadikan Ancol sebagai tempat wisata. Dan minggu kemarin setelah melihat suasana dan banyak wahana yang cocok akhirnya saya putuskan untuk mengajak anak-anak.

Tapi seperti biasa, sebelum kesana saya cari info dulu mengenai tiket diskon hehehe. Untungnya ada, jadi lumayan banget dengan voucher elektronik bisa dapet diskon 50%. Dari harga semula Rp. 120.000 saya hanya perlu membayar setengahnya saja plus ada tambahan diskon dari web yang saya beli. Beberapa situs e-voucher banyak memberikan diskon ini. Waktu itu saya membelinya di Qoo10. Pada saat menukarkan e-voucher ada beberapa orang yang membeli dari situs lain, diantaranya disdus. Nah kalo mau ke Ancol di ada baiknya cari voucher dulu. Lumayan kan hemat banget.

Pertunjukan Hewan Laut

Ocean Dream Samudra ini berisi wahana wahana pertunjukan hewan laut yang sudah dilatih dan sangat jinak. Pada saat membeli tiket atau menukarkan voucher, kita akan mendapatkan peta dan jadwal pertunjukan. Ini penting banget, karena semua pertunjukan akan berjalan sesuai jadwal. Menurut saya yang paling pas, kita datang pagi dan langsung masuk ke pertunjukan pertama. Sisanya tinggal mengikuti jadwal yang ada. Jadi setelah makan siang, semua pertunjukan sudah selesai kita tonton. Baru kemudian bisa santai menikmati balon terbang, bom-bom car, atau pesawat terbang hehehe.

Pertunjukan yang ada di Ocean Dream ini adalah pentas aneka satwa, pentas singa laut, pentas lumba-lumba, sinema 4 dimensi, pentas scorpion pirates (stuntman show), dan pentas underwater theater. Dimulai pada jam 09.45 WIB kita bisa mulai dari pentas aneka satwa dan bisa langsung seterusnya masuk ke pertunjukan lain setelah ada jeda. Dalam sehari ada tiga pertunjukan di jam yang berbeda.

Pentas Aneka Satwa

Pentas pertama ini udah pasti disukai anak-anak kecil. Disini ada pertunjukan beruang madu, berang-berang, dan burung kakaktua yang bercerita tentang pembalakan liar. Pertunjukan ini sangat menghibur. Pembawa acara dan para pawang memberikan pertunjukan yang menarik dan sekaligus mengedukasi tentang bahaya pembalakan liar pada hewan-hewan di hutan.

Pentas Singa Laut

Saya sebetulnya belum pernah lihat singa laut. Jadi sama bengongnya sama anak-anak yang kagum lihat singa laut yang gede dan pinter hihihi. Tiga singa laut yang pinter dan terlatih ini memberikan pertunjukan yang sangat menghibur. Mulai dari menghitung angka, joget dangdut, sampai melakukan salto. Pawang-pawangnya juga kocak dan kompak banget sama singa lautnya. Tidak lupa pembawa acara menceritakan tentang bagaimana singa laut jika berada di habitatnya mencari mangsa untuk dimakan. Wah seru banget pertunjukan ini.

Pentas Lumba-lumba

ocean-dream-lumba-lumba

Diantara semua pertunjukan yang ada, buat saya ini juaranya hehehe. Lumba-lumba yang pinter dan lucu ini memberikan pertunjukan yang memukau banget.

Entah gimana mereka melatihnya ya hehehe yang pasti lumba-lumba pada nurut setelah dikasi makan ikan. Kurang lebih ada empat lumba-lumba yang beraksi untuk menghitung, main bola, sampai salto juga. Haduh pokoknya bikin terkesima hihihi. Anak-anak apalagi, senangnya minta ampun dan ngga mau pulang karena suka banget sama lumba-lumba.

Sinema 4 Dimensi

Pertunjukan ini berbeda-beda ceritanya. Kebetulan pas saya nonton pas ceritanya tentang spongebob dan Patrick, jadi sudah akrab banget sama anak-anak. Konsep empat dimensi ini tentunya selain kacamata tiga dimensi ada getaran dan lampu yang terlihat nyata. Biasanya sih ada air yang muncrat hehehe tapi itu tergantung ceritanya juga. Sinema ini ngga cocok kalo bawa bayi, karena getaran suaranya yang mengagetkan dan gelapnya ruangan bisa bikin shock bayinya dan jadi nangis deh.

Pentas Scorpion Pirates

Pentas ini adalah sebuah cerita yang dipertunjukkan oleh para stuntman. Kalo udah pada pernah nonton stuntman show di Universal Studio Singapore, nah ini mirip mirip. Kenapa saya bilang mirip, hmm ya karena sama banget walaupun yang di USS lebih keren sih hehehe. Tapi cukup menghibur dan seru juga, walaupun ada ledakan dan suara suara keras yang lagi-lagi ngga cocok kalo bawa bayi. Berkali kali juga saya mesti bilang ke anak-anak kalau ini adalah pertunjukan, bukan untuk dicoba qiqiqi.

Pentas Underwater Theater

Pentas yang ini keren juga, anak-anak ngga percaya waktu saya bilang kita bisa lihat putri duyung disini hihihi. Mereka udah tau kalau putri duyung itu ngga ada, jadi nanya apa putri duyung yang pakai kostum ya mah hihihi. Theater ini dilakukan didalam air dan di aquarium raksasa. Ada jalan cerita tentang putri duyung, penyelam, dan musuhnya si gurita. Uniknya, para penyelam ini dibantu lumba-lumba hehehe. Jalan ceritanya yang ringan dan pertunjukan menari di air sangat cocok untuk dilihat anak-anak. Haduh rasanya pengen lihat pertunjukan ini tiap hari hehehe.

Tips

Sedikit tips nih dari saya kalo berencana bawa anak-anak liburan ke Ocean Dream Samudra. Yang pertama tentu saja cari tiket murah wekekek teutep. Kedua, jangan lupa bawa makanan sendiri. Ini memudahkan kita tetap bisa nonton pertunjukan di waktu jam makan. Karena selain mahal, agak repot kalau cari makan di jam makan karena udah pasti penuh. Ketiga, gunakan kaos dan alas kaki yang nyaman. Karena udara yang panas dan setiap pertujukan penuh sesak tanpa AC dipastikan akan banyak berkeringat. Bawa baju ganti juga untuk anak-anak. Yang keempat, lebih baik datang pagi. Pertunjukan dimulai 9.45 WIB dan setelah makan siang sudah selesai menikmati semua pertunjukan. Sehingga sisa waktu sebelum pulang bisa digunakan untuk bermain di permainan anak-anak. Yuk manfaatin liburan murah, dalam kota, dan banyak pengetahuan yang didapat buat anak anak ^^.

0 0 vote
Article Rating