supertree-1158602_1280Punya rencana pengen liburan atau pengen nyoba jalan-jalan melihat negara luar? Salah satu tempat liburan di luar negeri favorit orang Indonesia adalah Singapura. Selain dekat, ongkos pesawat ke Singapura jika dalam masa promo ternyata lebih murah dibandingkan kita ke Pulau Derawan di Kalimantan Timur.

Liburan keluar negeri sudah pasti akan banyak perbedaan terutama masalah harga, bisa dilihat dari kurs Rupiah yang memang selalu kecil bila dibandingkan dengan negara lain. Tapi siapa bilang liburan ke Singapura mahal. Semua bisa disiasati kok supaya kita bisa liburan hemat, murah dan nyaman saat berada di Singapura. Saya akan membagi tips hemat dan murahnya buat semua. Posting ini akan dibagi dalam beberapa bagian ya, karena terlalu panjang yang bisa bikin capek yang baca hehehe.

Persiapan di Indonesia

Banyak hal yang bisa dilakukan di Indonesia sebelum pergi berlibur. Jadi kita bisa fokus liburan dan menikmati suasana tanpa harus banyak bengong dan banyak bingung hihihi.

Berikut adalah hal-hal yang harus anda lakukan dan persiapkan :

  1. Booked tiket PP

Ada banyak pilihan terbang dari Jakarta ke Singapura atau menggunakan Feri dari Pulau Batam. Cek harga di tanggal yang non peak season di beberapa website Airline dan bandingkan harga antara yang satu dengan lainnya. Harga tiket dari Singapura ke Jakarta sudah termasuk Airport tax, tapi dari Jakarta ke Singapura belum termasuk Airport tax sebesar Rp. 150.00.

Low cost carrier yang menawarkan harga murah antara lain Airasia.com (mulai dari 900rb PP sudah termasuk asuransi tanpa bagasi dan makanan), Lionair.com, tigerairways.com, jetstar.com. Untuk penerbangan saya merekomendasikan Air asia, dibandingkan dengan airline lainnya air asia terbilang lebih murah. Booked perjalanan anda sebulan atau dua bulan sebelum keberangkatan. Pilihlah penerbangan paling pagi dan jadwal pulang paling akhir. Booked secara online mengharuskan pembayaran melalui kartu kredit, Jika belum punya silahkan mengajukan aplikasi ke Bank BCA dengan menyertakan deposit minimal sebesar Rp. 3.000.000 sehingga anda akan langsung dapat memiliki kartu kredit dalam dua minggu tanpa harus repot dengan prosedur.

Untuk harga tiket PP Jkt- Singapura Rp. 1.000.000,- (untuk non peak season dan weekdays)

  1. Booked Hostel

Berhubung kita lagi travel hemat, penginapan juga harus yang murah tapi layak untuk dijadikan tempat istirahat. Hostel adalah pilihan yang tepat, karena selain murah, hostel ini juga menyediakan banyak fasilitas seperti sarapan, free wifi, security closet, laundry, free hot water dan fasilitas standar lainnya.

Booked secara online melalui broker hostel, seperti hostelworld.com hostelbookers.com. Dua situs ini terjamin keamanan dan mempunyai review dari para traveller. Booked secara online ini mengharuskan kita membayar sebesar 10% dari harga total dan harus dibayar menggunakan kartu kredit. Hostel yang saya rekomendasikan disini adalah Mercury Backpackers Hostel. Hostel yang murah dengan harga SGD 30 per orang per malam dengan maksimal dalam satu kamar berisi 4 orang (female dorm atau Mix dorm). Lemari mendapat masing-masing kunci yang terintegrasi dengan pintu kamar. Tempatnya sangat bersih, rapi, orangnya ramah. Bangunan tidak menggunakan lift, jadi siap-siap berolahraga jika anda mendapat lantai yang paling atas (lantai 5). Karena check out paling lama adalah jam 12, walaupun kita menggunakan pesawat paling akhir untuk pulang, barang-barang dapat kita titipkan dengan aman di lobby dan dapat kita ambil dalam perjalanan ke Airport.

  1. Beli Tiket USS dan Singapore Flyer

Kunjungi Universal Studio Singapore yang menawarkan wahana dengan keamanan dan kenyamanan berkelas Internasional serta Singapore Flyer untuk melihat keindahan tata kota Negara Singapore dari ketinggian. Tiket dapat dibeli di Indonesia dengan harga yang lebih murah daripada membeli langsung di sana. Silahkan cari di forum kaskus dengan kata kunci tiket USS dan ada banyak yang menjual tiketnya. Carilah yang paling murah dan perhatikan review dari kaskuser. Untuk membeli tiket saya merekomendasikan http://cheapattractions.blogspot.com.

  1. Persiapan Camilan, Mi instan gelas, Peralatan Mandi

Sempatkan belanja di tanah air, karena di Singapura segala sesuatunya jika di rupiahkan akan menjadi lebih mahal. Siapkan mi instan gelas yang setiap saat dapat dinikmati dengan praktis dan juga siapkan camilan kalo anda suka mengemil hehehe. Peralatan mandi seperti sabun, shampoo pasta gigi, sikat gigi dan lainnya harus yang berukuran dibawah 100 ml. Kalo anda perhatikan, sabun cair dan sampo yang berukuran paling kecil itu pas banyaknya 100 ml sehingga aman dibawa diatas pesawat.

  1. Hubungi Operator Telepon

Setiap operator telepon menawarkan paket yang berbeda pada saat kita berada di Singapura, hubungi operator anda untuk menayakan paket promo yang berlaku saat di Singapura apabila anda pengguna smartphone seperti blackberry atau iphone. Untuk XL saat saya pergi ke Singapura ada paket BB Full Unlimited gratis selama 3 hari sehingga saya hanya mengeluarkan biaya sms sebesar Rp. 3500 ke Indonesia. Paket prabayar selama 3 hari juga ada dengan menggunakan operator local, bisa dibeli setibanya di Singapura.

  1. Jangan menukar mata uang di Indonesia

Tentunya kita harus menggunakan mata uang Negara yang dikunjungi, ada baiknya tidak menukar uang pada saat di Indonesia karena nilai tukarnya akan menjadi lebih kecil. Tukarkan uang anda di Bandara segera setelah mendarat. Ada banyak money changer di sana dan rupiah akan menjadi lebih tinggi nilainya.

Yup edisi pertama sudah selesai, sampai jumpa di edisi berikutnya. Tinggalkan komen anda kalau ada pertanyaan ^^.