Udah tahu punya alergi terhadap makanan laut, kok kayaknya saya suruh nekad ya makan tomyam hehehe. Kalau yang sering makan, pasti tahu kalau tomyam ini adalah sup yang berisi makanan laut. Entah itu udang, ikan, cumi, dan berbagai macam makanan laut lainnya. Saya sendiri, nagih banget makan tomyam karena memang suka banget makanan laut. Apalagi waktu di Phuket yang memang kaya akan makanan laut. Duh, tiap malam tiada hari tanpa Tomyam hahaha.

Tapi sayangnya, pasti yang memiliki alergi makanan laut, ngga akan bisa menikmati tomyam, seenak saya menikmati makanan berkuah asam segar ini. Apalagi klo bukan efek yang akan ditimbulkan karena alergi. Entah gatal, biduran, muka bengkak, atau malah kena ke mata. Dan dari dulu itu, kelapa muda sudah sejak lama kan dikenal sebagai pertolongan pertama saat alergi. Saya sendiri yang sering mengalami alergi karena obat, debu, dingin, dan kadang makanan laut, pasti akan meminum air kelapa muda.

Nah, apa jadinya kalau pengen makan makanan laut terutama tomyam tapi punya alergi? Kudu banget nih coba olahan Tomyam yang dipadu dengan kelapa muda. Jadi bisa sukses cobain icip-icip makanan laut tanpa perlu alergi. Tomyam kelapa ini ternyata udah sering dikonsumsi sama penderita alergi loh. Mas Baha yang mengelola warung Saung Ibu dan menjadikan Tomyam Kelapa sebagai andalan ini, menceritakan bagaimana para penderita alergi, bisa puas menikmati makanan laut yang notabene buat mereka adalah pantangan.

Asik banget kan, karena memang makanan laut ini enak banget plus memiliki banyak gizi. Jadi kok rugi ya, kalau ngga bisa menikmati. Buat yang punya alergi makanan laut, wajib banget loh cobain Tomyam Kelapa ^^. Aman!

Asli Dari Kelapa Muda

Proses pembuatan masakan Tomyam Kelapa ini sama seperti tomyam yang lain. Hanya yang membedakannya adalah penggunaan air kelapa muda sebagai kuahnya dan memakannya di batok kelapa. Terlebih lagi, bisa menikmati isi kelapanya juga nih. Beda banget sama tomyam reguler yang biasa kita santap. Sensasinyaa itu lohhh *sluurrppp. Eits, jangan ketuker sama es kelapa muda ya wekekek.

Cara pembuatannya juga ngga terlalu ribet, tapi buat saya yang ngga bisa masak ini, tetep aja susah wkwkwk. Intinya hanya cemplang-cemplung saja bahan-bahannya. Semudah itu? Ngga lah :p. Karena harus memilih kelapa yang muda dan tergantung kesediaan kelapa. Kadang-kadang, di beberapa musim, kelapa susah ditemukan. Bahkan kalau ada, biasanya sudah tua dan tidak terlalu segar. Jadi, tantangannya adalah menemukan kelapa yang tepat.

Bahan-bahan yang digunakan tomyam ini memang berbahan dasar laut. Seperti udang, cumi, ikan, bahkan kadang dicampur dengan bakso atau daging. Khusus Tomyam Kelapa Seafood, isinya terdiri dari udang dan cumi. Kedua bahan ini tentu saja harus segar. Dibeli di pagi hari, dibersihkan, direbus terlebih dahulu, dan dimasukkan kulkas. Pada saat mau membuat tomyam, baru dikeluarkan untuk dimasak.

Kuahnya 100% dari air kelapa, jadi pada saat memasak, langsung tuang air kelapa muda ke dalam wajan besar. Kemudian masukkan pasta untuk tomyam dan bahan-bahan pendukungnya seperti daun sereh, jeruk nipis, bawang bombay, seledri, dan tomat. Baru setelah airnya mendidih dan memasukkan semua bahan, udang serta cumi ikut direbus. Pengendalian rasa diperlukan di sini, inilah tantangan yang kedua.

Sebab, air kelapa ini sifatnya manis sedangkan pasta dan rasa tomyam harus asam. Jadi diperlukan keahlian yang buat saya itu susah, terutama menemukan kombinasi rasa asam dan manis itu. Kalau jumlah air kelapanya banyak, maka diperlukan juga pasta yang cukup jumlahnya. Sedangkan kalau sedikit, maka pastanya juga akan dikurangi. Belum lagi harus ada campuran bahan pendukungnya. Seperti sereh dan jeruk yang harus terasa di dalam kuahnya.

Setelah direbus, bahan utamanya disaring dan dimasukkan ke dalam batok kelapa. Uniknya, daging kelapa ini juga tidak dikerok. Jadi, kita bisa makan langsung daun kelapanya memakai sendok. Dan kebanyakan, karena kelapanya berusia muda, dagingnya masih banyak loh. Baru setelah mematangkan sempurna bahan utamanya, disiramlah dengan kuah segar yang masih panas. Duh, saya ngiler lagi hahaha.

Kalau soal rasa, jangan ditanya lagi. Tomyam yang satu ini, rasanya hampir sama dengan tomyam yang dibuat di Thailand. Padahal, ide membuat warung yang fokus berjualan Tomyam Kelapa ini justru datang dari negara tetangga Malaysia. Mas Baha, spesial belajar ke sana, untuk tahu bagaimana membuat tomyam kelapa yang unik dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Masih agak susah mempopulerkan makanan Tomyam Kelapa ini menurut Mas Baha. Orang Indonesia menganggap tomyam adalah makanan berat dan biasa dinikmati di sebuah restoran. Padahal, Mas Baha ingin Tomyam Kelapa ini dinikmati selayaknya bakso dan mie ayam yang sangat populer di masyarakat. Makanya, pada cobain deh Tomyam Kelapa ini, trus upload atau nulis aja di blog. Biar pada kesemsem sama segernya wekekekek. Mau tahu ekspresi saya saat mencoba tomyam dan gimana cara buatnya? Tonton aja video di bawah ini, dan jangan lupa subscribe like and comment :*

Tomyam Kelapa Saung Ibu

Area parkir lapangan tennis Villa Bintaro Indah

Jln. Sulawesi raya RT 08/11 Kel: Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan

Instagram: https://www.instagram.com/tomyamkelapa/

Website: http://www.tomyamkelapa.id/

logo

Tags: Jelajah Gizi , Jelajah Gizi Minahasa, Sarihusada, Nutrisi Untuk Bangsa

0 0 vote
Article Rating